Bisnis

Suka Dukanya Memiliki Truk Pasir Untuk Mengais Rezeki

Mencari sesuap nasi bisa melalui apa saja. Asalkan halal, itu sudah cukup. Salah satunya ialah dengan mengoperasikan truk pasir.

Di tengah gencarnya pembangunan, kebutuhan pasir akan meningkat. Pasir ini tidak hanya diperlukan oleh kalangan pribadi. Tetapi juga dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi bangunan.

Melihat kebutuhan ini, Anda tentunya bisa melihat betapa besar peluang untuk mendapatkan uang. Meskipun begitu, pekerjaan ini bukan tanpa kendala.

Ada suka dukanya ketika mengoperasikan kendaraan pengangkut pasir. Baik itu kendaraan milik sendiri atau milik pengusaha. Di sini, kami akan menunjukkan keuntungan dan kekurangannya bila memiliki truk pasir sendiri.

Jenis Truk Pengangkut Pasir

Ada banyak sekali jenis truk yang bisa Anda gunakan untuk bekerja. Jenis ini mewakili pada spesifikasi yang menunjang pada performanya.

Kebanyakan, truk ini dirilis dalam mode bak terbuka. Kendaraan ini dilengkapi dengan hidrolik. Fungsinya untuk memudahkan dalam mengeluarkan pasir dari bak.

Jenis truk yang populer di Indonesia terbagi menjadi 3. Di antaranya adalah truk keluaran pabrikan Mitsubishi, Hino dan Isuzu.

Ketiga jenis inilah yang sering lalu lalang di perjalanan. Truk tersebut sering beroperasi. Membawa muatan yang cukup besar dengan performa menawan.

Sebenarnya, truk seperti ini juga bisa digunakan untuk mengangkut muatan selain pasir. Di antara muatan yang diangkut ialah kerikil dan batu. Semua bahan bangunan yang sifatnya keras bisa diangkut menggunakan truk tersebut.

Keuntungan dan Kekurangan Mengoperasikan Truk Pasir

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan ketika menjalankan truk pengangkut pasir. Di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. 1. Kelebihan

Mengenai kelebihannya, truk ini bisa mendatangkan keuntungan besar. Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan pasar yang tinggi. Maksudnya, truk ini hampir setiap hari beroperasi untuk mengirimkan pasir ke lokasi di mana pelanggan berada.

Anda juga bisa memuat pasir beberapa kali dalam sehari. Alasannya ialah proses pemuatan dan pemindahan pasir lebih cepat.

Betapa tidak, trayek biasanya lebih pendek. Selain itu, Anda tidak perlu memanfaatkan tenaga bantu lainnya untuk memindahkan pasir. Karena Anda bisa mengeluarkan pasir dengan bantuan hidrolik yang menempel pada kendaraan.

Semakin banyak permintaan pasir, uang akan dihasilkan lebih cepat. Jumlahnya juga lebih besar. Tidak salah bila pekerjaan ini banyak ditekuni oleh masyarakat.

  1. 2. Kekurangan

Di samping kelebihannya, tersimpan pula kekurangan. Kekurangan utamanya ialah dibenci oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan muatannya terkadang jatuh di jalanan dan mengganggu masyarakat sekitar.

Selain dimusuhi warga, pekerjaan ini bergantung pada cuaca. Ketika memasuki musim penghujan, kebanyakan supir akan libur. Penyebabnya ialah akses jalan yang dilalui oleh truk ini tidak memungkinkan.

Kemudian yang tak kalah penting, biaya perawatan kendaraan akan bertambah. Ini biasanya berlaku pada kendaraan yang sering membawa muatan dalam kapasitas besar. Beratnya muatan memang bisa mempercepat hasil, tetapi juga bisa membuat perawatan semakin besar seperti sering ganti rem dan lain sebagainya.

Cara Mencari Muatan Pasir

Perlu diingat bahwa memiliki truk ini bukan berarti Anda mudah untuk menemukan pasir. Faktanya, cukup banyak truk yang dibiarkan menganggur di garasi.

Jika Anda mengalaminya, ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Cara yang pertama ialah bekerja sama dengan Freight Dispatch Services. Bekerja sama dengan perusahaan ini jauh lebih menguntungkan.

Betapa tidak, perusahaan tersebut yang akan mencarikan pasir dan muatannya. Rute perjalanan juga diatur, serta perizinannya ditangani dengan baik. Bahkan, perusahaan ini biasanya bekerja sama dengan kontraktor sehingga Anda bisa bekerja setiap hari.

Untuk kelemahannya, Anda tidak bisa mengatur harga. Biasanya, harga sudah ditentukan oleh perusahaan tersebut. Tetapi, Anda tetap untung bila mampu mengirimkan pasir beberapa kali dalam sehari.

Selain memanfaatkan perusahaan tersebut, Anda juga bisa menjalin kerja sama dengan pertambangan pasir di daerah. Anda bisa masuk dan melakukan pembelian sendiri. Sembari melakukan pembelian, pastikan Anda juga sudah menemukan pasarnya.

Anda cukup memberikan tawaran pada orang-orang yang sedang membangun rumah. Asalkan Anda bisa memberikan tawaran menarik, Anda bisa segera menjual.

Kelebihan dari cara kedua ini ialah bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Selain itu, pengoperasian kendaraan tidak terikat oleh waktu. Tetapi kekurangannya, Anda perlu menghubungi pemilik pasir dan mencari pelanggan sendiri.

Itulah yang perlu Anda pahami jika berniat untuk bekerja dalam pengiriman pasir. Miliki terlebih dahulu truk pasir, baru jalin kerja sama dengan pemilik pertambangan. Maka, penghasilan akan didapatkan di tiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *