Umum

Destinasi Wisata Garut yang Sangat Cocok Dijadikan Tempat Berlibur Pasca Lebaran

Kita memang sudah sepatuntnya bangga dan selalu bersyukur karena menjadi bagian dari Indonesia. Bisa dibilang segala kekayaan alam maupun buatan pasti ada di tanah air ini. Segala kekayaan tersebut membentang dari ujung Pulau Sumatera hingga perbatasan Pulau Papua dengan Papua Nugini. Adapun salah satu kekayaan negara yang hampir terdapat di seluruh kawasan tersebut adalah tempat wisata. Seperti yang telah diketahui bahwa tempat wisata di Indonesia jumlahnya tidak bisa dihitung lantaran di suatu daerah saja bisa terdapat ratusan tempat wisata. Tempat wisata merupakan asset berharga yang dimiliki negara dalam menunjang pertumbuhan pendapatan dan perkembangan setiap daerah. Oleh sebab itulah, tempat wisata bisa dikatakan sebagai kekayaan negara. Terkait dengan tempat wisata, perhatian penulis terfokus pada Kabupaten Garut.

Tentu semua masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan Kabupaten Garut. Kabupaten yang terletak di selatan Provinsi Jawa Barat ini ternyata memiliki segudang tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi siapapun. Menjelang lebaran seperti saat ini, tentu sangat menarik bukan bila membahas soal tempat wisata?? Untuk itu jika Anda penasaran dengan wisata garut, maka jangan sampai melewatkan setiap pembahasan dalam artikel ini.

Ya! Tinggal beberapa hari lagi, Hari Raya Idul Fitri 1440 H akan segera mendatangi seluruh umat muslim dunia. Hari dimana semua umat manusia akan kembali fitri ini umumhya akan diwarnai dengan canda tawa dan tangisan haru. Selain pulang ke kampung halamannya dan bertemu dengan sanak saudara, beberapa masyarakat juga memanfaatkan waktu libur lebaran untuk berkunjung ke sebuah destinasi wisata. Berkunjung ke tempat wisata ini biasanya dilakukan beberapa hari setelah Hari Raya Idul Fitri tiba. Namun, tidak menutup kemungkinan jika banyak masyarakat yang memilih untuk berkunjung ke tempat wisata pada saat hari H. Bagi Anda yang berada di sekitar Garut atau yang sedang mudik ke Kota ini, maka berikut akan direkomendasikan beberapa wisata terbaik untuk Anda.

pxhere.com

5 Wisata Alam dan Buatan Terindah di Garut yang Wajib Anda Kunjungi Setelah Lebaran

Wisata alam tampaknya sangat cocok bagi Anda yang ingin menyegarkan pikiran setelah digunakan bekerja setiap harinya. Sementara itu, wisata buatan dinilai cocok bagi Anda yang memiliki buah hati yang masih kecil. Dan tak usah berlama-lama lagi, 5 wisata alam dan buatan yang terdapat di Garut adalah sebagai berikut:

  1. Kawasan Hutan Mati Papandan

Tidak perlu jauh-jauh berkunjung ke Eropa hanya untuk berfoto ketika musim dingin. Ternyata Garut punya satu destinasi wisata yang menyerupai hutan mati di Eropa ketika musim dingin. Hutan yang terletak di kawasan Papandan ini menyuguhkan panorama pepohonan kering ditengah putihnya kabut. Oleh sebab itu, tak jarang para pria yang mengenakan jaket kulit garut ala-ala orang Eropa.

  1. Pantai Sayang Heulung

Bagi Anda yang suka dengan suasana pantai, maka Anda pun bisa menemukan suasana memanjakan mata di Garut. Pantai ini menyuguhkan pemangdangan lautan biru sedikit kehijauan yang masih sangat bersih dan asrih. Dengan demikan, pantai ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat liburan bersama orang-orang tersayang.

pxhere.com
  1. Kawah Talaga Bondas

Destinasi wisata yang satu ini tidak hanya menyuguhkan indahnya pegunungan, namun juga menyajikan keindahan danau yang membiru di atas kawah bekas letusan gunung. Kawah ini terletak di Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

  1. Curung Sang Hyang Taraje

Mendengar namanya saja, mungkin Anda bertanya-tanya wisata apakah itu. Bagi yang tidak berasar dari Garut tentu tidak mengetahui bahwa curung berarti air terjun. Jika mengunjungi wisata garut yang satu ini, Anda pasti akan terkagum-kagum melihat keindahan air terju kembar yang dikelilingi tumbuhan hijau.

  1. Kamojang Green Hotel and Resort

Meskipun tempat ini belum lama beroperasi, namun jumlah peminatnya sudah sangat tinggi. Wisata buatan yang satu ini terletak tidak jauh dari Kamojang Park. Anda akan disuguhkan dengan bangunan klasik yang dipadukan dengan keindahan alam Garut yang masih alami.

Itulah kelima tempat wisata alami dan buatan yang hanya Anda temukan di Kabupaten Garut. Selain wisata keindahan, wisata garut lainnya yang bisa Anda coba ialah wisata kuliner. Lantas kuliner khas Garut apasajakah yang sebaiknya Anda pilih??

pxhere.com

5 Wisata Kuliner Khas Garut yang Cocok untuk Dinikmati Setelah Sebulan Berpuasa

  1. Nasi Liwet

Menu yang satu ini adalah menu utama yang tak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Garut. Rasanya yang nikmat dan penyajiannya yang unik membuat kuliner ini menjadi buruan wisatawan.

  1. Sambel Cibiuk

Berbeda dengan sambel-sambel lainnya yang umumnya berwarnah merah. Semua bahan yang membentuk sambel ini terbuah dari bahan-bahan berwarna hijau mulai dari cabai hingga tomat.

  1. Surabi Garut

Makanan ini terbuat dari tepung beras dan santan kelapa. Kue ini dimasak menggunakan arang dan menjadi makanan khas garut.

  1. Es Goyobod

Pada umumnya, minuman ini sama dengan es campur di daerah lain. Namun yang menjadi perbedaannya ialah adanya potongan kanji dimasukkan ke dalam es.

  1. Burayot

Sebelum pulang dari garut, Anda wajib membeli burayot sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau tetangga di rumah. Makanan ini tersedia dalam berbagai varian rasa dan memang diperuntukkan sebagai oleh-oleh khas Garut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *