Umum

Memilih Bibit Buah Naga Yang Berkualitas

bibit buah naga

 

Buah naga memilki banyak manfaat untuk manusia. Tidak heran jika buah yang satu ini dicari oleh banyak orang. Namun hanya buah naga dengan kualitas baik yang akan dicari oleh banyak orang. Jika kualitas buah naga buruk, maka buah naga tersebut bisa tidak laku di pasaran. Kualitas buah naga yang buruk bisa disebabkan oleh bibit buah naga yang buruk. Sehingga jika ingin buah naga dengan kualitas yang baik, berikut tips untuk memilih bibit dari buah naga yang berkualitas.

  1. Pertama, anda bisa melihat bagian dari batang buah naga. Bibit dari buah naga yang berkualitas memiliki batang yang kokoh dan bebas hama. Batang buah naga akan terlihat mulus dan tidak ada luka bekas serangan hama.
  2. Kedua, bibit dari buah naga yang berkualitas memiliki batang berwarna hijau tua dengan ujung yang lancip dan utuh.

Itulah cara untuk memilih bibit dari buah naga yang berkualitas. Perlu ketelitian dan juga pengetahuan agar bisa mendapatkan bibit dari buah naga yang unggul dan berkualitas.

Dua Cara Pembibitan Buah Naga

Jika anda ingin menanam atau berkebun buah naga, maka anda harus mengetahui cara pembibitan dari buah naga. Berikut adalah dua cara pembibitan buah naga.

  1. Stek tunas

Cara pembibitan buah naga dengan stek tunas sangat umum dilakukan oleh para petani. Cara ini juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

  1. Biji

Cara kedua pembibitan buah naga adalah dengan biji. Cara yang satu ini sulit, sehingga hanya ahlinya saja yang dapat melakukannya. Pembibitan dengan biji ini dilakukan dengan mengambil biji dari buah naga yang sudah matang.

Menanam Buah Naga Dalam Polybag

Jika anda ingin menanam buah naga namun terkendala lahan yang sempit, maka anda bisa menanam buah naga dengan polybag. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Memilih bibit yang berkualitas.
  2. Memilih pot, misalnya pot plastik, keramik atau tanah liat.
  3. Membuat tiang panjat.
  4. Membuat media tanam.
  5. Memindahkan biji ke dalam pot.

Bagaimana? Mudah dan tentunya tidak memerlukan banyak lahan. Ketika sudah panen, anda bisa langsung menikmati buah naga yang anda tanam sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *