Umum

Buah Ciplukan

 

Buah ciplukan merupakan tanaman liar yang dapat ditemukan di kebun, pinggiran hutan yang banyak terkena sinar matahari, bahkan di persawahan yang telah mengering. Ciplukan atau ada yang juga menyebutnya sebagai ceplukan ini biasanya tumbuh hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Tentunya, nama-nama lain ciplukan juga tercipta dari berbagai daerah.

Buah ciplukan berwarna hijau saat baru tumbuh dan akan berubah warna menjadi kuning ketika sudah masak. Bentuk dari buah ini unik, pasalnya bunganya diselubungi oleh kelopak yang mengembang. Untuk rasanya jika belum masak, akan terasa getir. Berbeda dengan buah ciplukan yang berwarna kuning maka rasanya menjadi manis dan sedikit asam.

Dengan nama latinnya yaitu Physalis angulata saat ini sudah semakin jarang ditemui di lahan-lahan liar. Justru ketika sedang berbelanja di swalayan akan menemukan buah ciplukan ini. Dengan harga yang mahal bisa mencapai Rp 500 ribu untuk satu kilonya. Selain itu, buah ciplukan juga sekarang bisa diperjualbelikan secara online.

Buah ciplukan memiliki kandungan yang dapat diperoleh seperti vitamin C, alkaloid, saponin, asam stearat, asam malat, fisalin, asam palmitat, dll. Uniknya lagi, buah ciplukan dapat dimanfaatkan mulai dari buahnya, daunnya, akarnya, sampai dengan batangnya.

Intip Manfaat Buah Ciplukan yang Sudah Jarang Ditemui

Keberadaan tanaman buah ciplukan saat ini memang sudah jarang dan sulit untuk dijumpai dipekarangan atau lahan-lahan liar. Padahal, buah ciplukan memiliki berbagai macam manfaat yang ada didalamnya.

  1. Menurunkan Kolesterol

Tingginya kolesterol jahat dalam tubuh harus diwaspadai, pasalnya bisa memicu timbulnya penyakit bahaya lainnya speerti jantung dan stroke. Untuk dapat terhindar dari penyakit yang menakutkan, Anda coba untuk mengonsumsi buah ciplukan untuk menetralkan kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Menurunkan Kadar Gula

Para penderita diabetes harus mencoba mengonsumsi daun ciplukan yang memiliki aktivitas antithiperglikemia yang dapat membantu menurukan kadar gula darah. Karena tanaman ciplukan bekerja langsung mempengaruhi kerja insulin.

  1. Pereda Nyeri Penyakit Lupus

Ciplukan memiliki efek anti nyeri yang dapat mengatasi berbagai macam masalah nyeri yang sering dirasakan oleh penderita lupus.

Cobalah untuk rutin mengonsumsi buah ciplukan yang memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *