Umum

Kelebihan dan Cara Membuat Kusen Cor

Ada beberapa orang yang mengatakan apabila kusen beton tidak bisa terlihat cantik dan indah. Hal ini diakibatkan oleh berbagai hal dan komponen yang dibuat karena menggunakan sistem cor menjadi sebuah beton. Namun, apakah Anda mengetahui bahwa kusen beton ini tidak bisa menampilkan keindahan dan kecantikan?

Apalagi jika Anda bisa memahami bahwa ada begitu banyak bentuk dan desain dari sebuah kusen beton yang bisa dibuat dan menampilkan nilai keindahan tersendiri. Kusen beton atau kusen cor ini sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan kembali khususnya di dalam sebuah kapabilitas susunan beton khususnya dalam menopang sebuah bangunan.

Memahami Prinsip dari Kusen Beton atau Cor

Dari rumah yang sederhana sekalipun, biasanya menggunakan susunan beton untuk dijadikan konstruksi dalam bagian paling penting. Kelebihan inilah yang menjadi dasar timbulnya perubahan kusen pintu bahkan jendela dengan material utamanya yaitu sebuah beton.

Di dalam sebuah prinsip dari pembuatan kusen beton ini hampir sama dengan berbagai pembuatan susunan beton yang dibuat untuk bangunan. Hanya saja beberapa langkahnya yang berbeda yaitu membuat bekisting jadi sebuah kayu maupun cetakan yang terbuat dari papan kayu maupun triplek dan dibuat sama dengan rancangan yang akan Anda buat nantinya.

pxhere.com

Apa Kelebihan dalam Membuat Kusen Beton?

Bukan hanya kuat, sebuah kusen beton memiliki banyak kelebihan. Beberapa kelebihan inilah yang seringkali dipilih oleh banyak orang dalam melakukan pembangunan rumah. Baik materialnya yang tidak mudah memuai bahkan tidak mudah susut. Jadi, jika Anda melihat dengan cara mengukurnya, maka ukurannya akan tetap sama bahkan dari awal mula Anda membuatnya.

Bukan hanya itu saja, bahwa material kusen beton akan sangat tahan dengan berbagai hama kayu seperti rayap. Jadi, siapa pun yang menggunakan kusen beton tidak perlu khawatir apabila kusen yang mereka miliki akan mudah rusak karena dimakan oleh rayap. Begitu pula dengan ukuran kusen maupun jendelanya yang bisa Anda buat dengan berbagai ukuran.

Menggunakan kusen beton juga mampu menanggung beban yang cukup berat apalagi beban baik dari jendela maupun daun pintu. Kusen beton memang mampu menahan berbagai beban yang cukup berat dari daun pintu maupun jendela sekalipun bahan yang digunakan menggunakan kayu, besi, maupun kaca.

pxhere.com

Beberapa Kekurangan Menggunakan Kusen Beton

Ada banyaknya keunggulan yang disediakan oleh kusen beton ini pastinya akan mengundang banyak ketertarikan khusus oleh sebagian besar masyarakat khususnya yang akan membangun sebuah rumah. Namun ada juga beberapa kekurangan yang bisa Anda dapatkan selama menggunakan kusen beton. Untuk beberapa kekurangannya adalah:

  • Untuk bentuk yang sudah dibuat nantinya akan sangat sulit untuk diubah. Jadi, siapa pun yang akan membuatnya wajib untuk memberikan hasil final yang benar-benar sesuai dengan rancangan.
  • Karena kusen beton ini memang cukup berat, jadi dalam meletakkan bahkan membuat kusen ini dibutuhkan banyak orang untuk mengangkatnya dan memindahkannya.
  • Jika kusen beton dibuat secara langsung pada dinding atau sengaja dibuat tidak terpisah, maka diperlukan adanya keterampilan khusus agar kusen yang dibuat bisa presisi atau sama dengan apa yang Anda inginkan sebelumnya.

Meskipun memiliki kekurangan, namun kusen cor memiliki usia yang relatif lebih lama dibandingkan beberapa jenis kusen lainnya termasuk kusen kayu. Selain itu, kusen beton juga tidak akan mudah lapuk ketika kayu sangat rentan untuk lapuk dengan waktu yang cepat.

Itulah sejumlah kelebihan dan kekurangan yang memang akan timbul dari berbagai pilihan bahan bangunan yang akan Anda gunakan seperti kusen beton. Selain digunakan untuk daun jendela bahkan pintu, kusen beton ini juga bisa digunakan di beberapa alat perlengkapan rumah tangga lainnya seperti pompa beton.

Pompa ini tentunya pompa yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang untuk dipasang di rumah mereka. Anda bisa membelinya atau bahkan dengan menyewanya. Siapa pun tidak perlu khawatir karena saat ini harga sewa pompa beton bukanlah hal yang mahal untuk Anda dapatkan.

Saat ini ada berbagai tempat yang menyediakan persewaan pompa beton dengan pilihan harga sewa pompa beton yang cukup bervariasi. Yang perlu Anda lakukan pastinya menentukan jasa persewaan yang tepat dengan pilihan harga yang terjangkau dengan pertimbangan beton yang berkualitas pastinya.

pxhere.com

Ikuti Tips Ini Jika Membuat Kusen Cor Pribadi

Ada banyak jenis kusen yang sudah jadi dan dijual bahkan disewakan di pasaran. Namun jika Anda bertekad untuk membuatnya sendiri, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal. Baik pemilihan desain, berapa ukuran yang dibutuhkan dan akan dibuat, membuat sebuah adukan cor beton dengan memahami perbandingan yang sesuai.

Untuk perbandingan yang bisa Anda gunakan ini perpaduan dari 1 semen, 2 pasir dan 3 kerikil. Setelah membuat sebuah adonan dan mencetaknya, usahakan untuk mendiamkannya terlebih dahulu sampai adonan benar-benar kering. Anda bisa mendiamkannya kira-kira 1×24 jam.

Di tahap finishing, kusen beton ini bisa Anda beri cat. Untuk pemilihan warna cat bahkan teknik cat yang akan digunakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda sendiri. Baik menggunakan cat kayu, dan berbagai cat warna apa pun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *