Kesehatan

Fasilitas Tempat Pangkas Rambut

Tempat untuk pangkas rambut kini banyak dijumpai dalam berbagai jenis. Mulai dari tempat potong rambut tradisional, salon, hingga barbershop. Masyarakat bisa memilih tempat mana yang dibutuhkan untuk menata rambut dengan potongan model baru. Semua bisa disesuaikan dengan keperluan dan tentunya selera masing-masing. Setiap tempat untuk potong rambut tentu akan memberikan pelayanan yang berbeda-beda. Tidak hanya untuk memotong rambut saja, tetapi berbagai fasilitas tambahan pun disediakan untuk kepuasan pelanggan. Berikut adalah beberapa layanan yang biasanya dijumpai di tukang potong rambut.

Layanan Potong Rambut dan Fasilitas Tambahan

Semakin banyaknya persaingan di bisnis yang satu ini, menuntut setiap penyedia jasa potong rambut untuk lebih kreatif dalam memberikan pelayanan. Namun secara umum fasilitas yang sering ditemui di setiap tempat potong rambut antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Tempat Potong Rambut Tradisional

Tempat potong yang identik dengan peralatan sederhana dan harga yang ditawarkan terbilang murah. Secara umum tempat potong rambut tradisional adalah sebagai berikut.

  • Peralatan yang sederhana

Mungkin untuk yang satu ini adalah yang paling banyak ditemui di desa-desa. Tempat yang menyediakan jasa potong rambut biasa. Umumnya dikelola oleh satu orang yang akan menangani semua pelanggan. Dulu tempat semacam ini dikenal sebagai tempat untuk cukur yang biasanya berada di bawah pohon. Ada yang menggunakan bangunan kecil bahkan ada juga yang melakukannya di rumah biasa. Peralatan yang digunakan di tempat seperti ini juga lebih sederhana, hanya bermodalkan dengan gunting, sisir, dan cermin. Sekarang tempat cukur tradisional memang sudah tidak terlalu banyak.. Namun untuk yang masih ada, kebanyakan pelanggannya adalah pria yang memang hanya membutuhkan jasa untuk cukur saja.

  • Hanya untuk potong rambut

Tempat cukur tradisional dengan satu tukang cukur juga hanya menyediakan fasilitas potong rambut saja. Tidak ada fasilitas atau layanan lain yang ditawarkan. Pelanggan yang datang pun memang tidak menginginkan fasilitas atau layanan lain. Mereka kebanyakan hanya ingin memantaskan model potongan rambut yang dirasa sudah terlalu panjang atau sudah tidak rapi. Pelanggan hanya perlu datang kemudian dicukur tanpa perlu dikeramasi terlebih dahulu. Model potongan rambut yang diminta juga kebanyakan terserah tukang cukur asalkan rapi. Tukang cukur dengan fasilitas dan peralatan yang minim ini bisa memiliki banyak pelanggan karena harga layanan yang biasanya lebih murah.

  • Model potongan rambut yang terbatas

Jika ingin model potongan rambut kekinian, mungkin akan sulit didapatkan di tempat cukur tradisional ini. Kemampuan tukang cukur yang memang terbatas biasanya juga tidak menawarkan banyak pilihan. Sebaiknya untuk yang ke sini memang mereka yang punya masalah rambut panjang saja. Untuk masalah rambut yang lain, seperti rambut tipis dan terlihat botak bisa mengandalkan Caboki penumbuh rambut. Sebuah produk yang terbuat dari bahan alami yang aman untuk digunakan. Produk ini akan memberikan efek tebal dan lebat pada rambut dengan serat yang menempel di batang rambut. Membuat rambut terlihat lebih banyak dan tidak botak hanya dalam beberapa saat saja.

www.pexels.com
  1. Barbershop

Masyarakat tanah air sudah mengenal tempat potong rambut yang satu ini. Kebanyakan memiliki fasilitas seperti berikut.

  • Tempat nyaman dan berpendingin ruangan

Tempat seperti ini sekarang sudah mulai banyak dijumpai di berbagai kota dan di beberapa pelosok daerah. Tempat untuk potong rambut yang mungkin dikenal dengan kebanyakan pelanggannya yang merupakan pria. Jika sebelumnya ada tempat cukur biasa dengan peralatan seadanya, di barbershop akan ditemui peralatan yang lebih banyak dan lengkap untuk mendukung layanannya yang tidak hanya potong rambut. Dibandingkan dengan tempat cukur biasa, barbershop biasanya memiliki tempat yang lebih nyaman. Kursi yang nyaman untuk pelanggan dengan ruangan berpendingin. Di Indonesia sendiri sudah ada ribuan barbershop dan beberapa barbershop memiliki konsep tempat yang unik. Hal inilah yang menjadi salah satu daya tarik dari barbershop yang bukan tempat cukur rambut biasa.

  • Melayani beragam model potongan rambut

Selain dari tempatnya yang berbeda, dari segi potongan rambut juga sedikit berbeda. Untuk di tempat cukur tradisional biasanya dilakukan dengan cepat tanpa harus keramas. Namun di barbershop, pelanggan bisa keramas dulu untuk kemudian cukur rambut. Tukang cukur di barbershop juga memiliki kemampuan yang lebih baik. Layanan untuk potong rambut mungkin tidak berbeda, tetapi di barbershop pelanggan bisa mendapatkan model potongan baru yang kekinian dan trendi. Biasanya tukang cukur di barbershop memiliki lebih banyak referensi untuk pelanggan memilih sendiri potongan rambutnya seperti apa. Bagi masyarakat yang ingin penampilan baru, mungkin dengan gaya Mohawk atau model rambut lainnya bisa memilih potong rambut di barbershop.

  • Fasilitas shaving untuk kumis dan jenggot

Fasilitas utama yang ditawarkan barbershop selain potong rambut adalah cukur atau shaving untuk kumis dan jenggot. Fasilitas yang memang dibutuhkan oleh kaum pria untuk tampil lebih rapi dan stylish. Bagi pria yang ingin rambut kumisnya lebih tertata dapat meminta jasa dari tukang cukur yang ada di barbershop. Umumnya tukang cukur di sana sudah paham bagaimana merapikan kumis, jenggot, atau brewok agar sesuai dengan bentuk wajah. Jadi para pria bisa mengandalkan tempat ini untuk penampilan yang lebih baik.

  • Fasilitas semir rambut beruban

Layanan lain yang bisa ditemui di barbershop adalah cat atau semir rambut. Pewarnaan untuk rambut agar terlihat lebih bagus. Berbeda dengan salon, di barbershop biasanya fasilitas semir ini hanya untuk mereka yang bermasalah dengan uban. Jadi warna yang disediakan kebanyakan adalah warna-warna gelap seperti hitam dan yang paling terang adalah coklat. Namun untuk masalah rambut lain seperti rambut botak mungkin tidak bisa ditangani di barbershop. Apabila rambut tipis atau sedikit, kini bisa menggunakan caboki penumbuh rambut untuk solusinya. Produk yang aman dibuat dari bahan alami untuk mereka yang ingin tampilan rambut lebih baik. Mengandung serat pengganti rambut yang akan menutup dan membuat rambut terlihat lebih lebat. Cocok bagi yang memiliki masalah dengan kebotakan dan menginginkan solusi yang efektif serta cepat.

  • Fasilitas pijat

Fasilitas lain yang mungkin hanya ditemui di barbershop Indonesia adalah pijat. Ada creambath untuk pelanggan yang membutuhkan relaksasi di bagian kepala. Tukang cukur di barbershop memang dituntut untuk memiliki jiwa melayani, tidak sebatas memotong rambut saja. Selain memantaskan model rambut pelanggan, tukang cukur di sana pun siap memberikan fasilitas pijat setelah potong rambut. Fasilitas semacam ini lebih ke arah budaya karena memang pijat sudah melekat di masyarakat tanah air. Semua fasilitas yang diberikan di barbershop juga dibarengi dengan kemampuan para tukang cukur untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Semua fasilitas inilah yang menjadi salah satu alasan banyak orang khususnya pria lebih memilih datang ke barbershop.

  1. Salon

Untuk tempat yang satu ini adalah yang paling banyak didatangi, terutama oleh kaum wanita. Berbagai layanan potong dan perawatan rambut berikut disediakan di salon.

  • Fasilitas haircut

Salon untuk perawatan rambut pastinya menyediakan layanan untuk potong rambut. Ada banyak pilihan model potongan, baik untuk pria maupun wanita. Apalagi untuk salon-salon yang besar, biasanya mereka memiliki tukang cukur profesional yang mampu membuat tampilan baru dengan model potongan rambut yang diinginkan pelanggan. Namun jika bingung untuk menjelaskan bagaimana model yang dimaksud, sebaiknya tunjukan dengan foto. Cara tersebut lebih mudah untuk petugas salon memotong rambut dan mendapatkan model yang sesuai. Tidak jarang juga, petugas salon akan memberikan saran kepada pelanggan mengenai model potongan rambut karena mereka memang sudah banyak pengalaman.

  • Fasilitas hair trimming

Hair trimming berbeda dengan fasilitas haircut. Untuk haircut merupakan layanan potong rambut dengan berbagai model atau gaya. Sedangkan untuk hair trimming merupakan layanan yang hanya memotong di bagian ujung rambut saja. Fasilitas hair trimming ini banyak dilakukan untuk mereka yang tidak ingin rambutnya pendek namun bermasalah dengan rambut bercabang. Istilah hair trimming sudah dikenal luas bagi mereka yang suka datang ke salon.

www.pexels.com
  • Fasilitas hair mask

Salon juga menyediakan fasilitas perawatan rambut yang disebut hair mask. Jenis perawatan ini dikhususkan pada bagian batang rambut. Proses hair mask tidak terlalu banyak. Menggunakan masker rambut yang biasanya mengandung protein, keratin, dan moisturizer. Pada prosesnya, masker akan dioleskan ke seluruh rambut. Bisa juga dengan menambahkan sedikit pijatan di kulit kepala, tetapi  dilakukan hanya sebentar saja. Tahap terakhir adalah membilas rambut hingga bersih dan mengeringkannya. Jika sekalian potong rambut, biasanya hair mask dilakukan setelah cukur selesai.

  • Fasilitas creambath

Layanan di salon rambut yang sering dicari adalah creambath. Menggunakan cream pijat yang dibuat secara khusus untuk rambut. Berbeda dengan hair mask yang fokus di batang rambut, perawatan creambath lebih intens untuk pijat atau bagian kulit kepala. Pemijatan dilakukan dalam beberapa menit dan biasanya rambut akan dibiarkan terlebih dulu sebelum dibilas dengan air. Banyak pelanggan salon yang senang menggunakan layanan relaksasi ini. Tidak hanya membuat rambut bersih, tetapi pijatan yang dilakukan juga memberi efek tenang dan bagus untuk kesehatan kulit kepala.

  • Fasilitas rebonding

Sempat tren di masyarakat, rebonding atau pelurusan rambut dilakukan untuk memberikan tampilan baru terutama mereka yang aslinya berambut ikal. Banyak salon potong rambut yang menyediakan fasilitas rebonding ini. Pelurusan rambut biasanya menggunakan obat tertentu dengan teknik catok. Hasilnya memang lebih lurus dibandingkan yang hanya catok. Harganya juga termasuk terjangkau sehingga banyak masyarakat yang melakukan rebonding. Namun perlu diingat bahwa proses ini harus dilakukan dengan hati-hati karena menggunakan obat dan catokan yang panas. Jika prosesnya tidak benar, bisa saja rebonding akan merusak rambut.

  • Fasilitas smoothing

Salon perawatan rambut juga menghadirkan fasilitas smoothing. Proses untuk rambut lurus yang biasanya menghasilkan rambut lebih lembut dibandingkan yang hanya rebonding. Hasil dari smoothing biasanya akan terlihat sedikit mengembang di awal setelah smoothing selesai.

  • Fasilitas hair coloring

Pewarnaan rambut merupakan perawatan yang sudah tidak asing lagi. Banyak masyarakat menggunakan fasilitas hair coloring yang ditawarkan salon. Ada banyak warna yang bisa dipilih pelanggan. Namun untuk masalah uban, biasanya menggunakan warna hitam dan dilakukan secara permanen. Beberapa pewarna rambut yang digunakan juga mengandung omnia. Kandungan tersebut yang membuat proses pewarnaan ini bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  • Fasilitas hair manicure

Perawatan rambut yang ditawarkan salon untuk memasukan pigmen warna baru pada rambut. Pewarna rambut yang digunakan biasanya bersifat sementara dan bertahan hingga batas tertentu. Hair manicure bisa tidak baik untuk kesehatan rambut, jika menggunakan bahan-bahan  dengan kandungan zat kimia yang tinggi.

  • Fasilitas hair toning

Fasilitas toning merupakan fasilitas salon untuk pewarnaan rambut. Umumnya bahan yang digunakan untuk krim toning tidak mengandung omia dan tidak memiliki bau menyengat. Toning juga dikenal sebagai krim perawat rambut yang tidak berbahaya. Hasil dari proses toning ini adalah warna rambut yang mengkilat. Kebanyakan salon akan memberikan toning setelah coloring. Pewarnaan rambut dari hair toning tersebut tidak bersifat permanen, jadi akan hilang atau luntur dari waktu ke waktu.

  • Fasilitas bleaching

Bleaching atau pemutihan adalah salah satu layanan yang sering dijumpai di salon perawatan rambut. Bleaching biasanya dilakukan untuk pelanggan yang akan melakukan pewarnaan atau semir rambut. Proses bleaching dapat memakan waktu hingga beberapa menit atau beberapa jam. Menggunakan bahan tertentu yang akan mengeluarkan warna atau pigmen asli rambut. Bleaching bertujuan untuk memaksimalkan hasil dari semir rambut. Hal tersebut dilakukan karena kebanyakan adalah rambut hitam atau gelap yang akan sulit untuk dimasukan dengan warna-warna yang sangat cerah sekalipun. Supaya warna atau semir dapat terlihat lebih bagus, digunakanlah bleaching terlebih dahulu. Setelah rambut selesai dengan proses bleaching, maka selanjutnya bisa ke tahap pewarnaan.

www.pexels.com
  • Fasilitas hair spa

Spa untuk rambut dilakukan dengan teknik yang hampir sama seperti creambath. Namun untuk hair spa menghasilkan hasil yang lebih bagus. Krim yang digunakan untuk hair spa biasanya memiliki kandungan moisturizer yang lebih banyak. Setelah diberi krim dan pijatan, rambut kemudian masuk ke proses dengan steamer. Steamer yang digunakan untuk spa umumnya lebih modern dan bagus dari steamer untuk creambath. Fasilitas salon ini bisa dimanfaatkan bagi yang memiliki masalah rambut seperti rambut rusak, kering, dan pecah-pecah.

  • Fasilitas blow

Fasilitas blow biasanya dicari bagi mereka yang ingin menghadiri acara penting. Seperti perpisahan, pertemuan, pesta, dan acara formal lainnya. Salon perawatan rambut dengan peralatan seperti hairdryer dapat memberikan fasilitas tersebut. Blow merupakan cara atau perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan rambut yang mengembang atau bervolume. Layanan styling rambut ini akan membuat rambut terlihat lebih tertata dan rapi. Fasilitas blow ini biasanya dilakukan dengan bantuan sisir dan jari untuk membentuk blow yang masuk kedalam maupun blow out dengan bentukan keluar.

  • Fasilitas perming

Salon tidak hanya menawarkan layanan potong rambut saja. Kini beberapa salon suda memiliki layanan lain seperti perming. Perm atau perming adalah jenis perawatan rambut untuk mendapatkan rambut yang bergelombang atau keriting secara permanen. Ada yang perm biasa dan digital perm. Untuk digital perm akan menggunakan peralatan lebih canggih dengan mesin hot perm. Hasilnya adalah rambut ikal atau keriting, tetapi yang lebih renggang bukan ikal yang besar-besar.

Itulah beberapa tempat untuk pangkas rambut yang bisa ditemukan dengan beragam fasilitas lain. Tempat, perawatan rambut, dan pelayanan yang diberikan tentu bisa berbeda untuk salon, barbershop, dan tempat cukur tradisional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *