wisata

Mengenal Jember Lebih Jauh

Jember adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang beribukota di Jember. Lokasinya berbatasan langsung dengan Kabupaten Probolinggo dan Bondowoso di bagian utara, Kabupaten Banyuwangi di Timur, Kabupaten Lumajang di sebelah barat, dan Samudra Hindia di bagian selatan. Luas wilayah kabupaten Jember ini adalah 2.948,87 km². Memiliki 31 kecamatan dan 244 desa atau kelurahan. Kota ini sering mendapat julukan sebagai Kota Karnaval, Kota 1000 bukit dan Kota Tapal Kuda. Untuk mengenal Jember lebih jauh lagi, Anda bisa membaca sedikit ulasan mengenai Kabupaten Jember dibawah ini

Jember termasuk ke dalam salah satu kota penghasil tembakau terbaik di Indonesia. Tembakau yang dihasilkan oleh Kota Jember ini banyak digunakan untuk bahan baku rokok di berbagai daerah, sehingga pengiriman tembakau ini juga sudah meluas sampai ke beberapa daerah di Indonesia. Hal ini menjadi maju karena memang didukung oleh sebagian besar masyarakat, dibuktikan dengan perekonomian dan mata pencaharian masyarakat sebagai petani. Sehingga, sektor pertanian menjadi penggerak utama perekonomian masyarakat. Selain sektor pertanian yang diolah oleh masyarakat, Kabupaten Jember ini juga memiliki beberapa perkebunan yang dikelola oleh Perusahaan Nasional PTP Nusantara, Perusahaan Tarutama Nusantara (TTN) dan Perusahaan Daerah Perkebunan (PDB). Sehingga Hasil yang diperoleh bisa lebih optimal dan maksimal sehingga menambah pemasukan daerah serta penghasilan masyarakat.

Jember juga termasuk ke dalam salah satu Kabupaten yabg mempunyai lojasi strategis di Jawa Timur karena mudah dijangkau oleh beberapa alat transportasi umum. Seperti kereta api, bus, pesawat terbang, taxi, dan beberapa alat transportasi online. Mengenai jalur kereta api di Kabupaten Jember ini juga cukup banyak, tersedia banyak tempat tujuan. Selain banyak jalur tujuan kereta api juga terdapat banyak terminal bus yang menyediakan lebih banyak tempat tujuan dari pada kereta api. Terminal-terminal bus yang ada di Kabupaten Jember diantaranya adalah

pexels.com

Terminal Bus di Kabupaten Jember

  1. Terminal Tawang Alun yaitu terminal utama di Kabupaten Jember
  2. Terminal Arjasa yang terletak di Kecamatan Arjasa
  3. Terminal Ambulu
  4. Terminal-Terminal kecil yang dihubungkan dengan berbagai angkutan kota seperti Terminal Tanggul, Terminal Ajung dan Terminal Pakusari.

Bus Kota yang dapat ditemui di terminal Tawang Alun dan Terminal Arjasa adalah bus kota dengan kode trayek A atau B. Selain itu, bus kota yang melalui terminal Tawang Alun dan Terminal Paku Sari berkode trayek D atau E. Khusus untuk transportasi udara melalui lapangan udara yaitu Babdara Notohadinegoro yang terletak di Jalan Wirowongso Ajung, dimana bandara ini hanya melayani rute penerbangan jarak dekat yaitu Jember-Surabaya PP.

Ada hal tidak boleh Anda lewatkan ketika Anda mengunjungi Kota Jember ini, salah satu nya adalah kuliner khas nya. Kuliner khas Kabupaten Jember yang jarag Anda temui di beberapa tempat lain.

pexels.com

Makanan dan Minuman Khas Kota Jember

  1. Pecel Gudeg
  2. Pecel Pincuk Garahan.

Tidak hanya makanan saja, Kota Jember juga mempunyai minuman khas juga loh, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Wedang Cor
  2. Kopi Klapa

Selain Makanan dan Minuman yang bisa Anda nikmati ketika Anda berkunjung ke Kota seribu bukit ini juga terdapat beraneka macam oleh-oleh yang bisa Anda beli untuk teman, sanak saudara Anda yang berada di rumah. Oleh-oleh khas Jember ini jarang ditemui di beberapa daerah lain, sehingga sangat disayangkan apabila Anda berkunjung ke Kota Jember dan tidak membeli oleh-oleh ini. Macam-macam oleh-oleh yang bisa Anda temukan di Kota Jember diantaranya adalah :

  1. Suwar-Suwir
  2. Prol Tape
  3. Pia Tape
  4. Brownies Tape

Tidak hanya Makanan khas yang dapat Anda jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara Anda yang berada di Rumah, melainkan cenderamata berupa kain batik atau pun baju bercorak batik khas Jember. Dimana batik khas Jember ini bercorak Tembakau sebagai tanda komoditas utama di Kota ini, selain tembakau juga terdapat beberapa corak batik lainnya yang menggambarkan juga komoditi yang dihasilkan Kota Jember seperti diantaranya Buah Naga, Coklat, dan Kopi. Sehingga corak ini lah yang menjadi pembeda dan ciri khas batik Kota Jember.

pexels.com

Kemudahan sarana transportasi, beraneka macam makanan dan minuman khas Kota Jember ini membantu dan menemani Anda saat berada di Kota Jember ini. Akan tetapi, tidak lengkap rasanya bukan apabila Anda tidak mengunjugi tempat wisata nya yang dimiliki oleh Kota Jember ini? Yap, benar Kota Jember ini juga mempuyai banyak destinasi tempat wisata yang dapat Anda kunjungi guys seperti wisata pantai, pemandian, air terjun bahkan beberapa tempat wisata religi. Untuk mengenal jember lebih jauh, mengenai nama-nama dan lokasi tempat wisatanya Anda bisa browsing dan mencari lokasinya di maps ya guys.

Dengan demikian, setelah Anda membaca sedikit ulasan mengenai mengenal Jember ini bisa mendapat sedikit gambaran. Terutama bagi Anda yang ingin berwisata ataupun ingin mengunjungi Kota Jember. Walaupun ini hanya sedikit informasi saja, tetapi bisa bermanfaat bagi Anda yang sebelumnya belum mengetahui bukan? Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan detail Anda bisa mengunjungi website resmi Kabupaten Jember atau mencari tahu tentang makanan, tempat wisata, transportasi melalui media sosial ya guys.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *