pendidikan

Tips dan Strategi Mengerjakan Tes TOEFL

TOEFL merupakan salah satu tes bahasa Inggris yang kerap digunakan sebagai syarat mendaftar pekerjaan ataupun mendaftar perguruan tinggi. Jadi, tes uji kemampuan bahasa Inggris ini pasti sudah tidak asing lagi, terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. Kini tes ujian TOEFL dapat dilakukan dimanapun karena sudah banyak lembaga yang menyelenggarakannya.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi ataupun masuk ke universitas di luar negeri, maka lulus TOEFL dengan poin tertentu menjadi sebuah hal yang wajib. Setidaknya hal tersebut berlaku pada banyak negara yang menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar perkuliahan mereka.

Namun, tidak semua orang berhasil lulus ujian TOEFL ini. Bahkan beberapa di antara mereka telah melakukan ujian lebih dari satu kali. Selain kurangnya persiapan, penguasaan materi juga menjadi indikator kegagalan mereka. Oleh karena itu, bagi semua orang yang akan melakukan ujian TOEFL perlu menyiapkannya dengan baik.

Apalagi kini tidak dapat dipungkiri jika sertifikat TOEFL ini dibutuhkan hampir di semua instansi dan lembaga. Maka dari itu, mau tidak mau Anda dituntut untuk mendapatkan poin di atas ketentuan. Bila perlu mendapatkan poin yang memuaskan sehingga akan mempermudah urusan Anda nantinya yang berkaitan dengan sertifikat TOEFL ini.

Anda tidak perlu merasa takut dan risau dalam menghadapi ujian TOEFL karena hal tersebut bisa menjadi faktor kegagalan Anda. Jadi, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat lulus ujian tes TOEFL.

stocksnap.io
  1. Membeli Buku TOEFL Preparation

Tips pertama adalah Anda dapat membeli buku TOEFL preparation yang di dalamnya terdapat software untuk latihan. Jika Anda terkendala dengan dana, maka Anda dapat meminjam kepada teman ataupun kerabat yang memilikinya. Dengan mempelajari materi di buku TOEFL preparation tersebut, maka Anda akan mengenali trik menjawab soalnya.

Terdapat beberapa buku yang sering direkomendasikan oleh berbagai instansi kursus bahasa Inggris antara lain adalah KAPLAN, LONGMAN, CLIFF, dan BARRONS. Anda dapat melihat reviewnya terlebih dahulu di internet untuk mengenai mana buku yang terbaik menurut Anda.

  1. Memahami Materi yang Berkaitan dengan TOEFL

Sebelum memahami materi, terlebih dahulu Anda harus mengetahui jenis TOEFL apa yang nantinya akan dipilih. Apakah itu PBT ataupun IBT dan tentu saja Anda harus mengetahuo perbedaannya. Setelah Anda mengetahui hal tersebut, maka Anda dapat lebih mudah memahami materi yang akan diujikan nantinya.

  1. Mencoba Pretest TOEFL

Sebelum menghadapi ujian TOEFL yang sesungguhnya, sangat disarankan untuk mencoba pretest TOEFL terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar Anda lebih memahami tipe-tipe soal yang diujikan dan dapat melakukan evaluasi dari hasil kemampuan Anda di pretest tersebut.

Jadi, dengan mencoba pretest TOEFL ini Anda dapat mengetahui kelemahan Anda dan mencari solusi untuk memperbaikinya supaya mendapatkan poin yang tinggi pada ujian TOEFL yang sesungguhnya.

stocksnap.io
  1. Membuat Rencana Belajar Secara Realistis

Dalam belajar bahasa Inggris, Anda perlu tahu bagaimana metode belajar yang cocok untuk Anda gunakan. Jika sudah begitu, maka Anda dapat menyusun rencana belajar yang realistis berdasarkan keadaan dan metode yang digunakan. Jadi, Anda dapat mengasah berbagai hal secara lebih mendalam.

  1. Membuat Skala Prioritas yang Berdasarkan Kelemahan Anda

Anda dapat membuat skala prioritas yang berdasarkan kelemahan Anda pada materi tersebut. Dengan begitu, maka Anda dapat fokus mempelajari hal-hal yang kurang Anda pahami. Jadi, kemampuan Anda akan semakin terasah.

  1. Terus Berlatih Listening

Listening menjadi salah satu komponen dari ujian TOEFL. Oleh karena itu, Anda perlu berlatih mendengarkan percakapan bahasa Inggris supaya telinga Anda menjadi lebih peka. Selain itu, Anda juga dapat menonton film dengan menggunakan subtitle berbahasa Inggris.

  1. Mengumpulkan Materi dari Berbagai Sumber

Dari semua materi yang telah dipelajari, pastikan jika Anda mengumpulkannya supaya dapat dibaca kembali. Mengumpulkan materi akan memudahkan Anda dalam mereview materi yang akan diujikan.

  1. Mengecek Progres Latihan TOEFL Secara Berkala

Dari buku TOEFL preparation tersebut, Anda dapat mengecek bagaimana progres latihan Anda sehingga Anda dapat menyusun strategi supaya poin yang didapatkan semakin meningkat. Mengecek progres secara rutin akan memotivasi Anda untuk belajar dengan lebih giat.

stocksnap.io
  1. Latihan Secara Rutin

Anda harus bertanggung jawab terhadap jadwal latihan yang telah dibuat. Jangan sampah rasa malas mengalahkan Anda sehingga membuat jadwal latihan terlewatkan. Jika sudah begitu, maka Anda membuang waktu yang berharga. Jadi, kuncinya adalah selalu latihan dengan rutin.

Itulah sembilan tips yang dapat Anda terapkan untuk lulus ujian tes TOEFL. Selain melakukan tips-tips tersebut, Anda juga dapat mengakses website edutore untuk membeli buku-buku yang berkaitan dengan latihan TOEFL. Tidak hanya itu, website yang merupakan mal edukasi terbesar di Indonesia ini juga menyediakan fitur kursus dan bimbel.

Bahkan Anda juga dapat menggunakan fitur latihan soal sehingga Anda dapat belajar gratis melalui website tersebut. Website multifungsi ini akan membantu Anda dalam mempersiapkan ujian TOEFL dengan sebaik-baiknya. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengakses website penting ini secara cuma-cuma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *