teknologi

4 Anti Virus Terbaik Untuk Android

Ponsel bukan hanya untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari, namun juga telah menjadi bagian penting dari kehidupan seseorang. Ponsel kerap kali digunakan dalam menunjang produktivitas sehari-hari. Tidak sedikit pengguna yang menyimpan banyak data pribadi dengan sifat sensitif serta penting di dalamnya. Di era digital seperti sekarang sendiri, pencurian data sudah bukan hal yang tidak mungkin lagi. Apalagi data-data digital sangat mungkin diretas menggunakan malware, adware dan masih banyak lagi. Langkah pencegahan yang bisa dilakukan di antaranya adalah kita bisa memasang aplikasi anti virus terbaik untuk Android. Ragam aplikasi ini tak sekedar memberi perlindungan akan virus namun juga memberi keamanan peretasan akan data serta privasi pengguna.

 

  1. Avast Mobile Security

Avast Mobile Security diklaim sebagai salah satu aplikasi khusus anti virus yang terbaik di dunia. Sekali ketuk saja, aplikasi ini sudah bisa digunakan untuk memindai ragam aplikasi di dalam ponsel pengguna, termasuk adanya trojan yang membahayakan. Selain itu, Avast juga dapat memberi perlindungan akan virus dan spyware. Avast memiliki beragam pembelian dalam aplikasi yang memungkinkan pengguna dalam menghapus iklan serta mengakes fitur premium, termasuk keamanan SIM, penguncian aplikasi serta perangkap kamera. Walau fitur-fitur premium tersebut sungguh menggoda, namun versi gratisnya juga tetap menyajikan ragam fitur luar biasa guna memberi perlindungan menyeluruh akan virus.

pixabay.com

Fitur-fitur penting yang ada di dalam aplikasi Avast Mobile Security sebagai salah satu anti virus terbaik untuk Android di antaranya adalah:

  1. Wawasan aplikasi guna melihat waktu yang kita habiskan di tiap aplikasi
  2. Pembersih sampah yang bisa digunakan dalam menghapus aneka cache serta file residu yang sudah tidak terpakai
  3. Photo vault agar foto-foto bisa diamankan dari akses yang tidak diinginkan
  4. Pengaman web sebagai perlindungan ketika pengguna tengah mengakses suatu halaman web.

 

  1. Bitdefender Antivirus Free

Bitdefender ialah aplikasi anti virus dengan perlindungan menyeluruh akan semua ancaman yang ada di ponsel Android. Aplikasi ini juga termasuk ringan karena memanfaatkan teknologi Cloud guna melakukan pemindaian secara cepat. Selain itu, aplikasi juga dijamin tidak akan menguras baterai ponsel maupun memperlambatnya. Terdapat perlindungan real time yang bisa langsung memindai aplikasi saat tengah dipasang. Bitdefender juga menyediakan versi berbayar dengan nama Bitdefender Mobile Security & Antivirus yang bisa diakses gratis dalam masa uji coba selama 14 hari. Fitur-fitur dalam versi berbayar nyaris sama seperti dalam versi gratis, hanya saja lebih canggih. Di antaranya adalah pemindai malware, keamanan web, anti pencurian dan pengunci aplikasi.

pixabay.com

Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat dalam Bitdefender Antivirus Free:

  1. Smart Unlock guna membuka kunci aplikasi ketika terhubung ke WiFi yang terpercaya
  2. VPN yang telah terintegrasi dalam mengakses situs website yang diblokir
  3. Perlindungan web dari malware dan adware selama kita tengah berselancar di interent
  4. Dukungan penuh untuk perangkat Android Wear

 

  1. McAfee Mobile Security & Lock

Aplikasi Android khusus anti virus berikutnya adalah McAfee yang sebelumnya sudah terkenal sebagai antivirus di perangkat PC. Terdapat dua versi Android dari aplikasi ini, yaitu versi gratis serta versi Pro. Fitur-fitur dalam versi gratis meliputi kunci keamanan, anti pencurian, keamanan WiFi, pembersih memori, pengoptimal baterai dan masih banyak lagi. Aneka fitur tambahan bisa didapat dalam versi Pro. McAfee turut dibekali tampilan antarmuka yang intuitif. Terdapat pula tutorial menggunaan agar kita bisa menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya. Aplikasi ini sudah terkenal sejak dulu sehingga kita tidak perlu meragukan kualitasnya lagi.

pixabay.com

Berikut ialah beberapa fitur penting yang ada di dalam aplikasi antivirus McAfee:

  1. Thief Cam guna menangkap foto pengguna yang hendak mengakses ponsel tanpa izin
  2. Perlindungan penghapusan anti pencurian yang akan menghentikan pencurian dari mencopot pemasangan aplikasi ini
  3. Fitur guna menghapus data dari jarak jauh apabila terjadi pencurian maupun kehilangan ponsel
  4. Dukungan penuh untuk perangkat Android Wear

 

  1. Kapersky Mobile Antivirus

Sama halnya seperti McAfee, Kaspersky juga awalnya dikenal sebagai aplikasi Android di perangkat PC sebelum akhirnya tersedia pula di ponsel. Fitur keamanan yang ditawarkan terbilang luar biasa. Di perangkat Android, kita bisa menemukan dua versi aplikasi ini, yaitu versi gratis serta versi berbayar. Fitur dalam versi gratis di antaranya adalah pemindaian aplikasi secara manual untuk virus serta malware. Sementara fitur premiumnya termasuk perlindungan secara real time, anti phising, anti pencurian serta pengunci aplikasi supaya pengguna mendapat perlindungan ekstra. Jika kita tidak ingin membayar, tidak perlu khawatir karena tersedia uji coba gratis fitur premium selama 30 hari.

 

Fitur-fitur penting yang ada di aplikasi Kaspersky Mobile Antivirus di antaranya adalah:

  1. Filter panggilan sehingga panggilan spam atau yang tidak diinginkan akan diblokir
  2. Fitur temukan ponsel saya guna mencari ponsel apabila hilang
  3. Perlindungan kuat akan virus, malware serta trojan
  4. Aplikasi latar belakang yang bisa digunakan dalam memeriksa malware di dalam aplikasi yang baru saja diunduh

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *