Umum

Tips Bangun Rumah 50 Juta Hasil Memuaskan

Dalam membangun rumah, tentu anggaran awal sangat menentukan akan seperti apa rumah itu nantinya terlihat. Besar kecilny anggaran juga akan menentukan, kualitas bangunan akan bisa ditentukan dengan anggaran yang dimiliki. Pada artikel kali ini, kami akan membagikan tips bangun rumah 50 juta. Memang anggaran sekian tergolong kecil, namun dengan kecilnya anggaran ini anda tetap bisa menjadikan sebuah rumah.

Saat anda hendak membangun rumah, anda perlu memperhatikan banyak hal. Mulai dari lahan yang anda miliki, kemudian jenis bangunan yang akan anda buat. Anda juga perlu tahu, membangun rumah satu lantai lebih murah ketimbang membangun rumah 2 lantai. Saat anda sudah menentukan berapa dana yang anda miliki, tentu anda harus bisa memperkirakan material yang anda gunakan untuk membangun. Berikut ini material yang harus anda miliki sebelum membangun rumah:

www.pexels.com

Material Bangunan

  1. Batu kali

Batu kali ini biasa digunakan untuk pondasi rumah, dimana keberadaanya sangat penting dan sangat dibutuhkan. Beruntung bila lokasi anda dekat dengan sungai, karena anda bisa langsung mengambil batu dari sungai untuk meminimalisir pengeluaran. Bila tidak memungkinkan, anda bisa membelinya dengan harga Rp 500 hingga Rp 1.000.

  1. Semen

Semen ini merupakan perekat dalam bangunan rumah anda, dimana semen ini merupakan bahan yang sangat dibutuhkan untuk membangun rumah. Sangat diperlukan perhitungan khusus, untuk memperkirakan berapa total semen yang dibutuhkan untuk membangun 1 rumah. Hal ini agar budget yang anda miliki bisa sesuai, sedangkan harga 1 semen juga bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 80.000.

  1. Pasir

Pasir ini digunakan sebagai campuran semen untuk merekatkan pada material, agar anda mendapatkan bangunan yang bagus usahakan untuk memilih pasir yang memiliki kandungan lumpur yang sedikit. Semakin banyak lumpur yang terkandung, semen akan sukar menempel pada pasir dan hasilnya akan jelek.

Pasir sendiri memiliki banyak jenis, sehingga harganya juga bervariasi dengan hitungan per pickup atau truk. Jenis pasir diantaranya pasir beton, pasir pasang, pasir elod dan juga pasir merah.

www.pexels.com
  1. Gamping

Gamping ini dibutuhkan untuk campuran pasir dan juga semen dalam proses pembangunan, gamping ini sering digunakan untuk menghemat penggunaan semen. Anda bisa menggunakan gamping, sehingga kebutuhan semen anda bisa berkurang dan menjadi lebih hemat.

  1. Baja atau besi

Baja atau besi ini akan menjadi penguat bangunan rumah, dimana besi ini akan digunakan di bagian pondasi dan kolom untuk memperkuat dinding. Tentu besi ini sangat diperlukan untuk membangun rumah, dan anda perlu menentukan ukuran yang membuat harga bervariasi.

  • Besi Beton Besi ukuran 6mm Rp. 18.000
  • Cakar Ayam Besi Cakar Ayam ukuran 40 × 40 8mm Rp. 42.500
  • Besi Rangka Besi Rangka ukuran 10mm x 3m Rp. 39.000
  1. Batu krikil

Krikil ini juga penting adanya, dimana krikil akan digunakan sebagai campuran pembuatan beton untuk mengisi kolom. Pastikan anda memilih kerikil yang berat dan tanpa rongga, hindari menggunakan krikil seperti batu apung. Anda bisa mendapatkan murah bila mau memecahkan dari batu kali yang berukuran besar, hal itu akan lebih murah bila harus membeli kerikil yang sudah dalam ukuran kecil.

www.pexels.com
  1. Batu bata merah

Batu bata ini digunakan untuk membuat dinding rumah, dimana batu bata merah ini yang bagus memiliki ukuran sama rata dan keras. Banyak sekali toko yang jual bata merah, dengan harga mulai dari Rp 500 hingga Rp 1.000 per biji atau lebih. Hal yang membedakan batu bata ini adalah proses pembuatannya, karena ada yang dibuat dengan cara dibakar langsung dan ada yang melalui proses pengovenan.

  1. Batako

Batako ini merupakan alternatif bila anda tidak bisa menemukan batu bata merah, dimana harga batako ini lebih murah dibanding bata merah. Hanya saja ada kekurangan dibalik harganya yang murah, yakni kemampuan serap panasnya yang kuat. Sehingga rumah akan terasa panas di siang hari, untuk harganya sendiri batako ini dipatok di harga Rp 3.000 sampai Rp 5.000.

  1. Kayu

Kayu ini merupakan material yang biasa digunakan sebagai kuda-kuda rumah, kusen, pintu dan lainnya yang berada di rumah. Kayu yang bagus adalah kayu yang sudah di rendam di air dan sudah di keringkan, kayu seperti ini hanya bisa anda dapatkan bila anda merendamnya sendiri. Hindari memasang kayu yang masih dalam keadaan basah, karena kayu akan melengkung setelah kayu kering nanti.

Harga kayu ini sangat bervariasi, tergantung dengan jenis kayunya. Akan lebih murah bila anda membeli kayu dari desa, dimana anda bisa mendapatkan langsung dari pemilik kayunya. Namun jangan lupa untuk mengurus izin dahulu, karena kayu membutuhkan izin bila harus dikirim ke wilayah lain.

  1. Baja ringan

Sebagai opsional, untuk mengurangi penggunaan kayu banyak masyarakat yang memanfaatkan baja ringan ini. Memang kita semua tahu, bahwa kayu saat ini sering ditebang hanya untuk membangun rumah. Disinilah baja ringan menggantikannya, sehingga kayu bisa tetap memiliki fungsinya sebagai produksi oksigen untuk kita bernafas.

www.pexels.com

Harga Baja ringan

  • Reng 27.550/btg
  • Skrup Kanal C (1.550)pcs Skrup Genteng(1.550)pcs 135.550/dus Rp. 80.550/dus
  • Alumunium Foil Single ukuran 1m x 50m Rp. 250.550/roll
  • Alumunium Foil Double ukuran 1m x 50m Rp. 280.550/roll
  1. Genteng

Genteng ini merupakan material yang sangat dibutuhkan untuk membangun rumah, dimana genteng akan digunakan untuk melindungi penghuninya dari panas dan hujan. Genteng sendiri saat ini sudah banyak pilihannya, mulai dari genteng yang terbuat dari tanah liat, metal pasir, dan juga keramik. Bila memungkinkan, anda bisa membeli genteng di pengrajin genteng. Biasanya anda akan mendapatkan harga lebih murah karena kebutuhan anda banyak, bila dibandingkan dengan toko-toko biasanya.

  1. Kusen

Kusen merupakan tempat untuk memasang pintu, jendela ataupun ventilasi rumah. Dalam proses pemasangannya, pilihlah kayu yang benar-benar kering sehingga tidak akan melengkung setelah dipasang karena mengering setelah basah.

Kusen ini akan lebih murah bila tukang yang anda gunakan mau membuatkannya, anda biasanya hanya disuruh untuk membayar jasa pembuatannya saja.

  1. Kabel

Tentunya rumah anda perlu instalasi listrik agar bisa menggunakan lampu ataupun alat lainnya, nah disini anda bisa membelinya di toko listrik yang memberikan harga lebih murah pada anda. Lakukan pengecekan, sehingga anda bisa tepat membeli kabel listrik itu.

Itulah beberapa material yang akan anda butuhkan untuk bangun rumah 50 juta, sangat diperlukan perhitungan yang matang dan teliti agar barang yang digunakan berkualitas dan tidak asal jadi. Semoga artikel diatas membantu dan trimakasih karena sudah membaca artikel ini hingga tuntas, jangan lupa untuk membagikan pada teman anda bila menurut anda artikel ini berguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *