Kesehatan

Mengetahui Tanda Tanda Hamil dan Cara Tes Kehamilan Secara Alami

Hamil merupakan salah satu hal yang diinginkan setiap wanita yang sudah menikah. Untuk anda yang sedang menjalankan program hamil, mengetahui tanda tanda hamil tentunya sangat penting. Semakin cepat anda mengetahui bahwa anda hamil, maka anda bisa lebih cepat mengubah gaya hidup anda dengan yang lebih sesuai dengan gaya hidup saat hamil. Apalagi di awal kehamilan, jika kita tidak berhati-hati risiko keguguran bisa saja terjadi. Untuk itulah mengetahui tanda kehamilan akan membuat anda lebih mudah mendeteksi awal kehamilan.

            Apa Sajakah Tanda tanda Hamil?

Untuk yang belum pernah hamil, tentunya masih agak kesulitan untuk mendeteksi kehamilan. Makanya agar tidak telah mengetahui anda hamil sebaiknya ketahui beberapa tanda kehamilan. Semakin cepat anda mengetahui kehamilan anda, maka anda akan memiliki kesempatan lebih besar untuk menjaga kandungan anda dengan memperbaiki nutrisi maupun hal lainnya. berikut adalah tanda tanda kehamilan yang sebaiknya anda ketahui.

  1. Telat haid

Tanda yang paling mudah dideteksi adalah telat haid. Namun, telat haid juga belum pasti hamil. Bisa saja karena stress atau gangguan kesehatan lainnya juga bisa menyebabkan telah haid. Agar lebih mudah mendeteksi kehamilan, untuk anda yang sudah menikah, sebaiknya anda catat jadwal haid anda untuk melihat apakah anda haid secara teratur atau tidak.

pexels.com
  1. Mudah lelah

Tanda lainnya yang sering muncul adalah mudah lelah. Ibu hamil cenderung lebih mudah lelah karena meningkatnya detak jantung maupun kadar progesteron dalam tubuh anda. Untuk berjaga-jaga, jika anda mudah lelah, jangan terlalu banyak konsumsi kafein. Pasalnya, jika anda ternyata hamil, kafein dapat membahayakan janin anda.

  1. Sering mual dan muntah

Berikutnya, tanda tanda kehamilan yang sering muncul adalah mual dan muntah yang tidak hanya terjadi sekali. Hal ini terjadi karena menumpuknya asam lambung pada saat anda tidur. Biasanya mual dan muntah ini terjadi di pagi hari atau biasanya dikenal dengan morning sickness.

  1. Bercak darah

Jika ada bercak darah yang muncul, itu juga dapat diartikan sebagai tanda kehamilan. Bercak darah ini muncuk karena sel telur berhasil dibuahi.

  1. Perubahan payudara

Ada beberapa orang yang sebelum haid juga mengalami perubahan pada payudaranya yang menjadi lebih kencang. Namun, Perubahan yang terjadi pada payudara anda dibarengi dengan tanda kehamilan yang lain, maka sebaiknya anda melakukan cek kehamilan perubahan payudara selain kencang biasanya juga terjadi di bagian puting yaitu lebih gelap dan lebih menonjol.

  1. Sensitif pada aroma tertentu

Tanda lainnya yang sering muncul adalah sensitif pada aroma-aroma tertentu. Anda alan merasa mual jika mencium aroma tertentu. Karena memang ibu hamil akan meningkat ketajaman indera penciumannya.

  1. Kram

Kram juga biasanya dirasakan menjelang hadi, namun kram tanda hamil biasanya berbeda. rasa sakit atau kram pada ibu hamil jauh lebih sakit dibandingkan saat haid. Tak hanya itu, anda juga akan mengalami kontraksi yang muncul setiap 5-20 menit sekali.

 

Selain tanda-tanda tersebut, masih ada tanda tanda hamil lainnya yang kadang dialami oleh ibu hamil. Salah satunya adalah mood swing atau perubahan mood yang terjadi tanpa alasan. Tanda lainnya dapat dilihat dari posisi perut anda yang sedikit berubah. Jika anda mengalami tanda-tanda di atas, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter atau gunakan alat tes kehamilan.

pexels.com

Cara Mengecek Kehamilan dengan Cara Alami

 

Selain dapat dicek dengan menggunakan alat tes kehamilan dan memeriksakan ke dokter, ternyata tes kehamilan juga bisa dilakukan dengan cara alami lho. Setelah mendeteksi tanda tanda hamil cobalah melakukan cek kehamilan.

  1. Urine

Selain digunakan untuk mengetes kehamilan dengan tespack, ternyata urin juga bisa digunakan untuk mengetahui anda hamil atau tidak tanpa testpack. Caranya adalah dengan kencing di pagi hari saat baru bangun tidur. Jika urinenya berbusa itu tanda tanda hamil.

  1. Dengan garam

Cara lainnya adalah campurkan urine dengan garam secukupnya dalam wadah. Jika larutan garam dan urine menjadi seperti susu, maka itu artinya anda positif hamil.

  1. Pasta gigi

Untuk yang ini gunakan pasta gigi yang berwarna putih agar lebih mudah mendeteksi kehamilan. Caranya dengan mencampurkan setetes urin dengan pasta gigi. jIka hasilnya biru atau berbusa, maka artinya anda positif hamil.

  1. Dengan gula
  2. Sabun
pexels.com

Untuk caranya semuanya hampir sama, cukup campurkan urin dan aduk. Memang, cara ini juga kurang pasti. Jika anda mengalami tanda tanda hamil yang telah disebutkan di atas, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter. Tes yang dilakukan dokter hasilnya lebih akurat. Jika takut perkiraan anda salah dan kecewa. Bisa coba gunakan testpack terlebih dahulu. Mengetahui kehamilan lebih awal akan membantu anda mempersiapkan segalanya lebih dini. Mengubah makanan yang dikonsumsi misalnya. Jika anda positif hamil, maka anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik untuk ibu hamil. Perbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan dan susu. Salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil adalah buah naga. Manfaat buah naga untuk ibu hamil sangat banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *