Umum

Rumah Adat Jawa Tengah Tidak Hanya Joglo Lho!

Indonesia terdiri dari banyak pulau dan juga wilayah. Wilayah – wilayah tersebut biasanya dibagi menjadi beberapa sector pemerintahan yang memiliki keunikan dan keistimewaan tersendiri. Setiap daerah memiliki banyak hal – hal unik dan menarik yang dapat digunakan sebagai penarik wisata dari daerah tersebut. Dalam banyak kasus keunikan –keunikan tersebut menjadi salah satu objek wisata favorit bagi wisatawan baik dalam negeri maupunwisatawan mancanegara.  Tidak hanya objek wisata alam yang patut untuk dikunjungi akan tetapi wisata – wisata budaya dan sejarah kini telah banyak diminati leh banyak orang. Salah satu yangmenarik minat wisatawan adalah keunikan dari rumah – rumah adat yang ada di seluruh Indonesia. Rumah adat yang ada di Indonesia memiliki keunikan tersendiri sehingga sangatpatut untuk dieksplorasi. Salah satu wilayah dengan rumah adat yang sangat unik dan menarik adalah rumah adat jawa tengah. Rumah adat jawa tengah tidak hanya joglo saja akan tetapi terdapat beberapa jenis rumah lain yang masih menjadi ikon dari budaya jawa tengah.

Jenis – jenis Rumah Adat Jawa Tengah

Jawa tengah adalah suatu wilayah di pulau jawa. Pulau jawa dibagi menjadi tiga keresidenan yang amsing- masing memiliki cirikhusus dalah hal arsitektur dan juga dalam hal keunikan rumah tersebut.  Rumah adat jawa tengah memiliki banyak keunikan tersendiri sehingga menarik banyak orang untuk melihatnya. Selain melihat rumah adat tersebut banyak orang yang mulai terinspirasi untuk memiliki rumah dengan desain yang sama seperti rumah adat jawa tengah. Untuk mewujudkan rumah impian terdapat beberapa referensi yang bisa dijadikan acuan salah satunya adalah Casanesia.com. Terdapat beberapa jenis rumah adat jawa tengah yaitu :

pxhere.com
  1. Rumah adat joglo

Hampir semua orang mengetahui tentang rumah adat ini. Rumah adat joglo ini adalah salah satu rumah khas jawa tengah yang sangat terkenal.  Rumah adat joglo ini telah banyak dikenal masyarakat manca Negara. Masyarakat local ataupun mancanegara banyakyang menggunakan konsep rumah joglo ini sebagai salah satu ide untuk membangun hunian mereka. Rumah joglo terkenal sebagai lambing kekayaan dari penghuninya.  Pemilik rumah joglo biasanya adalah orang – orang terpandang yang memiliki tingkat social tinggi di kalangan masyarakat.  Ciri rumah ini adalah teras yang luas dan tak memiliki sekat. Rumah joglo ini biasanya disokong oleh empat tiang besar yang menjadi penyangga dari kebesaran rumah tersebut. Empat tiang ini lah yang disebut sebagai soko guru.

  1. Rumah adat panggang pe

Bagi sebagian orang rumah adat ini masih sangat asing di telinga mereka. Tidak hanya rumah adat joglo rumah adat panggang pe juga cukup terkenal di kawasan jawa tengah. Kawasan – kawasan jawa tengah memiliki banyak sekali rumah unik yang menjadi ciri khas dari daerah itu sendiri. Rumah adat panggang pe ini memiliki jumlah tiang hingga enam buah. Enam buah tiang tersebut digunakan untuk menyangga bangunan. Tiang bagian depan untuk bangunan ini biasanya lebih pendek dari pada tiang bagian belakang. Hal ini membuat struktur bangunan dari rumah adat panggang pe ini sangat unik. Umumnya rumah jenis ini digunakan untuk membuat kios ataupun warung – warung.

  1. Rumah adat tajug

Satu lagi rumah adat jawa tengah yang cukup asing di telinga masyarakatadalah rumah adat tajug. Rumah adat ini sama seperti rumah – rumah adat lain di daerah jawa tengah.  Rumah adat ini juga memiliki filososfi tersendiri terkait dengan budaya dan juga kehidupan masyarakat jawa tengah. Rumah adat ajug ini buiasanya digunakan untuk bangunan – bangunan yang memiliki peran penting dalam keagamaan seperti masjid atau bangunan – bangunan suci lain. Tidak sembarang bangunan dapat menggunakan rumah jenis ini hanya bangunan – bangunan yang dianggap suci saja yang dapat menggunakan model bangunan seperti ini.

pxhere.com

Ciri Khas Rumah Adat Jawa Tengah

Selain berbagai jenis rumah adat jawa tengah, rumah – rumah tersebut memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh rumah adat daerah lain.setiap rumah adat memiliki filosofi berbeda. Rumah adat jawa tengah juga memiliki ciri khas dan filosofi tersendiri yaitu  rumah joglo adalah rumah sakral yang dapat memberikan kenyamanan pada penghuninya. Selain itu rumah adat jawa tengah  juga identik dengan empat pilar besar yang menyangga bangunan luas. Rumah adat jawa tengah biasanya lebih lebar dan tanpa sekat. Hal ini menjadi salah satu ciri khas dari rumah adat jawa tengah. Kondisi tersebut membuat sirkulasi udara pada bangunan tersebut lebih lancar. Bangunan rumah adat jawa tengah ini biasanya digunakan untuk melakukan pertemuan – pertemuan atau acara – acara teretentu. Kondisi ruangan yang sangat luas memungkinkan banyak orang untuk menempati ruangan tersebut. Ruangan tesebut sering kali digunakan untuk melakukan upacara – upacara adat atau hanya sekedar acara pribadi daripemiliknya.   Ciri khas rumah adat jawa tengah antara lainyaitu :

  • Atap selalu terbuat dari genteng tanah liat
  • Bentuk atap bertingkat
  • Sudut kemiringan tiap atap berbeda
  • Rumah joglo terdiri dari tiga bagian yaitu , bagian depan, bagian tengah, dan bagian utama

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *