Umum

Tiga Unsur Budaya Arsitektur dalam Masjid Agung Banten

 

Banten adalah salah satu kota yang ada di Indonesia dan letak geografisnya yang sangat strategis yang pada awalnya sebelum kemerdekaan merupakan gerbang dari awal masuk dari peradaban Islam pertama kali di Wilayah Jawa. Sebagai bukti awal dari peradaban Islam disini ditandai dengan adanya bukti nyata tersebut yang ditunjukkan dengan bangunan yang berdiri dengan kokoh yaitu Masjid Agung Banten. Masjid Agung Banten ini sudah ada sejak abad yang ke-15 yang lokasinya di utara Serang. Keunikan dari segi arsitektur dari Masjid Agung Banten ini sangatlah mengguggah dan menarik untuk dipelajari secara mendalam. Dimana, arsitektur dari bangunan masjid ini memadukan unsur dari Jawa, Belanda, dan China. Sungguh hal seperti ini sangat menarik karena satu masjid ini memadukan tiga unsur budaya sekaligus.

Membahas bahwasannya Masjid Agung Banten memadukan tiga unsur budaya dalam satu masjid, maka dari itu pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai perpaduan budaya yang ada di dalam masjid. Jika dilihat dari segi budaya, budaya yang pertama ada di dalam masjid ini adalah budaya Jawa. Unsur budaya Jawa ini terlihat dari adanya pendopo yang arahnya berada di selatan Masjid Agung Banten, disinilah unsur jawa yang menunjukkan bahwasannya pendopo ini digunakan untuk berkumpul dan melakukan musyawarah baik berurusan dengan agama ataupun tidak berkaitan dengan agama.Budaya yang selanjutnya adalah budaya dari Belanda.

Budaya dari Belanda ini ditunjukkan lewat mercusuar yang ada di Masjid Agung Banten, dimana letak mercusuar ini ada di sebelah timurnya masjid. Ternyata di zaman dahulu, mercusuar ini digunakan untuk mengumandangkan azan yang ditujukan oleh umat muslim dan dibalik azan juga digunakan sebagai penyimpanan persenjataan. Budaya selain Jawa dan Belanda ada juga unsur budaya dari China. Budaya dari China ini ditunjukkan lewat atap yang bentuknya terdiri dari lima susun. Ternyata lima susun atap ini menandakan akan rukun islam yang ada lima. Dan, atap ini merupakan salah satu bentuk arsitektur dari negara China.Begitulah perpaduan dari tiga unsur budaya yang ada di Masjid Agung Banten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *