pendidikan

Trik Pemilihan Toga Beserta Bahan Kainnya

Toga wisuda itu merupakan pakaian khusus untuk acara wisuda. Namun banyaka pula masyarakat yang mengira jika toga merupakan topi. Padahal toga itu sudah satu rangkap bersama jubahnya yang berwarna hitam. Toga tidak hanya terdapat satu jenis bahan, namun tersedia dalam beberapa pilihan bahan. Masing-masing bahan memiliki karakteristik dan tingkat kenyamanan masing-masing.

Begitu pula dengan ukurannya, toga memiliki beberapa pilihan ukuran yang dapat disesuaikan dengan badan Anda. Dalam memilih toga hendaknya jangan hanya berfokus pada bahannya, akan tetapi fokuskan juga pada ukurannya. Sehingga selama Anda mengenakan toga, tidak akan merasa risih dan tetap nyaman.

Siapa yang tiga ingin mengenakan toga wisuda? Tentu bagi setiap pelajar sangat menginginkan hal tersebut. Bahkan wisuda menjadi moment terbaik sepanjang masa, dimana wisudawan dan wisuawati berkesempatan bertemu teman-teman dan mendapatkan banyak hadiah. Untuk itu jika suatu saat nanti Anda butuh hadiah wisuda, pergilah ke toko bunga papan Jakarta.

Tidak hanya pelajarnya saja yang merasa bahagia, melainkan para orangtuanya. Orangtua tidak hanya merasa bahagia, akan tetapi mereka sangat begitu bangga kepada anaknya yang berhasil menyelesaikan studi. Dengan mengenakan toga maka akan menjadi tanda bahwa Anda akan memasuki dunia sesungguhnya, dunia yang penuh persaingan, yaitu dunia kerja. Untuk dapat mengenakan toga, tentu dibutuhkan kerja keras dan juga kedisiplinan.

www.pexels.com

Pemilihan Bahan Terbaik Untuk Toga

Dikarenakan toga akan digunakan berjam-jam, dari pagi hingga siang atau bahkan hingga sore, maka Anda perlu mendapatkan bahan yang paling tepat. Pada umumnya toga akan tersedia dalam beberapa jenis bahan. Berikut untuk detail dari masing-masing bahannya :

  • Bahan Bestway

Bahan bestway ini dibuat dengan tenun khusus, kemudian mesinnya pun menggunakan airjet. Bahan ini juga sering digunakan oleh para pekerja kantor, karena bahannya sesuai kebutuhan mereka. Sehingga tidak jarang sejumlah desainer pakaian yang memanfaatkan bahan Bestway ini sebagai seragam perusahaan, seragam dinas, seragam perusahaan dan juga seragam untuk jubah wisuda.

Jika dilihat, bahan Bestway ini cukup berbeda dari bahan lainnya. Teksturnya begitu lembut, kemudian dingiin dan juga lebih tampak cantik. Sehingga ketika digunakan akan memberikan kenyamanan yang begitu optimal. Sehingga tidak mengherankan apabila sampai sekarang kebanyakan calon wisudawan serta wisudawati memilih jubah bahan Bestway.

  • Bahan Saten

Bahan saten atau satin ini sering kali terlihat di sejumlah toko pakaian dan hijab. Pasalnya satin tampak mengkilat ketika digunakan, sehingga ada beberapa desainer memutuskan untuk menggunakan satin. Sehingga pakaian dan hijab tersebut cocok untuk digunakan ke acara pesta maupun formal. Jubah dengan bahan satin ini terbuat dari sutera.

Bahan sutera itu sangatlah halus ketika dipegang, kemudian tampilannya yang mengkilat akan menjadikan para pemakainya lebih terlihat cantik dan menawan. Selain banyak digunakan untuk jubah, hijab dan pakaian, ternyata sekarang satin juga sering digunakan sebagai bahan untuk membuat celana olahraga dan juga tas. Banyaknya desainer yang tertarik menggunakan bahan tersebut memberi bukti bahwa satin adalah bahan yang cukup baik juga.

  • Bahan Tessa

Pernahkah Anda mendengar bahan Tessa? Mungkin ada yang baru mendengarnya, namun tessa ini sudah cukup sering terlihat. Kainnya memiliki tekstur yang halus, kemudian kainnya tebal. Dikarenakan kainnya tebal, maka tidak akan mudah kusut meski digunakan lama. Beberapa perguruan tinggi juga banyak yang memilih bahan ini sebagai toga wisuda serta jubahnya.

  • Bahan Beludru

Bahan beludru ini sering kali disebut sebagai kain velvet. Mungkin cukup sulit membedakan antara kain satin dengan kain velvet, karena keduanya tampak sama ketika dilihat. Namun ketika dipegang, Anda akan segera tahu dimana letak perbedaannya. Bahan beludru ini permukaannya lembut dan juga mudah dibentuk. Bagi yang bertubuh proposional, memilih toga dengan bahan beludru mungkin akan jadi pilihan tepatnya. Anda jadi dapat memperlihatkan kondisi tubuh yang prpposional ke setiap orang yang datang ke acara wisuda nanti.

www.pexels.com

Cara Mendapatkan Toga yang Nyaman Digunakan

Agar acara wisuda dapat dilalui dengan bahagia, maka Anda wajib memilih toga yang tepat. Jangan sampai toga tersebut justru menciptakan ketidaknyamanan selama wisuda berlangsung. Ada dua hal penting yang seharusnya diperhatikan sebelum pada akhirnya memilih toga dan jubahnya. Inilah dua hal penting tersebut :

  • Pilihlah yang sesuai dengan ukuran

Tujuan dari disediakannya jubah dalam berbagai ukuran sebenarnya hanya satu, agar orang-orang yang akan mengikuti wisuda dapat memperoleh jubah sesuai dengan ukuran tubuh. Dengan begitu mereka dapat mengenakannya dengan senyaman mungkin. Jangan memilih toga yang tak sesuai badan Anda. Pasalnya jika toga kekecilan atau kebesaran pasti akan kurang nyaman dilihat. Penggunanya pun kurang nyaman, terlebih jika toganya kekecilan.

  • Pilihlah toga yang tampak bersih

Biasanya toga hanya akan tersedia dalam bentuk penyewaan. Namanya tempat penyewaan pasti sudah pernah digunakan oleh berbagai macam orang. Untuk itu, terkadang ada beberapa toga dan juga jubahnya yang sudah tampak kotor. Jika Anda tidak jeli dan teliti bisa saja mendapatkan sepasang toga yang kotor. Ketika mendapatkan sepasang toga wisuda yang kotor, tidak hanya buruk dilihat, melainkan Anda juga akan merasa kurang nyaman.

Rasa kurang nyaman tersebut disebabkan karena mungkin ada kotoran makanan di jubah atau jubahnya bau kurang sedap. Ketika digunakan beberapa jam, maka Anda pun harus menahan bau tak sedap tersebut selama beberapa jam sampai acara wisudanya selesai. Belum lagi ketika wisudanya selesai, pasti ada sejumlah teman-teman Anda yang akan meminta foto bersama.

www.pexels.com

Hal tersebut pasti menambah rasa tidak nyaman bagi Anda. Pasalnya jubah yang kotor serta bau tersebut menjadi sumber ketidak percayaan diri. Untuk itu pilih penyewaan jubah yang baik, sehingga toga dan jubah yang disediakan pasti akan lebih terawat. Meskipun demikian Anda juga wajib menelitinya kembali, sehingga moment wisuda dapat dilalui dengan penuh kebahagiaan.

Jika Anda lihat, ketika sebuah kampus menyelenggarakan acara wisuda pasti akan sangat ramai. Pasalnya dari masing-masing wisudawannya membawa sanak saudara, belum lagi teman-temannya dari berbagai fakultas yang berbeda. Selama acara tersebut berlangsung pun banyak orang yang memanfaatkan untuk berjualan kado wisuda seperti boneka sampai dengan bunga. Namun kebanyakan bunga yang disediakan pasti hanya berupa buket kecil atau bahkan berupa bunga yang terbuat dari flannel dan plastik.

Padahal wisuda dimanfaatkan sebagai moment yang penting, jadi jika Anda memiliki pasangan ataupun sahabat yang akan wisuda, hendaknya pilih kado terbaik. Jika memang ingin memberikan buket bunga, pilihlah yang berkualitas. Untuk peroleh buket berkualitas, maka Anda harus mengunjungi toko bunga papan Jakarta. Selain menyediakan rancangan buket yang kualitas, di sana juga menyediakan pilihan bunga yang pastinya masih sangat segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *