Umum

3 Manfaat Buah Berenuk Yang Jarang Orang Ketahui

 

 

Buah berenuk memang tidak sepopuler buah lainnya, bahkan sering dicap sebagai buah yang tak berguna. Hal tersebut dikarenakan orang-orang belum mengetahui kandungan didalamnya dan cenderung mengetahui buah berenuk dari aromanya yang busuk. Padahal buah dengan nama latin Crescentia cujete ini memiliki kandungan yang sangat berguna buat kesehatan.

 

Tanaman berenuk banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia. Biasanya di temukan di pedesaan, dimana tanaman ini biasanya dibiarkan begitu saja tanpa perawatan apapun. Pohon berenuk dapat tumbuh hingga 10 meter dengan pola daun yang sangat khas. Itulah mengapa orang-orang lebih fokus pada dedaunannya dibanding buahnya. Buah berenuk ini berwarna hijau dengan daging didalamnya berwarna hitam yang mengeluarkan aroma tidak sedap.

 

Manfaat Buah Berenuk untuk Kesehatan

Banyak orang yang menyangka bahwa buah berenuk tidak memiliki manfaat apapun. Padahal banyak peneliti yang menemukan bahwa buah berenuk memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, berikut beberapa diantaranya!

 

  • Menetralisir Racun Ular

Buah berenuk sangat terkenal di Amerika Selatan karena pohon berenuk memang berasal dari sana. Nah banyak sekali kasus gigitan ular pada manusia di Amerika Selatan, dimana beberapa orang yang digigit ular berbisa akhirnya bisa terselamatkan berkat mengkonsumsi ekstrak buah berenuk. Ya betul sekali, banyak peneliti yang menunjukan bahwa kandungan dalam buah berenuk dapat menetralisir racun ular berbisa yang masuk kedalam tubuh manusia.

 

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Jangan pernah menyepelekan buah berenuk karena kandungan ethanol didalam buah berenuk dapat berfungsi sebagai anti-bakteri paling manjur jika masuk kedalam tubuh manusia. Ya betul sekali, siapapun yang mengkonsumsi ekstrak atau sirop buah berenuk dapat bertahan dari berbagai bakteri jahat seperti Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, B. subtilis, dan lainnya.

 

  • Mengobati Kangker

Yang banyak orang belum tahu lainnya soal buah berenuk yaitu kemampuannya dalam mengatasi pertumbuhan kangker didalam tubuh. Peneliti dari Dadiangas University di Brazil pernah meneliti kandungan dalam buah berenuk dan menemukan bahwa buah berenuk mengandung zat bernama quercetin dan anthraquinone yang dapat menghambat pertumbuhan kangker didalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *