teknologi

Cara Mengatur, Menggunakan dan  Merawat Remote AC Panasonic

Air Conditioner (AC) merupakan sebuah alat elektronik yang tugasnya adalah menyejukan atau mendinginkan ruangan. Terdapat banyak merek dari AC ini yang bisa dipilih dan digunakan masyarakat. Salah satu produk AC terbaik yang sangatlah memuaskan  kinerjanya adalah AC Panasonic. AC panasonic ini mampu meninginkan dan menyejukian ruangan dengan baik dan sudah dibuktikan oleh banyak orang. Pastinya kinerja dari AC Panasonic ini tidak lepas dari remotenya. Hal ini dikarenakan remote  AC Panasonic nilah yang  digunakan untuk mengatur besaran suhu atau pengaturan lainnya sehingga bisa mendinginkan dan menyejukan ruangan dengan maksimal. Pastinya apabila tidak bisa mengatur remote ini dengan baik tentunya kenyamanan tidak akan terjadi.  Maka dari itulah perlu diketahui informasi mengenai cara mengatur remote tersebut.

Selain penting untuk mengetahui cara mengatur remote dari AC Panasonic ini, Anda harus juga mengetahui bagaimana cara mengunakannya dan merawatnya dengan baik.  Dalam hal cara menggunakannya ini, Anda diharuskan mengetahui setiap bagian pada remote tersebut dan cara untuk mengoperasikan. Sedangkan dalam cara merawatnya, Anda harus mengetahui bagaimana untuk menjaga remote dari AC Panasonic ini agar awet dan tidak mudah rusak ketika digunakan. Untuk itulah para pengunna AC Panasonic harus mengetahui informasi mengenai cara mengatur remote dari AC Panasonic ini yang tepat beserta cara menggunakan dan merawatnya dengan benar.  Tidak perlu khawatir akan kesulitan untuk melakukan semua cara tersebut karena caranya sangatlah sederhana dan sudah pasti  mudah dilakukan.

www.pexels.com

Cara Mengatur Remote AC Panasonic

Terdapat empat tahapan cara mengatur remote AC Panasonic agar mampu menghasilkan kesejukan dan hawa dingin yang tepat.  Dengan cara tersebut mampu membuat AC Panasonic bisa mengahasilkan rasa sejuk dan dingin yang pas sehingga kenyamanan ketika beristrirahat maupun beraktivitas akan tercipta. Adapun cara dalam mengatur remote dari AC Panasonic yang paling tepat ini adalah sebagai berikut:

  1. Memastikan Pengaturan Mode Remote Cool alias Posisi Bertanda Bintang

Tahapan pertama dalam cara mengatur remote dari AC Panasonic agar mampu memberikan kesejukan dan rasa dingin yang pas adalah memastikan remote tersebut dalam pengaturan mode cool alias posisi yang bertanda bintang.  Pasalnya memang apabila memilih selain mode ini, tidak akan bisa mengahasilkan AC yang dingin.  Misalnya saja remote dari AC Panasonic ini teryata menggunakan mode fan, maka AC Panasonic ini hanya akan menghembuskan angin biasa dengan menggunakan kipas fan indoor yang membuat hawa dingin tidak didapatkan.  Masih banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut yang mana membuat mereka tidak bisa mendapatkan kinerja maksimal dari AC Panasonic yang begitu mengagumkan. Oleh sebab itulah remote dari AC Panasonic ini mempunyai peran yang penting.

  1. Mengatur Temperatur Pada Remote Bersuhu 16 – 18 derajat celcius

Setelah mode dari remote dari AC Panasonic ini telah dipastikan pada mode Cool, tahapan selanjutnya adalah mengatur temperature pada remote tersebut. Silahkan atur remote ini dengan suhi 16-18 derajat celcius saja.  Dengan temperatur tersebut, Anda akan mendapatkan rasa sejuk dan dingin yang pas. Perlu diketahui bahwa pada ketika Anda menyetting  pada suhu tersebut akan membuat mesin pada kompresor AC stand by dengan waktu yang tidak terlalu lama. Maksudnya adalah ketika ruangan telah mempunyai suhu 16 derajat celcius, maka kompresor AC Panasonic akan mati. Namun ketika dirasa suhu udara mulai naik lagi, mesin kompresor tersebut akan menyala kembali. Alat yang mengatur AC Panasonic bisa melakukan hal tersebut adalah Thermistor.  Alat ini diatur dengan pengaturan suhu yang telah ditetapkan tadi menggunakan remote dari AC Panasonic.

  1. Mengatur Perputaran Penuh Pada Kipas Fan

Cara mengatur  remote dari AC Panasonic agar mampu menghasilkan rasa dingin dan sejuk yang pas selanjutnya adalah dengan mengatur perputaran penuh pada kipas dan. Pengaturan ini akan membuat dingin dari AC tersebut dengan cepat merata ke dinding ruangan. Hal ini didukung dengan prinsip dari kinerja AC sendiri yang yang pertama adalah mendingkan terlebih dahulu dinding pada ruangan, baru ke lantai lalu terakhir adalah tubuh orang yang ada didalamnya.  Namun, tidak semua orang merasakan nyaman akan dingin dan rasa sejuk AC Panasonic yang diatur melalui remotenya pada cara yang satu ini.  Hal ini dikarenakan memang angin dinginnya akan langung terasa pada tubuh dan memang tidak terlalu berdampak baik pada tubuh manusia. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda tidak perlu khawatir sama sekali karena bisa diatasi dengan menggunakan aklirik AC. Alat tersebut merupakan alat yang digunakan untuk mencegah tubuh orang dalam ruangan ber-AC terkena langsung dengan hembusannya.

  1. Mengatur Swing Terus Bergerak

Anda harus mengatur daun pada AC Panasonic ini agar bisa  terbuka ke atas dan ke bawah secara terus menerus.  Untuk mengaturnya ini tentunya akan diperlukan remote dari AC Panasonic.  Silahkan  pada remote tersebut tekan tombol swing atau swich speed.  Terus tekan tombol tersebut hingga berhenti ketika sudah menemukan pilihan daun swing yang  secara perlahan-lahan yang terus menerus  bergerak turun dan naik.  Cara mengatur remote dari AC Panasonic agar sejuk dan dingin yang pas yang satu ini sebenarnya juga berhubungan dengan cara kedua yang telah disebutkian ini karena sama-sama mendukung.

www.pexels.com

Cara Menggunakan Remote dari AC Panasonic yang Benar

Dalam cara menggunakan remote AC Panasonic yang benar ini, Anda harus mengetahui setiap fungsi tombol yang ada seperti yang telah disebutkan. Dengan sudah mengetahui setiap fungsi tombol yang ada pastinya Anda akan bisa menggunakan remote tersebut. Berikut ini adalah cara menggunakan remote dari AC Panasonic ini beserta dengan fungsinya:

  1. Power On/Off

Tombol pertama yang ada pada remote dari AC Panasonic ini yang menjadi dasar harus diketahui penggunannya  adalah tombol power on/off. Fungsi dari  tombol yang satu ini adalah untuk mematikan dan menghidupkan AC tersebut. Tombol ini akan terletak di ujung remote sehingga akan lebih mudah untuk menemukannya. Anda tinggal mencari mana tombol yang on/off dan pencetlah untuk menghidupkan atau mematifkan AC Panasonic. Cara untuk menggunakan remote dari AC Panasonic pada tombol on/off ini sendiri sangatlah mudah. Adapun yang perlu dilakukan hanya menekan tombol power on/off ini secara terus menerus sambil Anda arahkan remote dari AC Panasonic ini ke unit AC. Setelah beberapa detik maka secara otomatis AC tersebut akan segera mati.

  1. Display

Semua remote dari AC Panasonic ini pastinya mempunyai layar display. Tujuan dari adanya layar ini adalah untuk memperlihatkan pengaturan yang sedang digunakan pada AC Panasonic yang dipunyai. Pada layar tersebut  akan tertera informasi mengenai suhu yang ditetapkan hingga pilihan modenya.  Dalam cara menggunakan remote dari AC Panasonic pada layar display ini digunakan untuk mengetahui status pengaturan AC tersebut dan juga digunakan untuk mengatur AC sesuai dengan kebinginan serta kebutuhan. Secara otomatis, ketika AC Panasonic sedang beroperasi, remote dari AC Panasonic ini akan menampilkan layar display. Namun ketika AC tersebut dimatikan maka layar display pada remotenya tersebut akan mati juga.

  1. Temperatur

Masih banyak pengguna AC Panasonic yang belum mengetahui mengenai menurunkan dan menaikkan temperatur. Hal ini dibuktikan seringnya terbalik ketika mengatur remote dari AC Panasonic ini yang man seharusnya menaikkan malah diturunkan temperatur atau suhunya ini. Misalnya ketiak Anda merasa dalam ruangan yang mempunyai AC Panasonic, tetapi seakan-akan AC tersebut tidak mempunyai dampak sama-sekali malah membuat hawa semakin terasa panas. Hal ini menunjukan bahwa temperatur yang diatur melalui remote dari AC Panasonic ini terlalu tinggi. Silahkan perhatikan display layar pada remote tersebut untuk mengecek berapa suhunya. Semakin tinggi suhu yang tertera pada layar display ini akan mengakibatkan  hawa dingin yang dikeluarkan oleh AC Panasonic ini semakin kecil.  Maka dari itulah yang harus dilakukan adalah menurunkan temperatur AC ini menggunakan remote dari AC Panasonic. Sebalinya ketika merasa suhu terasa terlalu dingin, gunakan remote tersebut untuk menaikkan suhu. Cara untuk menggunakan remote dari AC Panasonic ini dalam hal menurunkan dan menaikan  temperatur adalah dengan menekan tombol yang mempunyai bentuk yang seperti tanda panah. Pastinya dalam remote dari AC Panasonic ini akan terdapat dua tanda panah yakni ada yang naik ke atas dan yang satu lagi adalah tanda panah yang turun ke bawah.  Silahkan tekan tombol yang mempunyai panah kebawah untuk menaiikan suhu AC Panasonic. Sementara untuk mengecilkan suhu AC tersebut, silahkan tekan tanda panah ke atas yang ada pada remote dari AC Panasonic ini.

  1. Timer

Tombol timer pada remote dari AC Panasonic ini digunakan untuk mengatur waktu dimana AC Panasonic ini akan secara sendirinya mati. Dengan menggunakan tombol ini, Anda bisa mengurangi pengunaan dari AC tersebut sekaligus juga melakukan penghematan listrik secara efektif.  Tombol timer ini biasanya akan digunakan ketika malam hari, dimana pengunannya ingin tidur tetapi ingin tetap menggunakan AC sampai tertidur. Maka dari itulah penguna bisa mengatur timer untuk menentukan waktu dimana AC Panasonic ini mati secara otomatis. Jadi dengan ini Anda tidak perlu bangun cepat atau menyetel alarm guna mematikan AC.  Untuk menggunakan tombol timer pada  remote dari AC Panasonic ini, silahkan Anda mencari tombol yang terdapat gambar seperti jam dan silahkan atur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan sendiri.

  1. Mode

Terdapat beberapa mode pada pengaturan remote dari AC Panasonic ini.  Berbagai mode yang ada ini adalah mode muktahir sehingga akan membuat kemudahan dan keuntungan bagi siapa saja yang menggunakannya.  Tentunya dengan memilih salah satu mode pada remote dari AC Panasonic ini akan mempengaruhi kinerja dari AC tersebut. Berikut adalah beberapa mode yang ada pada remote tersebut yang harus diketahui:

  1. Cool Mode

Cool mode pada remote dari AC Panasonic ini adalah mode yang mempunyai fungsi untuk mengatur AC tersebut memberikan hawa dingin pada ruangan. Pengunaan mode ini sangatlah pas ketika di dalam ruangan terdapat banyak orang yang penuh sesak ataupun pada ruangan yang sangat besar.  Tujuannya adalah agar tetap membuat AC Panasonic ini mampu mendinginkan ruangan dengan baik sehingga orang yang ada didalamnya merasakan nyaman. Untuk menggunakan cool mode ini silahkan menggunakan remote dari AC Panasonic ini pilih tombol mode dan secara cari mode Cool tersebut yang mempunyai gambar seperti butiran salju.

  1. Dry Mode

Selain cool mode, pada remote dari AC Panasonic ini juga ada dry mode. Ketika ruangan teraqsa mempunyai kelembaban udara yang tinggi maka mode ini yang harus dipilih karena mampu untuk mengurangi kelembaban tersebut.  Pemilihan dry mode menggunakan remote dari AC Panasonic ini akan membuat AC  tidak akan menghasilkan pendinginan yang besar karena tujuannya adalah mengurangi kelembaban udara yang ada terdapat di ruangan tersebut. Apabila ingin menggunakan remote dari AC Panasonic untuk memilih dry mode ini, caranya sama seperti ketika memilih cool mode tetapi bedanya adalah Anda harus memilih pilihan dry mode yang mempunyai gambar seperti tetesan embun.

  1. Fan Mode

Fan mode pada remote dari AC Panasonic ini juga digunakan untuk memberikan udara dingin tetapi dinginnya tidak sedingin pada cool mode. Pasalnya yang menyala pada AC tersebut hanya fan indoor sementara outdoor unitnya mati. Mode ini biasanya akan digunakan ketika menginginkan ruangan dengan dingin yang sedang. Langkah-langkah yang dilakukan untuk memilih fan mode melalui remote dari AC Panasonic ini sangatlah mudah sama seperti dua mode sebelumnya. Anda harus memilih tombol bertuliskan mode pada remote tersebut lalu cari pilihan fan mode yang mempunyai gambar seperti kipas.

  1. Auto Mode

Apabila Anda ingin mengatur AC Panasonic ini bekerja secara otomatis, maka pada remotenya silahkan pilih auto mode yang mempunyai gambar panah yang membentuk segitiga.  Pada saat Anda memilih mode ini, maka  akan segera terdeteksi suhu ruangan melalui AC tersebut. Apabila hasih dekeksi menunjukan ruangan bershu panas, maka AC Panasonic akan bekerja menghasilkan udara yang dingin semakin keras lagi. Namun AC tersebut akan menguarangi kinerjanya atau bahkan mati selama beberapa saat ketika dideteksi suhu ruangan sudah dingin.

  1. Swing

Tombol swing pada remote dari AC Panasonic ini digunakan untuk menyetting arah hembusan udara yang keluar pada AC tersebut sesuai dengan keinginan Anda. Diciptakannya tombol ini adalah untuk memudahkan pengunanya untuk meratakan udara dingin pada AC tersebut atau hanya pada daerah tertentu saja.  Pasalnya dengan tombol swing ini, Anda bisa mengatur AC menyalurkan udara ke kanan kiri dan  atas bawah secara bergantian. Untuk menggunakan tombol ini, silahkan pada remote dari AC Panasonic ini cari tombol yang mempunyai tulisan swing.

www.pexels.com

Cara Merawat Remot dari AC Panasonic

Tidak dapat dipungkiri lagi memang keberadaan dari remote AC Panasonic ini sangatlah penting. Pasalnya untuk menyalakan hingga mengatur AC ini adalah menggunakan remote tersebut.  Maka dari itulah perlu untuk dirawat dengan baik sehingga akan tahan lama seperti freon AC yang mana merupakan komponen AC yang paling awet. Untuk merawat remote dari AC Panasonic ini tidaklah sulit sama sekali. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  1. Meletakkannya Pada Tempat yang Tepat

Cara merawat remote dari AC Panasonic yang pertama adalah dengan meletakkannya pada tempat yang tepat. Biasanya remote ini akan  ada diletakkan pada tembok dengan tempat yang ditempelkan pada tembok tersebut. Selain tempat tersebut remote ini akan letakkan ada meja. Namun bisanya banyak pengunannya yang setelah menggunakan remote dari AC Panasonic ini diletakkan pada sembarang tempat sehingga sulit untuk dicari. Maka dari itulah remote tersebut harus selalu diletakkan pada tempat yang tepat  terlebih lagi bentuknya yang kecil sehingga semakin membuat sulit ketika hilang.

  1. Jangan Sampai Terjatuh

Salah satu cara terbaik agar bisa merawat remote dari AC Panasonic tidak mudah rusak adalah dengan jangan sampai membiarkannya terjatuh.   Terlebih lagi apabila terjatuh dari tempat yang tinggi dan mengenai benda yang keras. Pasalnya ketika remote dari AC Panasonic ini terjatuh pada dasar yang keras akan membuatnya rusak. Body dari remote tersebut bisa hancur, baterainya bisa saja terlepas dan juga komponen didalamnya akan berfungsi tidak seperti biasanya karena sudah rusak. Untuk itulah menjaga agar remote dari AC Panasonic ini tidak terjatuh sangatlah penting. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan pada tempat yang aman seperti yang disebutkan pada cara yang pertama.

  1. Menjauhkan Remote dari Air dan Lembab

Menjauhkan remote dari AC Panasonic dari air dan lembab adalah cara berikutnya untuk merawat remote tersebut. Hal ini harus dilakukan karena air mempunyai peran bisa membuat pada remote tersebut ada arus pendek komponen.  Dapat dipastikan apabila remote dari AC Panasonic ini terkena air dengan jumlah yang besar akan mati total dan tidak bisa digunakan lagi.  Sebaiknya jauhkan anak-anak yang masih kecil memegang remote ini karena biasanya mereka akan memainkan remote ini dengan menyempulungkannya kedalam gelas berisi air atau ke banda lainnya yang mengandung air berjumlah banyak seperti akuarium.  Terdapat pula kejadian dimana remote dari AC Panasonic ini teralu sering dimasukan dalam mulut anak  yang mana terdapat banyak air liur sehingga mudah rusak.

  1. Menekan Tombol Remote tidak Terlalu keras

Beberapa orang karena  terlalu bersemangat dan ingin segera mendapatkan udara dingin akan menekan-nekan tombil remote dari AC Panasonic ini dengan terlalu keras. Akibatnya remote tersebut akan mudah rusak sebab tekanan yang terlalu keras ini menyebabkan komponen didalamnya rusak dan tidak bisa berfungsi seperti biasanya.  Sebenarnya hal ini merupakan hal yang sepele tetapi mempunyai dampak yang besar dalam ketahanan remote dari AC Panasonic ini. Maka dari itulah ketika memang ingin segera menyalakan AC, silahkan sabar dan tekan tombol pada remote dengan bijak.

  1. Membersihkan Remote

Remote dari AC Panasonic ini juga harus dibersihkan karena mampu merawat remote tersebut dengan baik.  Membersihkan remote ini tentunya tidak dengan mencucinya tetapi dengan membersihkan sela-sela tombolnya sebab disitu pasti banyak kotoran yang menumpuk.  Berbagai kotoran inilah yang bisa menyebabkan tombol di remote dari AC Panasonic susah untuk dipencet dan menyebabkannya rusak nantinya. Anda bisa membersihkan sela-selanya dengan menggunakan lap.

www.pexels.com
  1. Gunakan Baterai yang Berkualitas dan Ganti Secara Berkala

Jangan lupa untuk selalu menganti baterai remote dari AC Panasonic ini dengan secara berkala. Gantilah dengan baterai yang berkualitas dan gantilah secara bersama-sama.  Pasalnya baterai yang berkalitas ini tidak akan menyebabkan korosi yang merusak.

Itulah tadi informasi mengenai cara mengatur remote AC Panasonic agar mampu menghasilkan udara sejuk dan dingin yang pas beserta cara menggunakan serta merawatnya yang baik. Pastinya semua informasi ini bermanfaat dan memang dibutuhkan bagi para pengguna AC Panasonic. Maka dari itulah tidak boleh ada satupun yang terlewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *