Umum

Karakteristik dan Khasiat Pohon Serut yang Wajib Diketahui

 

Deskripsi

Anda sedang mencari pohon serut tetapi tidak mengetahui karakteristiknya? Tenang, simaklah ulasan karakteristik sekaligus khasiat dari serut berikut ini.

Artikel

Bagi Anda pengoleksi beragam tanaman hias tentu sudah tidak asing dengan yang namanya pohon serut. Serut atau secara ilmiah lebih dikenal dengan Streblus asper merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk menarik serta unik. Walaupun telah menarik banyak minat dari pecinta tanaman hias, namun tidak semua orang mengetahui karakteristiknya. Oleh karenanya dalam artikel ini akan dibahas beragam karakteristik mendetail dari serut beserta khasiat yang tidak banyak orang ketahui. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.

Karakteristik dan Khasiat Pohon Serut

Pohon serut dikenal memiliki ciri khas yang menjadikannya berbeda dengan tanaman hias lainnya. Selain karakteristiknya yang khas, serut juga memiliki beragam khasiat yang menyehatkan tubuh. Tidak perlu berlama-lama, simak ulasan berikut.

  1. Karakteristik Pohon Serut

Karakteristik pohon serut bisa dilihat dari daunnya. Daun serut memiliki warna hijau yang kesat serta berbulu. Dibagian tepi daun tampak bergerigi seperti gergaji, dengan struktur tunasnya yang sejajar. Keunikan dari daun tanaman serut ini yakni bisa dan mudah dibentuk menjadi bonsai.

 

Bagian batang dari serut tidak kalah menarik. Batang serut mampu tumbuh membesar mencapai tinggi 2-5 meter dengan demikian diameter batang pun akan membesar. Teknik budidaya serut juga terbilang mudah karena bisa dengan cara mencangkok batang yang telah memiliki ukuran yang sesuai.

 

Akar serut menjadi bagain yang terbilang unik dan menarik karena bentuknya yang terkesan tidak beraturan. Hal tersebut dikarenakan akar serut tumbuh secara bertunas melalui akar. Bentuk akar yang tidak beraturan membuat tanaman ini sering dijadikan bonsai.

  1. Khasiat Pohon Serut

Didunia kesehatan pohon serut sudah banyak dikenal untuk dijadikan obat. Bagian daun sering dimanfaatkan untuk obat hepatitis dan bisul. Batang serut juga dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi, bengkak, kusta dan epilepsy. Bagian kulit pohon juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati keracunan, diare dan demam.

Demikianlah ulasan karakteristik dan khasiat pohon serut. Beruntunglah bagi Anda yang memiliki pohon tersebut karena bisa memanfaatkannya untuk pengobatan. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *