design

Konsep rumah Islami untuk rumah yang lebih nyaman

Berbicara tentang konsep pasti akan sangat jauh maknanya jika dibandingkan dengan desain, hal ini juga bisa diterapkan persis pada sebuah bangunan yang bernama rumah. Hunian yang selalu menjadi tempat berkumpulknya anggota keluarga ini memang selalu menarik untuk dibahas, apalagi jika dikaitkan dengan kegiatan peribadatan di dalamnya yang pasti akan sangat mencerminkan kehidupan setiap penghuni di sana.

Konsep Rumah Islami dan pengaplikasiannya dalam dunia nyata

Sedangkan jika diterapkan dalam sebuah rumah maka Konsep rumah islami ini bukanlah semata – mata mengacu pada desain atau bentuk bangunannya saja melainkan lebih kepada bagaimana ruh dalam rumah tersebut mampu untuk membawa setiap anggota keluarga di dalam rumah menjadi lebih religious dan juga lebih nyaman lagi nantinya.

Jadi tidak melulu membahas mengenai ornament atau bahkan bentuk rumahnya saja akan tetapi lebih kepada nuansa yang dimunculkan dari rumah tersebut. Dengan rumah yang memiliki konsep islami yang kental maka bisa dipastikan sang ahlul bayt atau pengguna rumah tersebut akan memiliki cerminan hati dan perilaku sesungguhnya umat nabi Muhammad SAW, hal ini sebenarnya sudah cukup sering dibahas dalam berbagai kajian islami terutama untuk rumah sebagai tempat ibadah.

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa dalam konsep rumah islami ini memegang peranan yang sangat penting karena dapat berpengaruh terhadap ahlul bayt atau pemilik dan penghuni rumahnya maka sudah pasti akan ada beberapa hal yang tak bisa dihindari atau menjadi acuan untuk membentuk sebuah rumah dengan konsep islami yang jelas jika anda menggunakan jasa desain rumah, nah berikut ini adalah beberapa hal tersebut yang wajib anda ketahui.

pxhere.com

Desain bangunan

Hal pertama yang langsung kita Bahas adalah mengenai desain dari bangunan itu sendiri, meski dalam hal ini tidak ada kaitannya secara langsung namun konsep rumah islami sendiri lebih menitikberatkan pada fungsi dan kesederhanaan dari rumah tersebut. Di sini anda tidak harus mendirikan sebuah rumah besar dengan halaman yang luas serta desain yang megah.

Beberapa desain rumah yang bisa anda pilih bisa menyesuaikan dengan luas dari tanah yang anda miliki. Anda bisa memaksimalkan semua itu untuk kebutuhan dalam rumah atau berusaha untuk menyeimbangkan dengan teras rumah atau taman. Semua ini sesuai dengan keinginan anda akan tetapi yang pasti sesuaikan dengan luas tanah yang anda miliki.

Tidak hanya luas tanah saja, anda harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna rumah itu sendiri atau dalam hal ini adalah anda beserta keluarga. Dua kamar mungkin cukup untuk keluarga kecil namun jangan lupa juga untuk menyertakan sebuah ruang khusus untuk tempat anda dan keluarga solat Berjamaah, tentu saja musola sederhana ini tidak harus dibuat menggunakan ornament atau hiasan penuh bertuliskan arab karena yang terpenting adalah aktivitas beribadah di dalamnya bukan?

pxhere.com

Kamar mandi

Islam telah mengajarkan segala hal dalam aspek kehidupan manusia yang sangat lengkap, termasuk soal kamar mandi. Nah untuk yang satu ini anda sebetulnya bisa bebas dalam menentukan bagaimana bentuk atau besarnya luas dari kamar mandi anda, akan tetapi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah pada letak kamar mandi tersebut karena ini akan lebih baik bila tidak terletak persis berdampingan dengan musola di rumah anda.

Selain itu juga untuk kloset yang digunakan hendaklah jenis kloset jongkok yang tentu saja tidak boleh menghadap ke kiblat. Sedangkan untuk sumber airnya sangat tidak disarankan jika anda menggunakan bak model bath up, sebab dalam islam sendiri untuk soal mandi atau membersihkan badan diwajibkan dengan air yang mengalir dan bukannya menggenang.

Pastikan juga untuk mendekorasi kamar mandi seperlunya saja. Kamar mandi yang baik akan memberikan anda nuansa yang nyaman dan juga minimalis dan tidak berlebihan. Hal ini akan memberikan kita kamar mandi yang benar benar fungsional dan juga aman. Untuk dekorasi sendiri kita bisa menempatkan rak kecil untuk menyimpan peralatan mandi dan juga gantungan untuk handuk dan pakaian kita.

pxhere.com

Hewan peliharaan

Khusus bagi anda yang memiliki hobi memelihara binatang tentu anda sudah paham betul hewan apa saja yang tergolong najis dan tak boleh ada di rumah, namun selain itu juga anda harus memperhatikan hakikat makhluk hidup yang saling berpasangan. Dalam hal ini anda tetap diperbolehkan untuk memelihara hewan kesayangan anda, namun selalu usahakan untuk memeliharanya secara berpasang – pasangan dan wajib juga untuk menyediakan tempat atau rumah untuk hewan anda tersebut.

Dan itu adalah beberapa jenis hal yang perlu anda ketahui mengenai konsep rumah islami yang nyaman dan juga fungsional. Ingat, rumah adalah tempat kita berlindung dan juga beristirahat, sehingga pastikan anda benar benar memikirkan pembangunannya dengan seksama. Dengan membuat konsep rumah islami serta memperhatikan beberapa faktor yang kami berikan di atas, kami yakin rumah yang anda miliki dan bangun nantinya benar benar bisa berguna untuk anda dan keluarga anda. Sebagai tempat berlindung dan juga beristirahat bersama keluarga anda serta membangun rumah tangga yang harmonis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *