Umum

Cara Membedakan Jaket Kulit yang Asli dengan yang Sintetis

 

Jaket kulit memiliki merupakan sebuah jaket yang terbuat dari kulit binatang atau hewan, biasanya kulit hewan yang digunakan adalah kulit domba, kambing dan sapi yang sudah disamak dan ketiganya juga memiliki ciri khusus masing-masing. Sekilas memang kadang kita tidak bisa membedakan mana yang jaket kulit asli mana yang jaket kulit sintetis atau tiruan, tapi pasti ada yang membedakan walau sudah dibuat dengan semirip mungkin dengan jaket kulit.

Cara kamu untuk membedakan antara jaket kulit yang asli dan yang sintetis, pertama adalah aromanya. Jaket kulit yang asli biasanya memiliki aroma yang khas yakni aroma dari bahan penyamaknya karena jaket kulit pastilah menggunakan bahan kulit hewan. Nah, kulit hewan kambing, domba, atau sapi harus disamak (penyamakannya secara kimiawi) terlebih dahulu sehingga aromanya bahan penyamaknya bukan aroma dari kulit binatang atau hewannya. Krom biasanya yang digunakan sebagai bahan penyamaknya, maka nanti jaket kulit yang dihasilkan akan berbau krom. Apabila menggunakan samak nabati aromanya juga bahan nabati. Sedangkan, jaket kulit yang sintetis atau palsu, apabila dicium akan memiliki aroma bahan kimia polimer yang aromanya mirip-mirip seperti bau karet.

Kedua, Pastikanlah kalau kamu membeli jaket kulit harus yang bergaransi karena jaket kulit yang asli biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan yang sintetis sehingga pihak toko nantinya akan memberikan garansi ssecara seratu persen. Apabila kulit yang digunakan rusak atau palsu akan diganti 100 %. Selain itu, kamu juga harus mengecek harga dari jaket kulit yang akan kamu beli, jika penjualnya memberikan harga murah kamu jangan senang dahulu, dilihatlah produknya karena bisa jadi itu jaket kulit tiruan. Ketiga, kamu bisa mengecek serabut kulitnya, jika kamu cek dan menemui serat serabut yang mirip daging mongering itu adalah jaket kulit yang asli. Namun, apabila kamu menemui celah jahitan jaket kulit yang terdapat pada pangkal jahitan, maka itu yang sintetis.

Demikianlah, cara yang dapat kamu gunakan untuk memilih jaket kulit yang asli. Semoga bermanfaat.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *