Umum

Mengapa Harus Membersihkan Septic Tank Secara Berkala?

Sebelum masuk lebih jauh untuk membahas bahaya tidak menjaga kebersihan terutama dalam buang air besar dan buang air kecil termasuk jarang membersihkan tangki septik, ada baiknya untuk mengetahui betapa beruntungnya mengapa anda hidup di jaman yang sudah serba modern seperti sekarang ini. Tidak seperti ratusan tahun yang lalu tepatnya ketika abad pertengahan di Eropa yang lebih sering dikenal sebagai jaman medieval. Pada masa itu manusia menampung seluruh kotorannya dalam sebuah wadah dan membuangnya begitu saja di jalanan. Sehingga ketika anda berjalan kaki anda akan berjalan di antara kotoran manusia yang baunya sangat tidak sedap. Tidak hanya bau nya saja yang mengganggu, namun kotoran yang tersebar di jalanan seperti itu dapat menyebabkan wabah penyakit mematikan bagi manusia.

Sekarang sudah tidak ada orang-orang yang membuang kotorannya di jalan raya, kotoran-kotoran tersebut sudah ditampung di tempat khusus yang disebut sebagai tangki septik yang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan bau busuk. Walaupun sudah ada tempat penampungan khusus, bukan berarti tangki septik tersebut tidak bisa penuh. Menurut BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional), setidaknya setiap harinya seseorang menghasilkan tinja seberat 125 – 250 gram.

Bila dalam sebuah wilayah pemukiman yang padat penduduk terdapat 100 juta orang, maka setiap harinya dihasilkan 25 ribu ton tinja. Bisakah anda bayangkan bila jumlah tersebut diakumulasikan selama 1 tahun atau setidaknya 1 bulan saja, ada berapa banyak jenis limbah yang dihasilkan? Padahal di dalam tinja terdapat banyak zat berbahaya yang tidak baik untuk kesehatan. Apabila tinja yang menumpuk tidak dibersihkan secara berkala, maka akan terjadi pencemaran tinja terhadap lingkungan sekitar.

Sayangnya kesadaran masyarakat akan pembersihan septic tank secara berkala dapat membahayakan sekitarnya. Tidak hanya itu saja, bahkan di daerah-daerah terpencil kesadaran masyarakat untuk membangun tempat penyimpanan limbah tinja yang memenuhi persyaratan masih sangat rendah. Sebenarnya bukan hanya septic tank, toilet itu sendiri pun harus bersih dari berbagai jenis jamur, misal seperti orange mold. Menurut Pokja AMPL (Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan), setidaknya 70 juta masyarakat Indonesia masih buang air besar dan buang air kecil secara sembarangan tanpa menyadari bahaya pencemaran lingkungan karena di dalam tinja terdapat berbagai bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kolera, tifus dan juga Hepatitis A.

Tidak hanya itu saja, adanya kandungan materi organik di dalam tinja mampu menyebabkan pencemaran pada air tanah dan juga air sungai sehingga air menjadi bau, kotor dan penuh dengan bakteri. Belum lagi bila terdapat telur cacing di dalam tinja yang dibuang secara sembarang, telur cacing tersebut dapat menjangkit orang lain yang dapat mengancam jiwa terutama bila yang terkena adalah bayi, balita dan anak-anak.

Nutrien yang ada di dalam tinja juga dapat memacu pertumbuhan ganggang yang mana pertumbuhan ganggang yang terlalu massif mampu menghalangi biota lainnya di dalam air untuk mendapatkan oksigen. Hal tersebut akan membuat ekosistem di dalam air (sungai, danau) menjadi rusak, banyak tumbuhan air, ikan dan biota lainnya yang mati. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka keseimbangan lingkungan akan menjadi rusak.

Setelah mengetahui dampak buruk yang ditimbulkan dari tinja, sudah seharusnya kesadaran untuk buang air kecil dan air besar pada tempatnya dan juga menguras tangki septik secara berkala menggunakan jasa sedot wc Surabaya (bagi yang tinggal di Surabaya) harus digalakkan. Apabila daerah di tempat anda belum mendapatkan penyuluhan dari pemerintah untuk mengedukasi masyarakat terkait kesadaran sanitasi, maka anda dan warga lainnya di daerah anda yang sudah mengetahui dampak buruknya bisa mengajak warga lainnya agar mulai hidup sehat dan menjaga kebersihan. Pengelolaan tangki septik yang tepat menjadi salah satu kunci untuk mencegah hal-hal buruk di atas dapat terjadi.

pexels.com

Bahaya tidak rutin melakukan penyedotan wc

Di atas sudah disebutkan beberapa bahaya yang dapat terjadi bila tidak membersihkan septic tank atau melakukan penyedotan wc secara berkala terutama dampaknya bagi lingkungan. Selain memberikan dampak buruk bagi lingkungan khususnya pada ekosistem di alam, tidak pernah membersihkan tangki septik juga memberikan dampak buruk bagi masyarakat sekitar terutama keluarga dan juga tetangga anda.

  • Bila tangki septik tidak pernah disedot atau tidak pernah dibersihkan, maka dapat meningkatkan resiko kesehatan bagi keluarga anda. Hal tersebut karena bakteri dapat menyebar dengan lebih mudah ketika tangki septik sudah penuh. Bila sudah penuh, maka toilet atau wc tidak bisa disiram dengan tuntas.
  • Kotoran yang tersumbat akibat tangki septik yang penuh dapat menimbulkan bau yang tidak enak dan sangat mengganggu. Mencium popok bayi yang sudah penuh dengan kotoran saja rasanya ingin muntah, bagaimana bila mencium toilet yang tidak bisa disiram akibat tangki septik yang sudah terlalu penuh? Tidak hanya bau yang tidak enak saja yang dapat mengganggu, namun kotoran-kotoran yang muncul di toilet atau wc juga sangat tidak enak untuk dipandang. Ketika harusnya keluar dari kamar mandi badan menjadi segar dan berbau harum, namun karena toilet tidak bisa disiram maka yang terjadi adalah hal sebaliknya, tubuh menjadi bau busuk. Jangan sampai tangki septik yang penuh membuat selera makan keluarga anda menjadi hilang akibat bau busuk yang tidak bisa hilang dari dalam rumah.
  • Toilet atau wc yang tersumbat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan keluarga karena kotoran-kotoran yang tidak bisa disiram tersebut mengandung banyak bakteri berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare, penyakit kulit, muntaber dan penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Bakteri-bakteri yang terkandung dalam kotoran tersebut menjadi lebih mudah menyebar karena tidak bisa tersiram dengan baik. Untuk mencegah hal tersebut sampai terjadi, tentu cara yang paling mudah adalah dengan melakukan penyedotan wc atau membersihkan tangki septik secara berkala.
  • Toilet atau wc tidak hanya berada di rumah saja, namun juga pasti ada di tempat makan atau restoran. Bayangkan saja bila wc tersebut mampet dan menimbulkan bau busuk, tentu saja para pelanggan akan merasa jijik untuk masuk ke toilet dan tidak akan pernah kembali lagi ke restoran tersebut karena merasa bahwa restoran tersebut tidak memiliki kebersihan yang bagus. Hal tersebut tentu saja akan merugikan bisnis dan pengunjung yang datang akan terus berkurang karena kebersihan yang buruk tersebut cepat diketahui oleh banyak orang. Tidak hanya itu saja, wc mampet yang ada di restoran akan sangat berbahaya karena bakteri yang berasal dari wc tersebut dapat masuk ke dalam makanan pelanggan. Tidak ada yang tahu apakah nantinya pelanggan tersebut akan jatuh sakit atau tidak. Untuk itulah untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi, sangat penting untuk rutin membersihkan tangki septik secara berkala.
pexels.com

Waktu yang tepat membersihkan septic tank

Mungkin memang sulit untuk mengetahui kapan septic tank sudah penuh atau belum karena tangki septik dibuat di bawah tanah tanpa adanya lubang besar untuk melihat ke dalamnya. Akan tetapi hal tersebut bukan menjadi alasan mengapa anda tidak pernah membersihkan tangki septik bertahun-tahun sejak tangki septik tersebut pertama kali dibuat. Padahal setiap tangki septik memiliki kapasitas yang berbeda tergantung dari seberapa besar tangki septik tersebut dan tergantung dari berapa banyak jumlah keluarga anda di dalamnya, semakin banyak jumlah orangnya maka tangki septik juga akan lebih cepat terisi penuh sehingga harus lebih sering dibersihkan.

Tentu anda tidak ingin limbah yang ada di dalam tangki septik membahayakan kesehatan keluarga dan tetangga anda serta tidak ingin ekosistem yang ada di sekitar anda menjadi rusak akibat anda tidak pernah membersihkan tangki septik bukan? Apabila anda tidak ingin membersihkan sendiri tangki septik, entah karena tidak tahan dengan baunya, karena tidak ingin terkena tinja di seluruh badan ataupun karena tidak memiliki peralatan untuk membersihkannya, anda bisa memanggil jasa penyedotan wc. Cukup menelpon jasa penyedotan wc, maka nantinya mereka akan datang lengkap dengan personil dan juga peralatannya. Yang perlu anda lakukan hanya lah menunggu proses pembersihannya selesai.

Jangan pernah sungkan untuk memanggil jasa penyedotan wc karena setiap rumah pasti pernah menggunakan jasa ini setidaknya satu kali selama mereka tinggal di sana. Anda bisa menggunakan jasa ini 1 hingga 2 tahun sekali, dengan begitu anda juga tidak perlu merasa terbebani dengan biaya yang harus anda keluarkan. Ingat, walaupun septic tank dibuat dengan desain sedemikian rupa agar kotoran di dalamnya tidak merembes keluar dan merusak lingkungan, bukan berarti tidak ada kemungkinan kotoran tersebut tidak merembes keluar terutama setelah lebih dari 5 tahun tangki septik tidak pernah dibersihkan.

Air dan juga kotoran yang berasal dari tangki septik yang merembes keluar dan mengenai tanah di sekitarnya dapat merusak tanah, air tanah bahkan air sumur yang ada di dekatnya. Karena itu biasanya ketika rumah pertama kali dibangun dan ingin membangun tangki septik, akan diukur jarak ideal antara tangki septik, sumur dan juga tetangga agar tidak mengganggu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari tangki septik tersebut.

pexels.com

Keuntungan memanggil jasa sedot wc

Jasa sedot wc atau tukang sedot wc adalah salah satu layanan yang kerap kali terlupakan padahal jasa ini sangatlah membantu untuk mengatasi permasalahan terkait wc. Anda dapat dengan mudah mengetahui nomor telepon jasa sedot wc karena biasanya jasa ini menempelkan brosur-brosurnya di tiang listrik. Jika anda tidak ingin mencari nomor teleponnya dari satu tiang listrik ke tiang listrik lainnya, anda tinggal membuka smartphone anda dan mencari nomor teleponnya di internet. Di jaman yang sudah modern seperti sekarang, tentu sudah banyak jasa sedot wc yang mengiklankan jasanya di internet. Kemajuan teknologi menjadi sangat berguna, bahkan generasi orang tua anda pun dapat mencari tahu nomor telepon jasa sedot wc di internet.

Masyarakat Indonesia kerap kali melupakan tangki septik sehingga membuat wc menjadi mampet. Pemilik rumah yang wc nya mampet pasti akan langsung panik dan bingung apa yang harus dilakukan pertama kali untuk memperbaiki wc yang mampet tersebut karena tidak pernah menghadapi permasalahan seperti itu sebelumnya. Yang diketahui hanya lah apabila kotoran di wc tidak mau masuk, maka disiram berkali-kali hingga akhirnya bisa masuk ke dalam tangki septik. Padahal ketika tangki septik sudah penuh, sebanyak apapun wc tersebut disiram, kotoran tersebut tidak akan pernah masuk ke dalam tangki septik dan yang ada adalah air di dalam wc semakin menggenang. Jadi memaksa menyiram wc adalah hal yang keliru. Ketika anda menemukan wc yang mampet, segera panggil jasa sedot wc.

pexels.com

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika menggunakan jasa sedot wc yang tidak pernah anda ketahui sebelumnya:

  • Dengan menggunakan jasa sedot wc, anda akan merasa lebih nyaman karena segala permasalahan terkait wc mampet atau tangki septik yang penuh dapat terselesaikan dengan waktu yang singkat. Tidak perlu waktu hingga berhari-hari, cukup dalam hitungan jam saja permasalahan anda akan terselesaikan. Selain itu ketika proses penyedotan wc, rumah anda pun tidak akan kotor dan bau karena proses penyedotan wc dilakukan dengan sangat hati-hati.
  • Tangki septik yang penuh dengan kotoran serta bakteri berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit dapat dibersihkan sehingga lingkungan tidak menjadi kotor dan membuat lingkungan sekitarnya menjadi lebih bersih. Resiko terjadinya penyakit akibat tangki septik yang kotor pun bisa berkurang.
  • Dengan menggunakan jasa sedot wc, anda tidak perlu lagi membersihkan wc yang mampet mulai dari mengurasnya hingga membersihkannya agar tidak bau sendirian. Dengan begitu waktu yang anda miliki bisa anda gunakan untuk mengerjakan hal lainnya yang urgent seperti menyelesaikan pekerjaan anda. Jasa sedot wc yang sudah berpengalaman pun mampu membersihkan septic tank dengan lebih cepat.
  • Dibandingkan anda membersihkan sendiri wc yang mampet dengan pengalaman yang kurang dan peralatan seadanya, anda tidak hanya menghemat waktu namun juga menghemat biaya karena waktu adalah uang, waktu sangat berharga. Bila anda sudah rutin menggunakan jasa sedot wc maka biasanya dari pihak jasa sedot wc akan memberikan potongan harga kepada anda. Bisa dibilang hal tersebut menjadi alasan lain mengapa anda harus rutin membersihkan tangki septik.
  • Mungkin untuk membersihkan wc yang mampet anda masih bisa melakukannya sendiri walaupun membutuhkan waktu yang lama, namun berbeda jika anda ingin menyelesaikan permasalahan wc mampet dari akarnya, yaitu tangki septik yang sudah penuh. Bagaimana caranya anda bisa mengeluarkan kotoran dari tangki septik yang ukurannya sangat besar dan berada di bawah tanah? Dimana anda akan menampung dan membuang kotoran yang ada di dalam tangki septik? Daripada pusing memikirkannya, tentu jasa sedot wc yang sudah berpengalaman tahu bagaimana caranya membersihkan tangki septik dengan mudah dan cepat.
  • Toilet atau wc yang mampet tidak hanya disebabkan karena tangki septik yang penuh, bisa jadi disebabkan oleh masalah lainnya yang belum diketahui. Jika menggunakan jasa sedot wc maka wc yang mampet dapat diperbaiki dan bisa menyelesaikan permasalahan dari akarnya, apa yang menyebabkan wc tersebut mampet.
  • Jasa sedot wc tidak hanya menghilangkan permasalahan wc yang mampet dan juga membersihkan tangki septik, jasa sedot wc juga dapat memberikan perawatan pada tangki septik dengan baik dan menggunakan cara yang lebih ramah lingkungan.
  • Apabila anda memiliki permasalahan terkait saluran air, tidak hanya wc yang mampet, misalnya saja air wastafel tidak dapat mengalir dengan lancar, jasa sedot wc juga bisa membantu anda untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Jadi jangan ragu untuk memanggil jasa sedot wc.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *