wisata

5 Rekomendasi Wisata Edukasi Terbaik di Jogja

Kota Jogja sejak dulu menjadi salah satu kota terfavorit yang wajib dikunjungi jika ke Indonesia .Jogja menawarkan berbagai jenis wisata, tersedia paket tour Jogja mulai dari wisata alam, kuliner,  religi, hingga wisata edukasi. Jogja sudah dikenal sebagai kota pelajar, karena itu tidak heran jika di Jogja terdapat berbagai tempat wisata edukasi. Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan rekomendasi wisata edukasi terbaik di Jogja. Apa saja kira-kira? Berikut daftarnya:

Desa Wisata Batik Kayu Krebet

Desa Wisata Batik Kayu Krebet ini berlokasi di Dusun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan Bantul ini.  Desa wisata ini merupakan tempat yang tepat bagi kamu yang ingin belajara membatik. Disini kamu bisa belajar berbagai motif batik yang dibuat pada media kayu.  Hasil kerajinan yangberada di desa ini mulai dari furniture, alat kesenian, hingga aksesoris.

Desa Wisata Batik Kayu Krebet  wajib dikunjungi karena dapat menambah wawasan dan memberikan inspirasi untuk memunculkan ide-ide kreatif di bidang seni.  Para pengunjung di desa ini diperkenankan untuk melihat proses produksi dari awal  hingga pemasaran kerajinan batik kayu.

pxhere.com

Museum Affandi

Museum Afandi  berada di Jalan Laksamana Adi Soetjipto No.167, Sleman Yogyakart. Museum ini merupakan satah satu museum  terkenal dan unik di Jogja yang menyimpan ratusan lukisan karya maestro Affandi. Lokasi dari museum ini juga tepat diatas lahan bangunan dari rumah tempat tinggal pelukis Affandi dan keluarganya. Sehingga selain melihat lukisan, pengunjung juga bisa melihat tempat tinggal sang maestro membuat karya tersebut.

Museum Affandi memiliki 3 galeri, yaitu galeri yang menampilkan berbagai koleksi dari Affandi dan kelurganya, serta  berbagai lukisan karya pelukis besar Indonesia lainnya. Sehingga saat mengunjungi museum ini, pengunjung akan bertambah pengetahuannya mengenai  berbagai aliran dalam lukisan dan juga berbagai karya lukisan pelukis besar di Indonesia.

Di Museum ini terdapat beragam karya dari sang maestro, mulai dari mobil, sepeda onthel dan banyak lagi. Lukisan yang paling unik karya sang maestro di museum ini adalah lukisan yang tidak jelas terlihat dari dekat, namun akan tampak jelas jika dilihat dari jauh. Museum ini sangat cocok untuk kamu yang ingin berwisata edukasi, karena di museum ini kamu dapat belajar mengenal berbagai lukisan yang khas dan memiliki karakteristik unik.

Rumah Budaya Omah Petruk

Rumah budaya Omah Petruk terletak di di Desa Krang Klethak, Wonorejo Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta. Tempat ini menyimpan ratusan patung yang menggambarkan keberagaman budaya, sehingga kamu yang berkunjung ke tempat ini akan dikenalkan dengan keberagaman budaya melalui berbagai macam rupa patung.

Rumah Budaya Omah Petruk menyajikan lima unsur agama  yang ddidasarkan pada budaya. Tujuan dari adanya Omah Petruk ini adalah untuk mengenal budaya dari tiap agama berdasarkan patung yang dilihat oleh pengunjung.  Tempat ini memiliki keistimewaan yang wajib untuk dikunjungi saat kamu berwisata ke Jogja, karena di tempat ini kamu akan mengenal berbagai budaya dengan cara yang unik dan berbeda.

pxhere.com

Museum Anak Kolong Tangga

Museum Anak Kolong Tangga berlokasi di lantai dua gedung Taman Budaya Yogyakarta tepatnya belakang Taman Pintar. Museum ini merupakan museum pertama dan satu-satunya di Indonesia yang sangat cocok sebagai tempat wisata edukasi untuk anak.

Di dalam museum ini terdapat ratusan mainan tradisional yang merupakan buatan tangan. Selain mainan, di museum ini juga terdapat berbagai  objek yang berkaitan dengan dunia anak, baik dari seluruh wilayah Indonesia maupun dari Mancanegara. Museum ini sangat cocok untuk dikunjungan bersama anak dan keluarga untuk memperkenalkan pada anak berbagai permainan kreatif buatan tangan. Hal ini dimaksudkan agar anak dapat lebih kreatif, manidiri membuat mainan sendiri, dan menemukan mainan yang lebih menyenangkan selain gadet.

The Lost World Castle

The Lost World Castel berada di kawasan lereng Gunung Merapi yang terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini merupakan salah satu konsep Eduwisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pengembangan wisata di tempat ini yaitu dengan membuat duplikasi dari acara benteng Takeshi yang fenomenal di masanya.

Kini, semakin banyak wahana yang telah di bangun di The Lost Word Castel. mulai dari kastel gaya eropa,  taman Jurassic World, bahkan ada juga kuda perang yang dikendarai oleh tentara Romawi. Pasti seru dan menarik bukan untuk dikunjungi? Apalagi tempat ini berada di lereng Gunung Merapi yang sudah jelas memiliki pemandangan alam yang mempesona. Jadi kamu bisa berfoto-foto sepuasnya di wahana unik dan menarik yang satu ini.

pxhere.com

Nah itu di atas adalah referensi beberapa tempat untuk wisata edukasi di Jogja. Gimana? Kapan berwisata nih? Gak usah ribet untuk kamu yang ingin berwisata di Jogja, hubungi aja  Kartanesia Tour. Kartanesia merupakan sebuah group yang profesional bergerak di bidang tour khususnya di kota Jogja. Kartanesia Tour sudah berdiri lebih dari 10 tahun di bawah naungan PT Raskita Wirajaya dan memiliki perizinan lengkap dan legalitas.

 

Di Kartanesia Tour kamu bisa mendapatkan berbagai promo, paket wisata, sewa mobil, sewa bus, sewa motor, vocher hotel, dan lainnya. Info lebih lengkapnya silahkan kunjungi www.kartanesia.com. So, gak usah pusing dan ribet lagi ya kalau mau berkunjung ke Jogja untuk mendapatkan tempat-tempat wisata keren dan sesuai dengan keinginanmu. Selamat berwisata ^^

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *