Islam

Aqiqah Anak Perempuan Menurut Pandangan Islam

Memiliki buah hati merupakan hadiah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada pasangan yang telah menikah. Menikah bukan hanya menjadi kewajiban bagi manusia tetapi sebagai cara manusia untuk melestarikan keturunannya. Di dalam agama Islam, anak-anak yang telah dilahirkan harus disucikan dengan aqiqah. Para orang tua diwajibkan untuk menyembelih hewan sebagai bentuk aqiqah terhadap anak-anaknya. Aqiqah sendiri merupakan ibadah dan bentuk syukur atas kelahiran seorang anak, baik anak laki-laki atau anak perempuan. Tidak hanya melakukan penyembelihan hewan, para orang tua yang melakukan aqiqah juga harus menjalankan potong rambut bayi.

Syariat Aqiqah Anak Perempuan

Aqiqah anak perempuan memiliki perbedaan pada jumlah hewan yang dikorbankan. Jika anak laki-laki diharuskan untuk menyembelih 2 ekor kambing, aqiqah untuk anak perempuan hanya diwajibkan untuk menyembelih satu ekor kambing saja. Aqiqah sendiri dibebankan kepada kedua orang tua dari sang anak. Tidak hanya orang tua, kakek, paman dan walinya yang lain juga dapat menjadi subjek yang dibebankan untuk melakukan aqiqah pada anak perempuan. Orang tua yang melakukan aqiqah akan melengkapi acara syukuran dengan membaca doa kelahiran anak. Doa kelahiran bagi buah hati merupakan harapan orang tua agar anak perempuannya dapat menjadi manusia yang bermanfaat bagi negara dan agama.  Berbicara mengenai aqiqah untuk anak perempuan, aqiqah hanya dapat dilaksanakan dengan menggunakan kambing, domba, unta dan sapi saja. Aqiqah tidak boleh menggunakan hewan lainnya selain kambing. Kambing yang akan digunakan untuk aqiqah setidaknya telah memasuki umur satu tahun. Jika para orang tua ingin menggunakan domba, domba yang akan digunakan untuk aqiqah harus memiliki umur setidaknya berusia setengah tahun.

pexels.com

Hewan yang dijadikan aqiqah anak perempuan harus berada dalam keadaan yang sehat dan terhindar dari penyakit. Hewan yang layak dijadikan aqiqah tidak boleh menderita cacat sedikit pun. Selama melakukan aqiqah, hewan yang dibeli tidak boleh merupakan hewan hasil patungan. Hal ini tertunya berbeda dengan hewan yang dikorbankan di hari Idul Adha. Jika hewan aqiqah tidak boleh hasil dari patungan, hewan kurban sapi atau unta dari hasil patungan dapat digunakan. Para orang tua yang melakukan aqiqah untuk anak perempuannya akan mendapatkan beberapa hikmah. Berikut ini merupakan hikmah aqiqah menurut agama Islam:

  1. Setiap anak perempuan yang diaqiqah akan terhindar dari ganguan setan.

Anak perempuan yang telah diaqiqah akan terjaga dari godaan setan. Lepasnya godaan setan yang dialami oleh anak dapat terjadi akibat tergadainya aqiqah.

  1. Menghidupkan kembali sunah nabi.

Dengan melakukan aqiqah, para orang tua secara tidak langsung melakukan sunah Nabi Ibrahim ketika menebus nyawa Nabi Ismail.

  1. Merupakan bentuk pendekatan diri kepada Allah SWT dan menjadi bentuk syukur terhadap karunia Allah SWT.
  2. Sebagai bentuk kegembiraan atas datangnya anggota keluarga baru di dalam keluarga.
pexels.com

Ketentuan Menjalankan Aqiqah

Aqiqah anak perempuan memiliki ketentuan yang sama dengan aqiqah anak lelaki. Aqiqah dianjurkan untuk dilaksanakan pada hari ketujuh setelah anak perempuan dan lelaki lahir. Tidak hanya pada hari ketujuh, aqiqah juga dapat dilaksakan pada hari ke-14 dan hari ke-21. Tidak hanya pelaksanaan aqiqah, ketentuan lainnya yang berkaitan dengan ketentuan aqiqah adalah jumlah hewan yang akan dipotong, jenis hewan yang dipotong dan mencukur rambut. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jumlah hewan yang harus dipotong ketika anak laki-laki lahir adalah 2 ekor kambing. Sedangkan untuk anak perempuan yang lahir, jumlah hewan yang dikorbankan adalah 1 ekor kambing. Hewan yang akan dijadikan aqiqah tidak harus berkelamin jantan. Selama orang tua melakukan aqiqah, hewan yang disembelih dapat berkelamin jantan maupun berkelamin betina.

Ketentuan aqiqah lainnya adalah melakukan cukur rambut. Cukur rambut yang dilaksanakan pada saat aqiqah bersifat sunah dan tidak diwajibkan untuk dilakukan. Jika orang tua melakukan cukur rambut, rambut yang telah dipotong nantinya dikumpulkan dan ditimbang. Berat rambut yang ditimbang nantinya akan dihargai dengan harga emas. Para orang tua harus mengeluarkan sejumlah yang yang sesuai dengan berat rambut yang telah ditimbang. Aqiqah anak perempuan akan semakin sempurna dengan pilihan hewan yang tepat. Hewan yang akan disembelih ketika aqiqah harus berada dalam keadaan yang sempurna. Berikut ini merupakan persyaratan yang harus dimiliki oleh hewan aqiqah:

  1. Hewan aqiqah merupakan hewan mamalia berukuran kecil, seperti domba, biri-biri, kambing, domba atau unta.
  2. Hewan berkelamin jantan dan betina menjadi jenis kelamin hewan yang dapat dipilih.
  3. Umur kambing yang dijadikan hewan aqiqah harus memiliki umur yang cukup.

Aqiqah yang seharusnya dilaksanakan pada hari ketujuh, ke-14 atau hari ke-21 tidak serta merta dilakukan oleh semua orang. Jika kita memperhatikan dengan baik, kita akan menemukan aqiqah yang dilaksanakan ketika sang anak telah memasuki usia dewasa. Aqiqah merupakan bukan hal yang wajib bagi mereka yang tidak mampu. Jika pada hari ke-7, hari ke-14 dan hari ke-21 orang tua tidak dapat melaksanakan aqiqah, aqiqah pada usia dewasa tidak perlu dilakukan. Berikut alasan yang mendukung mengapa aqiqah ketika dewasa tidak perlu dilakukan:

pexels.com
  1. Aqiqah dikatakan gugur ketika anak telah memasuki usia dewasa.
  2. Aqiqah untuk diri sendiri tidak perlu dilakukan karena tidak ada hadits yang menerangkannya. Aqiqah anak perempuan merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh orang tua dan bukan menjadi tanggung jawab anak.
  3. Jika aqiqah ketika dewasa akan dilakukan, orang tua tetap menjadi sosok yang bertanggung jawab akan aqiqah tersebut. Jika orang tua tidak berada dalam keadaan yang mampu ketika anak berada di usia 7 hari, 14 hari atau 21 hari, maka aqiqah tidak wajib untuk dilakukan.

Untuk melaksanakan aqiqah, para orang tua tidak harus melakukan penyembelihan hewan aqiqah secara pribadi. Dengan banyaknya pelaku aqiqah saat ini, kita dapat menemukan jasa aqiqah dengan mudah. Jasa aqiqah yang ada saat ini akan menawarkan jasa penyembelihan hewan dan jasa mengolah hewan yang disembelih. Hewan aqiqah tersebut akan disembelih dengan melafalkan doa-doa aqiqah. Tidak hanya itu, hewan yang akan disembelih telah memenuhi persyaratan sehingga layak dijadikan hewan aqiqah. Karena telah diolah menjadi makanan yang siap dibagikan, kita tidak perlu membuang-buang waktu hanya demi mengolah hewan yang akan disembelih. Dengan memanfaatkan jasa aqiqah, kita dapat fokus pada acara aqiqah dan doa-doa yang akan dilafalkan selama aqiqah berlangsung. Agar tidak mendapatkan jasa aqiqah yang salah, kita harus pandai-pandai dalam memilih jasa aqiqah. Jasa aqiqah yang bertanggung jawab dan mampu menciptakan menu makanan yang nikmat menjadi pilihan jasa aqiqah yang layak untuk dipilih. Tidak hanya itu, dengan memilih jasa aqiqah yang tepat, Anda juga akan mendapatkan jasa aqiqah yang berharga murah dan jauh dari kata mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *