pendidikan

Tips Membuat Daftar Riwayat Hidup Bagi Yang Belum Pernah Bekerja

Daftar riwayat hidup sering disebut sebagai cv atau (curriculum vitae) yang sangat berguna sebagai syarat administrasi pelamar kerja. Daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja sangat penting untuk diketahui agar saat dibutuhkan, anda sudah bisa membuatnya. Secara umum, daftar riwayat hidup sering digunakan oleh perusahaan sebagai syarat pelamar kerja.

Ada banyak contoh cv atau daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja yang akan dijadikan sebagai referensi. Contoh tersebuat sangat berharga bagi yang membutuhkan. Berbagai macam jenis daftar riwayat hidup dengan format dan isi yang berbeda-beda. Secara umum, tujuan dibuatnya daftar riwayat hidup yaitu untuk mengenali dan mengetahui beberapa hal penting terkait pelamar kerja. Hal ini dilakukan agar daftar riwayat hidup tersebut bisa dianalisis lebih lanjut oleh pihak yang menanganinya.

Contoh Lengkap Daftar Riwayat Hidup

Contoh daftar riwayat hidup terbagi menjadi banyak jenis dengan format dan isi yang berbeda. Semua hal seputar daftar riwayat hidup akan dibahas pada penjelasan ini secara lengkap. Hal ini akan membuat anda lebih mudah dalam membuat daftar riwayat hidup secara benar. Baca dan simak penjelasan berikut ini untuk mengerti lebih jelas keseluruhan informasinya :

  1. Pengertian curriculum vitae

Salah satu komponen yang dibutuhkan dalam syarat lamaran kerja adalah curriculum vitae. Curriculum vitae atau bisa disingkat dengan cv merupakan suatu data pribadi pelamar kerja mulai dari nama hingga riwayat pendidikan dicantumkan secara detail. Cv juga dikenal sebagai daftar riwayat hidup karena berisikan tentang catatan riwayat hidup yang pernah dialami oleh pembuat cv. Terdapat beberapa jenis daftar riwayat hidup yang sering digunakan oleh masyarakat. Secara garis besar, daftar riwayat hidup dibuat secara singkat untuk menjelaskan data diri seseorang agar pembaca lebih jelas dan lebih paham.

  1. Format daftar riwayat hidup

Cv atau daftar riwayat hidup menggunakan berbagai macam format yang berbeda antar satu dengan yang lainnya. Meskipun terdapat beberapa perbedaan, namun semua daftar riwayat hidup memuat hal-hal penting atau hal dasar yang dimiliki oleh pembuat cv. Format umum yang digunakan mulai dari nama, alamat, pekerjaan, hobby, nomor pribadi, riwayat sekolah, riwayat penting dalam hidup, riwayat penghargaan dan masih banyak riwayat lain yang bisa dituangkan dalam cv. Riwayat hidup yang ditulis harus menggunakan format yang diminta oleh perusahaan.

pxhere.com
  1. Data diri atau identitas pribadi

Dalam pembuatan daftar riwayat hidup, terdapat beberapa ulasan yang dibahas di dalamnya termasuk identitas diri. Identitas diri dapat ditulis berdasarkan data yang ada seperti nama, tempat tanggal lahir, alamat, jenis kelamin, agama, kewarganegaraan, umur, hobby, dan beberapa data pribadi lainnya. Identitas yang dicantumkan dalam curriculum vitae harus sesuai dengan identitas asli pemilik yang bisa dibuktikan menggunakan ktp maupun kartu lainnya.

  1. Riwayat pendidikan formal

Riwayat pendidikan formal merupakan hal penting yang harus ada dalam daftar ruwayat hidup. Karena dengan riwayat pendidikan, pembaca atau pihak penyeleksi akan mengetahui latar belakang pendidikan anda hingga sampai status pendidikan terakhir. Data ini sangat penting untuk menunjukkan siapa anda dan dari mana asal sekolahnya. Data ini dapat dibuktikan dengan keaslian ijazah yang diperoleh dari masing-masing tempat anda sekolah.

  1. Riwayat penghargaan

Riwayat penghargaan merupakan point plus untuk membuat daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja. Jika mempunyai penghargaan yang bergengsi pada masa sekolah baik waktu sd, smp, sma atau perguruan tinggi, anda bisa mencantumkan pada curriculum vitae untuk menambah nilai plus dalam tahap seleksi. Riwayat penghargaan yang ditulis harus berdasarkan pengalaman yang sesungguhnya dan bisa dibuktikan menggunakan piagam atau yang lainnya. Karena semua data yang ada di cv harus relevan dengan kehidupan anda sebenarnya.

  1. Bidang keahlian

Mempunyai suatu keahlian dibidang tertentu merupakan keuntungan bagi pelamar kerja yang bisa dituliskan pada cv. Keahlia bidang yang bisa dituliskan mulai dari keahlian berbahasa inggris atau bahasa asing lain, keahlian di bidang komputer seperti microsoft office, corel draw, photoshop, dan lain-lain. Segala bidang yang anda kuasai dengan baik dan berhubungan dengan pekerjaan, bisa ditulis secara detai untuk menambahkan data diri anda.

  1. Data pengalaman organisasi

Organinsasi disuatu tempat terutama sekolahan sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang. Umumnya, seseorang yang mempunyai pengalaman organisasi lebih mudah untuk berbaur dengan rekan kerja, mempunyai jiwa kepemimpinan, dan beberapa kelebihan lain yang dibutuhkan dalam dunia pekerjaan. Oleh sebab itu, riwayat organisasi sangat penting untuk dituangkan dalam curriculum vitae. Hal ini dilakukan untuk menambah data dan riwayat hidup anda.

  1. Data real

Data yang anda masukkan dalam cv haruslah data diri anda sendiri dan sesuai dengan kenyataan. Karena apabila data yang dicantumkan tidak sesuai, maka hal tersebut akan mempengaruhi karier anda untuk kedepannya. Data diri juga harus bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya, baik di hadapan hukum maupun pihak perusahaan. Kebenaran data juga sangat mempengaruhi diterima atau tidaknya anda untuk tahap seleksi berikutnya.

  1. Penulisan yang rapi

Dalam pembuatan daftar riwayat hidup, kerapian merupakan point penting yang menjadi nilai plus untuk anda. Dengan penulisan yang rapi, curriculum vitae milik anda akan lebih mudah untuk dibaca dan dimengerti oleh tim penyeleksi. Cara penulisan yang rapi juga bisa digunakan sebagai penilaian kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, kerapihan dianggap cukup penting untuk diperhatikan oleh calon pelamar kerja.

  1. Hindari typo

Seringkali dalam sebuah penulisan terdapat typo di dalamnya. Typo ini sangat mengganggu dan bisa salah arti jika terlalu parah. Oleh sebab itu, sebisa mungkin hindari typo jika hendap membuat daftar riwayat hidup. Sebelum anda mengirimkan file atau mengeprint cv, alangkah lebih baik jika diperiksa terlebih dahulu. Jangan sampai terdapat typo meskipun satu huruf, karena ini sangat berpengaruh.

  1. Daftar riwayat hidup dalam bentuk word

Bentuk daftar riwayat hidup yang digunakan oleh calon pelamar kerja umumnya tergantung pada permintaan masing-masing perusahaan. Yang paling banyak digunakan saat ini yaitu berupa print out word. Cara ini dianggap lebih mudah dan lebih rapi jika digunakan. Perhatikan persyaratan yang diminta oleh perusahaan agar tidak keliru membuat daftar riwayat hidup.

  1. Bentuk daftar riwayat hidup tertulis

Membuat daftar riwayat hidup dengan cara menulis langsung juga merupakan salah satu pilihan yang bisa anda gunakan, terlebih jika sudah ditentukan dari pihak perusahaan. Jika tulisan anda tergolong rapi, tidak mengapa jika menuliskan daftar riwayat hidup menggunaka tulisan tangan langsung. Namun jika sekiranya tulisan anda kurang rapi dan sulit dibaca, sebaiknya gunakan format microsoft word kemudian di print. Pilihlah bentuk penulisan secara benar dan disesuaikan dengan syarat yang diminta oleh perusahaan karena sangat mempengaruhi peluang anda diterima kerjanya.

pxhere.com
  1. Pengiriman melalui paket atau kurier

Beberapa persyaratan yang diminta oleh perusahaan untuk melamar pekerjaan, biasanya bisa dikirim melalui paket. Paket tersebut bisa menggunakan kurier seperti melaluui kantor post dan sejenisnya. Lengkapi persyaratan yang diminta perusahaan dan cek kembali sebelum anda melakukan pengiriman. Pastikan juga alamat perusahaan yang dituju agar tidak salah alamat.

  1. Pengantaran secara langsung

Selain menggunakan jasa pengantaran, ada beberapa perusahaan yang mengharuskan calon pelamar untuk mengantarkan berkas secara langsung. Jika calon perusahaan anda meminta untuk diantarkan berkas lamaran kerja secara langsung, maka ikuti prosedurnya secara benar. Karena bisa jadi hal tersebut merupakan point penilaian yang bisa anda dapatkan.

  1. Pengiriman secara online

Pengiriman daftar riwayat hidup dan berkas lamaran kerja beberapa perusahaan bisa dikirim secara online. Cara ini akan lebih mudah digunakan dan diakses oleh pelamar kerja diwilayah manapun. Cara pengiriman secara online akan memudahkan kedua belah pihak dan akan lebih meringkas waktu. Kesempatan perusahaan untuk mendapatkan calon karyawan terbaik dan berkualitas akan lebih mudah karena bisa dijangkau oleh siapa saja.

  1. Tips membuat cv secara benar

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan secara detail dalam membuat daftar riwayat hidup. Beberapa tips untuk menghasilkan cv yang benar diantaranya gunakan format yang sesuai, buat tulisan di dalam cv dengan rapi, cantumkan hal-hal penting ke dalam cv, tuliskan data secara jujur, padat dan jelas. Kebenaran cv akan dipertanyakan oleh pihak perusahaan dan calon pelamar juga harus bertanggung jawab dengan riwayat hidup yang ditulisnya. Jika tips tersebut dilakukan secara runtut dan benar, maka proses pembuatan akan semakin mudah.

  1. Contoh sederhana curriculum vitae

Contoh daftar riwayat hidup yang sederhana dan bisa digunakan sebagai rujukan anda dalam proses pembuatan memuat hal-hal berikutini :

Curriculum vitae

 

Nama lengkap             : indra raga laksana

Alamat                                                : jalan ahmad jaelani no. 26 lampung timur

Tempat dan tanggal lahir       : lampung timur, 1 april 1992

Nomor hp                                : 081435466879

Hobby                                      : olahraga dan musik

Cita-cita                                  : pengusaha

Jenis kelamin                          : pria

Kewarganegaraan                  : indonesia

Agama                                     : islam

Email                                       : [email protected]

Status                                      : belum menikah dan belum bekerja

Keahlian                                  : penguasaan bahasa inggris dan microsoft office

Kelebihan                                : tekun, ulet, disiplin dan sabar

Riwayat pendidikan

Sekolah dasar                          :  sd negeri 1 lmpung timur

Sekolah menengah pertama  : smp negeri 1 lampung timur

Sekolah menengah atas          : sma negeri 1 lampung timur

Riwayat penghargaan

Sekolah dasar                          : juara 1 lomba cerdas cermat se kecamatan

Sekolah menengah pertama  : juara 1 olimpiade ips se kabupaten

Sekolah menengha atas          : juara 1 olimpiade ekonomi se indonesia

  1. Contoh cv untuk frash graduate

Bagi anda yang barus saja lulus mendapatkan gelar sarjana maupun diploma, ada salah satu contoh pembuatan curriculum vitae yang sangat mudah. Jika anda merasa bingung bagaimana membuat curriculum vitae, maka perhatikan secara detail cara penulisannya seperti data berikut ini :

Curriculum vitae (cv)

Data pribadi

Nama lengkap                         : kim hanbin catur purnomo

Tempat dan tangga lahir        : seoul, 22 desember 1996

Nomor handphone                  : 083627195784

Alamat lengkap                       : jalan senopati nomor 9. Jakarta pusat

Hobby                                      : dansing, travelling dan fotografer

Jenis kelamin                          : laki-laki

Agama                                     : kristen

Riwayat pendidikan formal

Taman kanak-kanak                : tk n    egeri 1 jakarta pusat

Sekolah dasar                          :  sd negeri 1 jakarta pusat

Sekolah menengah pertama  : smp negeri 1 jakarta pusat

Sekolah menengah atas          : sma negeri 1 jakarta pusat

Universitas                              : yonsei university seoul korea

Riwayat keahlian

Bahasa korea

Bahasa indonesia

Bahasa inggris

Bahasa jepang

Komputer

Olahraga

  1. Desain curriculum vitae

Semakin bagus desain yang digunakan untuk membuat curriculum vitae, maka semakin menarik untuk dibaca. Selain itu, kreatifitas desain yang unik juga menjadi salah satu faktor penilaian yang dilakukan oleh tim penyeleksi. Jenis desain yang digunakan cukup banyak dengan berbagai model desain yang cerah dan berwarna. Jika desain yang anda gunakan berbeda dengan pelamar kerja lain, dan terbilang unik maka kesempatan anda untuk lolos seleksi berkas juga terbuka lebar.

  1. Foto dalam curriculum vitae

Penggunaan foto dalam daftar riwayat hidup memang tidak diwajibkan, namun tidak ada salahnya jika anda memasukkannya ke dalam data. Dengan adanya foto, tim penyeleksi akan semakin mudah mengenal anda. Foto yang tertera dalam daftar riwayat hidup bisa dijadikan suatu pembuktian bahwa orang yang melamar kerja benar-benar anda sendiri dengan identitas data yang bisa dipertanggungjawabkan.

  1. Jenis curriculum vitae bahasa indonesia

Beberapa perusahaan bisanya membuat persyaratan pelamar kerja dengan berbagai macam kriteria, salah satu berkas yang harus dikumpulkan adalah curriculum vitae. Penggunaan curriculum vitae untuk perusahaan biasa yang ada di dalam negeri umumnya menggunakan tulisan bahasa indonesia dengan format yang runtut dan benar. Penggunaan bahasanya juga harus baku dan sesuai data diri anda.

  1. Curriculum vitae menggunakan bahasa inggris

Ada perusahaan yang membuat persyaratan cv menggunakan bahasa indonesia, namun tak jarang juga perusahaan yang mengharuskan menggunakan bahasa inggris. Beberapa perusahaan tersebut seperti perusahaan internasional, perusahaan semi internasiona, anak perusahaan nasional mapun perusahaan dalam negeri yang bekerjasama dengan pihak luar. Oleh sebab itu, sebaiknya anda membuat curriculum vitae sesuai dengan persyaratan yang diminta oleh perusahaan yang anda kehendaki.

  1. Gambar atau icon

Penggunaan gambar atau icon yang bisa menjelaskan data pribadi dalam kurikulum vitae sangat membantu anda agar cv lebih menarik. Dengan cara ini, maka kelompok penyeleksi tidak bosan melihat cv anda karena dianggap menarik perhatian. Desain gambar atau icon bisa diletakkan sesuai kondisi yang anda inginkan. Penggunaan icon atau gambar juga harus selaras dan berhubungan dengan data diri pada cv.

  1. Curriculum vitae yang kreatif

Bentuk curriculum vitae atau daftar riwayat hidup kini banyak dibuat dengan cara yang kreatif. Modelnya bisa diubah agar tulisan tidak terkesan membosankan. Penggunaan warna dan desain yang cerah juga mempengaruhi minat pembaca agar melihat cv yang anda buat. Ada banyak cv kreatif yang bisa dijadikan referensi untuk dikembangkan agar daftar riwayat hidup anda lebih kreatif dari yang lain.

  1. Aplikasi pembuat curriculum vitae

Untuk menghasilkan daftar riwayat hidup yang menarik dan unik, maka anda harus menggunakan beberapa jenis aplikasi pendukung. Aplikasi tersebut bisa berupa microsoft word, corel draw, photoshop, dan beberapa aplikasi lain yang bisa digunakan untuk mengedit dan mendesain curriculum vitae.

Informasi seputar daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja telah dibahas secara lengkap dan gamplang pada uraian di atas. Jika anda ingin mengetahui informasi lain yang terkait, langsung saja kunjungi web untuknegeri.net sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *