fauna

Makanan Kura-Kura Berdasarkan Jenisnya

Pada dasarnya kura-kura memiliki jenis makanan yang sangat beragam. Namun sayangnya banyak para masyarakat yang belum mengetahui bagaimana cara memelihara kura-kura termasuk perihal pemberian makanan kura-kura berdasarkan jenisnya. Memberikan makanan pada kura-kura akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kura-kura. Oleh sebab itu Anda diharuskan untuk memperhatikan asupan nutrisinya supaya terpenuhi dengan baik.

Makanan Untuk Kura-Kura Berdasarkan Jenisnya

Untuk mengetahui apa saja makanan untuk kura-kura, maka Anda bisa mengetahuinya berdasarkan jenis kura-kura itu sendiri yaitu seperti berikut:

  1. Kura-kura Brazil

Jenis kura-kura peliharaan yang saat ini sedang populer yaitu kura-kura Brazil yang mana selain menawarkan parasnya yang sangat menawan, ternyata harga kura-kura Brazil juga sangatlah terjangkau. Hal ini menjadikan berbagai kalangan tertarik untuk memelihara kura-kura omnivora ini. Untuk makanan jenis kura-kura Brazil yang bisa diberikan yaitu seperti sawi putih, pelet, pisang, wortel, serangga, pepaya, ikan, cacing, tulang sotong, daging ayam dan yang lainnya.

unsplash.com
  1. Kura-kura Sulcata

Kura-kura Sulcata merupakan jenis herbivora atau pemakan tumbuhan. Jenis kura-kura ini berasal dari daratan gersang yang ada di Afrika. Sementara hewan ini tidak terlalu membutuhkan air yang terlalu banyak. Makanan yang disukai kura-kura Sulcata yaitu berbagai jenis sayuran yang mengandung air tidak berlebihan namun kaya dengan serat. Anda bisa memberikan makan berupa kaktus centong, selada air, wortel, bunga sepatu, buncis, sawi hijau, semanggi, siomak dan kangkung.

  1. Kura kura Aldabra

Jenis kura-kura raksasa ini masuk sebagai hewan herbivora yang lebih menyukai sayuran. Bagian mulutnya memiliki gigi yang sangat terlihat lahap ketika mengkonsumsi sayur segar. Selain sayuran Anda juga bisa memberikan makanan lain seperti bunga sepatu, semanggi, kaktus centong, siomak, fumak, wortel, kailan dan kangkung.

  1. Kura-kura Aligator

Kura-kura box turtle ini merupakan hewan jenis karnivora yang banyak dipelihara pada kalangan hobbyist. Hewan ini memiliki keunikan ketika sedang makan yaitu hewan Aligator ini tidak memperlihatkan sikap agresifnya dalam memangsa meskipun termasuk sebagai hewan predator. Makanan kesukaan hewan aligator ini yaitu ikan, cacing, udang, jangkrik, ulat hongkong, pelet, kodok, kecoa Dubai, anak tikus putih tanpa bulu.

  1. Kura-kura Common Snapping Turtle

Sama seperti jenis kura-kura aligator yang ada di atas bahwa jenis hewan ini sebagai kelompok kura-kura karnivora yang memiliki sifat agresif ketika berburu mangsa. Bahkan cengkraman mulutnya sangat terlihat mengerikan ketika sedang mengejar mangsanya. Makanan yang bisa Anda berikan untuk kura-kura jenis ini yaitu seperti pelet, pinkies, kodok, cacing, kecoa dubia, ulat hongkong, jangkrik, udang dan ikan segar.

unsplash.com

Cara Agar Kura-Kura Sehat dan Gemuk

Jika kebutuhan makanan dan nutrisi hewan 2 alam ini terpenuhi dengan baik, tentu tidak hanya memiliki tubuh yang sehat saja, namun tubuh yang gemuk pun bisa Anda lihat. Akan tetapi untuk membuat tubuh kura-kura gemuk dan sehat tentunya membutuhkan perawatan yang harus diperhatikan oleh pemiliknya misalnya seperti berikut:

  1. Menjemur dibawah terik matahari

Langkah pertama ini memiliki tujuan supaya kura-kura lebih hangat dan menguatkan bagian cangkangnya, untuk penjemuran kura-kura bisa dilakukan setiap hari atau 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Untuk waktunya bisa Anda jemur selama ¼ sampai ½ jam. Sebaiknya Anda lakukan ini kisaran jam 7 hingga jam 10.

  1. Sediakan sumber air

Kura-kura memang mampu bertahan hidup di 2 alam yaitu di darat maupun di air. Sementara Anda sebagai pemilik hewan yang memiliki cangkang ini harus mengetahui apakah kura-kura yang Anda pelihara jenis kura-kura darat atau kura-kura air. Hal ini mengingat bahwa ada beberapa kura-kura yang lebih suka hidup di air namun ada juga yang lebih suka hidup di darat.

  1. Sediakan tempat beristirahat dan bermain

Jangan memenuhi tempat kura-kura dengan air karena Anda juga harus menyediakan tempat untuk beristirahat dan bermain. Misalnya seperti daerah berpasir atau kering di dalam kandang. Selain itu Anda juga bisa menambahkan kayu atau batu yang berukuran lebih besar supaya tidak terendam dalam air, tujuannya supaya kura-kura dapat bermain di atas kayu atau batu.

unsplash.com
  1. Beri makan tepat waktu dan teratur

Jika Anda ingin kura-kura Anda memiliki tubuh yang gemuk, maka Anda harus memperhatikan dari segi makanan kura-kura, yaitu dengan memberikan makan tepat waktu dan secara teratur. Untuk pemberian makan bisa disesuaikan dengan kebutuhannya karena beberapa jenis kura-kura memiliki kebutuhan makanan yang berbeda yaitu antara satu hingga beberapa hari sekali saja.

  1. Berikan makanan yang disukai

Seperti yang dijelaskan pada ulasan di atas bahwa untuk makanan kesukaan kura-kura harus disesuaikan pada jenisnya. Apabila kura-kura menyukai makanan yang Anda berikan tentu akan makan dengan lahap. Jika demikian maka berat badan kura-kura tentunya juga akan bertambah.

  1. Jangan terlalu sering memberikan makanan sayur

Meskipun kura-kura jenis herbivora cenderung lebih menyukai sayur, namun sebaiknya jangan terlalu memberikan makanan berupa sayur. Hal ini disebabkan sayuran kurang baik apabila dikonsumsi kura-kura sebab dapat mengganggu kesehatan pencernaannya.

Sama halnya dengan manusia bahwa kura-kura juga seringkali merasa bosan apabila memakan makanan yang sama setiap harinya. Hal ini seringkali di buktikan dari kura-kura yang mogok makan. Jika makanan yang diinginkan kura-kura sudah didapatkan maka hewan yang unik ini akan mulai menunjukkan nafsu makannya seperti pada biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *