wisata

5 Makanan Khas Jogja Yang Mesti Dicicipi Selama Di Jogja

5nda mungkin bisa menemukan gudeg di daerah Anda. Namun percayalah, rasanya tidak akan sama jika Anda mencicipinya di kota asalnya yaitu Jogja. Ya betul sekali, jika Anda ingin merasakan rasa original dari gudeg atau bakpia, maka pergilah dulu ke Jogja. Jogja memang memiliki beberapa makanan khas yang namanya sudah sangat mendunia. Jika Anda berlibur di Jogja, maka beberapa makanan khas Jogja tersebut bisa saja dengan mudah Anda temukan. Namun bisa juga makanan khas Jogja yang Anda cari ternyata sulit untuk ditemukan karena memang tak sembarang orang dapat membuatnya. Nah untuk mengobati rasa penasaran Anda, berikut kami akan membahas 5 makanan khas Jogja yang mesti Anda nikmati selama vakansi di Jogja!

 

  1. Gudeg

Jika selama berada di Jogja Anda tidak memakan gudeg, berarti ada yang salah dengan diri Anda. Gudeg merupakan makanan khas Jogja sekaligus ikon Jogja, sehingga siapapun yang berlibur di Jogja, wajib mencicipi makanan legendaris satu ini. Gudeg pada dasarnya merupakan makanan yang sangat sehat karena terbuat dari sayuran. Ya, gudeg terbuat dari nangka muda ditambah areh (kuah santan), yang dimasak selama berjam-jam. Jadi saat Anda menyantapnya, bayangkan betapa sulitnya proses pembuatannya. Rasa dari gudeg ini sangat merepresentasikan lidah orang Jawa yang menyukai rasa gurih dan agak manis. Nah bagi Anda yang masih bingung mau makan gudeg dimana saat di Jogja, berikut kami berikan rekomendasinya!

  • Gudeg Yu Djum

Bagi Anda yang sedang mencari gudeg paling orisinil, maka kunjungilah Gudeg Yu Djum. Gudeg Yu Djum ini menawarkan gudeg dengan cita rasa orisinil karena resepnya diwariskan secara turun temurun. Nah Gudeg Yu Djum ini bisa Anda temukan di Jalan Wijilan, Panembahan, Keraton, Kota Jogja. Anda bisa menyewa mobil di rental mobil Jogja agar Anda bisa dengan mudah sampai di tempat kuliner legendaris satu ini.

unspash.com
  • Gudeg Permata Bu Narti

Tempat penjual gudeg paling recommended lainnya di Jogja yaitu Gudeg Permata Bu Narti. Gudeg Permata Bu Narti ini terletak di Jalan Gajah Mada, Pakualaman, Kota Jogja. Agak berbeda dengan penjaja gudeg lainnya di Jogja, rasa gudeg yang disajikan Gudeg Permata Bu Narti terasa lebih kuat rasa gurihnya.

 

  • Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg memang kurang cocok dimakan oleh mereka yang suka pedas. Namun tenang saja, bagi Anda pecinta makanan pedas, bisa datang ke Gudeg Mercon Bu Tinah di Jalan Asam Gede, Jetis, Kota Jogja. Ya, Gudeg Mercon Bu Tinah menyajikan gudeg dengan rasa pedas, jadi sangat berbeda dengan gudeg-gudeg lainnya yang ada di Jogja.

 

  1. Bakpia Pathuk

Meskipun pada dasarnya bukan berasal dari Jogja (dari daratan Tiongkok), bakpia tetap dianggap sebagai makanan khas Jogja. Namun Jogja memiliki jenis bakpianya sendiri yaitu bernama bakpia pathuk. Disebut ‘pathuk’ karena memang berasal dari daerah bernama Pathuk yang berada di sebelah barat Malioboro. Berbeda dengan bakpia pada umumnya, bakpia pathuk ini memiliki kulit yang lebih tipis dengan isian yang lebih banyak dan lebih gurih. Dahulu bakpia pathuk hanya memiliki satu rasa saja yaitu kacang hijau. Namun hari ini, Anda bisa menemukan beberapa varian rasa seperti cokelat, stroberi, hingga durian. Bakpia pathuk ini sangat cocok dikonsumsi pada saat sore hari dengan segelas kopi atau teh panas.

unspash.com
  1. Krecek

Krecek atau biasa disebut dengan sambel krecek merupakan masakan khas Jogja terpopuler lainnya. Krecek sendiri berarti kulit sapi yang dikeringkan. Nah dalam konteks sambel krecek, kulit sapi kering dicampurkan dengan sambal goreng, sehingga tercipta sambal dengan cita rasa yang sangat khas. Nah biasanya krecek ini disajikan dengan nasi putih atau sebagai topping gudeg atau oseng. Rasanya yang pedas membuat makanan khas Jogja satu ini sangat cocok di lidah pecinta makanan pedas. Saat berlibur di Jogja, jangan pernah melewatkan untuk mencicipi sambel krecek ini. Banyak sekali spot penjaja sambel krecek di Jogja dengan harga yang sangat murah.

 

  1. Yangko

Jika Jepang punya mochi, maka Jogja punya yangko! Ya, yangko merupakan makanan yang menyerupai mochi, baik dari segi tekstur maupun rasa. Namun yangko memiliki rasa yang lebih khas, karena dibuat dengan teknik memasak tertentu. Dibutuhkan waktu berjam-jam lamanya untuk membuat yangko ini. Pada dasarnya, yangko ini terbuat dari beras ketan dan gula, lalu ditaburi bubuk tepung. Meskipun bahannya simpel, namun rasanya sangat enak karena dibuat dengan teknik memasak yang sangat detail.

unspash.com
  1. Oseng-oseng Mercon

Tak selamanya makanan Jogja itu manis dan gurih, adakalanya pedas banget seperti oseng-oseng mercon. Sesuai namanya, oseng-oseng mercon ini dapat membuat lidah serasa terbakar namun justru sangat nikmat dan bikin nagih. Nah makanan khas Jogja satu ini terbuat dari tetelan (potongan daging sapi), koyoran (lemak sapi), cabai rawit, dan berbagai rempah lainnya.

 

Seperti yang Anda lihat di atas, Jogja memiliki banyak sekali makanan khas. Jadi Anda tidak akan kesulitan menemukan makanan apa yang mesti dimakan saat liburan di Jogja. Semoga ulasan mengenai makanan khas Jogja di atas semakin menambah wawasan Anda ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *