Kesehatan

Mengenal Lebih Baik Cara Menjaga Pola Hidup Sehat

Tubuh manusia terdiri dari beragam organ yang ada di dalamnya. Masing-masing organ tersebut bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Beberapa contohnya adalah seperti jantung yang bekerja untuk memompa aliran darah agar tersalur ke setiap bagian atau organ yang ada di dalam tubuh, hati yang bekerja sebagai penyaring darah, lambung untuk mengolah makanan dan minuman yang dicerna oleh tubuh, dan organ lainnya dengan tugasnya sendiri. Semua organ atau bagian tubuh tersebut hakikatnya nanti saat usia sudah bertambah akan mengalami ketidakmaksimalan fungsi organ. Hal tersebut berlaku bagi tubuh yang sehat hingga menua.

Namun pada kenyataannya menjaga tubuh agar tetap sehat tidak bisa dilakukan dengan mudah oleh sebagian besar orang. Oleh karenanya tak heran jika saat ini ada semakin banyak jumlah orang yang sakit dengan jenis penyakit yang berbahaya dan penyakit berat lainnya. Sebenarnya menjaga pola hidup sehat tidak sulit dan terbilang sangat mudah. hanya saja tidak semua orang bisa melakukannya karena beberapa alasan. Menjaga pola hidup agar tetap sehat tidak hanya berhubungan dengan pola olahraga yang baik dan benar. Akan tetapi ada banyak hal yang harus dipenuhi agar bisa menjaga pola hidup menjadi lebih sehat.

pexels.com

Konsumsi Yang Baik Untuk Pola Hidup Sehat

Dalam menjaga pola hidup sehat ada beberapa hal yang harus dilakukan. Salah satu diantaranya adalah menjaga pola makanan atau minuman. Ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang bisa dikonsumsi, namun tidak semua makanan dan minuman merupakan konsumsi yang sehat dan baik untuk dikonsumsi. Oleh karenanya bagi anda yang ingin menjaga pola hidup yang sehat maka anda perlu memperthatikan beberapa jenis konsumsi yang baik yang harus menjadi kebiasaan sehari-hari dalam hidup anda. diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kandungan karbohidrat yang biasanya dikonsumsi orang pada umumnya adalah nasi. Tubuh kita pati membutuhkan karbohidrat dengan takaran tertentu. Nasi menjadi makanan pokok kebanyakan orang utamanya di Indonesia. Meskipun nasi ini mengandung karbohidrat namun jika anda mengkonsumsi terlalu banyak nasi maka justru hal tersebut bukanlah hal yang baik untuk tubuh anda. sehingga anda harus punya takaran normal untuk tubuh anda bisa menyerap karbohidrat tersebut.
  2. Sayuran dan buah-buahan. Selain membutuhkan karbohidrat, tubuh juga membutuhkan vitamin yang berasal dari sayuran dan buah-buahan. Setiap vitamin tersebut dibutuhkan untuk mengoptimalkan kinerja organ tubuh dan membuat tubuh lebih tahan terhadap segala bentuk penyakit.
  3. Ikan termasuk salah satu jenis makanan dengan kandungan protein yang tinggi. Tubuh tentu saja membutuhkan protein utamanya bagian otak. Dengan kadar protein yang cukup maka otan bisa bekerja lebih optimal dan bisa berkembang dengan baik.
  4. Air putih. Sebagian besar tubuh manusia memang terdiri dari air. Sehingga bisa anda bayangkan jika tubuh kekurangan asupa air putih maka kinerja tubuh tidak akan bisa berjalan dengan normal sebagaimana mestinya.
  5. Di dalam susu mengandung beragam vitamin, protein, dan kandungan lainnya yang sangat bagus untuk tubuh. Hanya saja beberapa keadaan tubuh normal tidak seberapa membutuhkan asupan susu. Dalam keadaan tertentu tubuh bisa saja membutuhkan asupa susu yang lebih banyak untuk menggantikan beberapa asupan yang kurang misalnya asupan sayuran dan buah-buahan yang kurang dalam tubuh. Misalnya saja ibu yang sedang hamil akan membutuhkan asupan susu untuk memperbanyak asupan gizi yang terdapat dalam susu untuk si buah hati.
pexels.com

Beberapa Cara Yang Bisa Dilakukan Untuk Hidup Lebih Sehat

Menjaga pola hidup sehat tidak hanya sekedar memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh. Lebih dari itu kebiasaan-kebiasaan hidup lainnya juga sangat perlu untuk diperhatikan. Banyak orang yang meremehkan beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga pola hidup agar lebih sehat. Akibatnya banyak orang yang dengan mudah terserang sakit karena melalaikan beberapa hal ini. nah untuk anda yang ingin tahu apa saja hal-hal yang bisa dilakukan untuk menjaga pola hidup menjadi lebih sehat maka berikut ini bisa anda simak dengan baik :

  1. Olahraga dengan teratur. Olahraga merupakan salah satu aktivitas penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan melakukan olahraga maka setiap bagian dari organ tubuh kita bisa lebih fresh dan bisa lebih optimal dalam bekerja. Utamanya untuk bagian tubuh otot. Seperti halnya mesin jika tidak pernah dipakai untuk bekerja maka akan terasa kaku dan tidak bekerja dengan baik. Begitu juga untuk otot. Jika otot kita kurang gerakan maka bisa jadi otot kita akan menjadi kaku dan tidak terbiasa dengan keadaan yang mengharuskan kita memakai tenaga otot yang lebih. Dengan rajin berolahraga kita juga bisa lebih terhindar dari segala bentuk penyakit. Secara tidak langsung dengan melakukan olahraga kita bisa melatih daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit dan menjadi bagian tubuh yang lebih kuat. Apalagi untuk anda yang bertubuh gemuk dengan berat yang di luar batas normal maka olahraga akan menjadi hal yang sangat penting anda lakukan untuk membakar lemak jahat dan menurunkan berat badan. Namun sebaiknya lakukan olahraga setidaknya dua kali dalam seminggu. Jika dilakukan setiap hari juga tidak akan bagus bagi tubuh karena terlalu memaksakan kinerja tubuh untuk melakukan sesuatu yang berat akan menyebabkan tubuh lelah dan justru memicu tubuh menjadi sakit dan lemah.
  2. Istirahat yang cukup. Sama halnya dengan mesin jika terlalu sering digunakan tanpa ada jeda waktu istirahatnya maka akan menyebabkan mesin tersebut cepat rusak, maka hal tersebut juga berlaku untuk tubuh kita. Jika tubuh kita kekurangan jam istirahat maka hal tersebut akanm embuat tubuh merasa terlalu lelah dan dengan kelelahan tersebut akan membuat kinerja organ tubuh menjadi kurang optimal dalam bekerja. Akibatnya tubuh akan drop dan jatuh sakit. Tentu anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Maka anda perlu tahu waktu istirahat yang cukup untuk anda di malam hari sesuai dengan usia anda. namun perlu anda tahu bahwa terlalu banyak waktu istirahat juga tidak bagus untuk tubuh anda. oleh karenanya lakukan istirahat yang sesuai dengan kadar normalnya.
  3. Biasakan tidur siang. Tidur siang akan menjaga pola kinerja otang menjadi lebih baik. Bahkan tidur siang juga bisa menghindarkan anda dari penuaan dini lo. Manfaat tidur siang lainnya adalah bisa meningkatkan kinerja otak dalam hal kewasapadaan dan konsentrasi. Hal ini sudah diresmikan menurut sebuah studi dari NASA. Selain itu dengan melakukan tidur siang maka secara tidak langsung anda bisa mengurangi resiko tubuh anda terserang penyakit jantung. Hal ini mengingat ada banyak sekali penyebab terserangnya seseorang terhadap penyakit jantung. Bahkan bisa dari makanan yang dikonsumsi dan keadaan emosional lainnya.
  4. Hindari mengkonsumsi makanan instan. Makanan yang serba instan memang terlihat dan terasa lebih nikmat. Hal ini juga ditambah dengan pengolahannya yang lebih mudah dan praktis. Namun tahukah anda bahwa makanan instan tentu mengandung bahan pengawet yang menjadikan makanan tersebut tahan lama dari waktu ke waktu. Hal ini tentu akan menjadi hal yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh tubuh. Sehingga pola hidup dengan konsumsi makanan instan harus segera anda hidari.

    pexels.com
  5. Lakukan dan biasakan melatih emosional anda. hal ini mungkin dianggap oleh sebagian besar orang sebagai pola memperbaiki psikis kita. Namun siapa sangka bahwa hal ini akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh kita juga. Terlalu banyak pikiran disertai emosi yang sering terjadi akan membuat organ dalam tubuh kita bekerja lebih cepat sehingga tentu saja hal ini tidak baik untuk tubuh kita. Keadaan lingkungan sekitar yang membuat stress juga akan sangat berpengaruh untuk kesehatan. Oleh karenanya dengan lebih banyak melatih diri menjadi pirbadi yang sabar dan selalu menganggap hal-hal adalah positif akan membawa pengaruh yang baik untuk kesehatan tubuh.
  6. Jauhi dan hindari memakan makanan berminyak. Memang sangat sulit menghilangkan kebiasaan memakan makanan yang digoreng yang mengandung minyak. Apalagi memang sebagian besar makanan dimasak menggunakan minyak. Padahal kandungan minyak tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut bisa berpeluang menjadi meninggikan tingkat kolesterol anda. oleh karenanya yang bisa anda lakukan mulai dari sekarang adalah mengurangi kadar makanan berminyak yang anda konsumsi. Lebih baik memakan makanan yang dimasak dengan direbus atau dikukus.
  7. Hindari meminum minuman bersoda. Tahukah anda bahwa minuman bersoda bisa mengakibatkan seseorang terserang obesitas?. Obesitas merupakan suatu keadaan dimana berat badan seseorang terlampau tinggi dan melebihi kadar normal. Seseorang yang terserang obesitas sangat berpeluang terserang jenis penyakit berbahaya lainnya yang bisa merenggut nyawa. Oleh karenanya jika bisa minum air putih jangan pernah memilih untuk minum minuman soda.
  8. Biasakan mengunyah makanan dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Hal ini mungkin dianggap sebagai hal yang sangat sepele bagi hampir semua orang. Kebanyakan dari mereka mungkin tidak tahu akan akibat yang bisa ditimbulkan akibat terlalu terburu-buru saat mengunyah makanan. Makanan yang diolah dalam mulut dalam waktu yang cepat dapat menyebabkan adanya fluktuasi glukosa dengan kadar yang tinggi hal ini bisa menyebabkan adanya resistensi insulin. Sebaliknya, mengunyah makanan secara perlahan akan membuat kalori yang ada dalam makanan tersebut menjadi berkurang. Sehingga tubuh tidak akan banyak menyerap kalori jahat. Manfaat yang lebih besar dari kebiasaan mengunyah dengan perlahan adalah dapat memperbaiki kinerja lambung dan usus dalam mengolah setiap asupan makanan yang ditelan. Dengan itu maka pencernaan anda akan menjadi lebih baik.
  9. Mengkonsumsi air putih dengan cukup. Seperti yang umumnya kita tahu bahwa air putih sangat berperan penting bagi tubuh kita untuk mengisi cairan dalam tubuh yang habis untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau untuk kebutuhan tubuh lainnya yang menggunakan cairan dalam tubuh. Selain itu air putih juga ternyata memiliki beberapa manfaat lainnya yang sangat bagus untuk tubuh. Misalnya untuk kecantikan kulit. Kekurangan cairan air putih dalam tubuh akan berpengaruh menjadikan kulit kering dan mudah keriput. Dengan asupan air putih yang cukup maka hal tersebut secara tidak langsung dapat mencegah penuaan dini dengan menjaga kekencangan kulit kita. Dengan banyak minum air putih juga ternyata bisa menjauhkan kita dari serangan nyeri sendi. Hal ini mengingat bahwa tulang belakang kita memiliki kadar kandungan air sebesar 80%. Sehingga kekurangan cairan air putih akan membuat sendi kita utamanya tulang belakang menjadi mudah terserang rasa nyeri dan gangguan lainnya. Manfaat besar lainnya yang tak kalah penting dari cukupnya asupan air putih adalah dapat melancarkan kinerja pencernaan anda. utamanya bagian usus yang mengolah makanan akan sangat membutuhkan aliran air putih untuk memperlancar pencernaan. Kurangnya air putih untuk kinerja usus akan mengakibatkan seseorang mudah terserang sembelit dan resiko bahaya lainnya yang terkait dengan pencernaan.
  10. Ganti menu camilan anda dengan cemilan yang sehat. Selain makan makanan pokok seperti nasi, tentu setiap harinya orang akan makan camilan. Ada jenis camilan yang tidak sehat dan camilan yang sehat. Camilan yang tidak sehat memang cenderung menggoda dan rasanya lebih nikmat. Namun jika sering dikonsumsi maka akan sangat tidak baik untuk tubuh. Oleh karenanya anda bisa mengganti camilan anda dengan jenis camilan yang lebih sehat. Salah satu contohnya adalah makan salad buah dan sayuran. Salad bisa menjadi menu terbaik untuk meningkatkan kebiasaan hidup sehat anda. apalagi bahan-bahan yang dibuat dalam salad tersebut adalah bahan-bahan yang sehat seperti sayuran, buah, susu, dan lain sebagainya. Salad juga sangat menguntungkan bagi anda yang tengah diet. Karena anda bisa mengurangi konsumsi nasi dan menggantinya dengan salad. Dengan begitu tubuh anda tetap tercukupi oleh kandungan gizi.
  11. Jangan makan buah setelah makan nasi. Masih banyak sekali orang yang menganggap bahwa memakan buah setelah makan adalah kebiasaan yang baik untuk mencuci mulut setelah makan. Namun ternyata hal tersebut sangatlah tidak benar. Memakan buah tepat setelah makan nasi justru akan menghilangkan kandungan gizi yang terdapat pada menu makanan pokok atau nasi yang telah kita konsumsi sebelumnya. Maka yang terjadi adalah gizi dari nasi tersebut tidak menjadi sesuatu yang bermanfaat dalam tubuh kita. Oleh karenanya anda bisa mengkonsumsi buah satu jam sebelum makan nasi atau anda bisa mengkonsumsi buah setelah memakan nasi dengan jarak waktu satu hingga dua jam setelah makan nasi.
  12. Membiasakan puasa. Puasa merupakan cara yang terbaik untuk membuat pencernaan menjadi sehat. Hal ini juga bisa menjadi salah satu cara dalam menjaga pola hidup yang sehat. Apalagi sesuai dengan penelitian para ilmuwan kesehatan bahwa berpuasa akan memberikan jeda waktu bagi lambung dan usus untuk beristirahat dan tidak bekerja dalam beberapa waktu. Sehingga tentu saja hal ini merupakan hal yang bagus untuk kesehatan lambung dan usus anda sekalian. Setidaknya lakukan puasa 2 kali dalam seminggu jika anda termasuk orang yang kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan puasa dalam kurun waktu yang lama.

Beberapa kebiasaan baik untuk membuat pola hidup kita menjadi lebih sehat yang telah dijelaskan di atas tersebut mungkin terlihat mudah untuk dilakukan. Namun masih banyak sekali orang yang sulit untuk membiasakan melakukan pola hidup tersebut. dan tentu saja pola hidup yang seperti dijelaskan di atas tidak bisa hanya dilakukan dalam satu waktu saja. Anda perlu membiasakannya setiap hari. Melakukan dan memberlakukan pola hidup sehat tidak akan merugikan anda sama sekali. Sebaliknya hal tersebut akan semakin menguntungkan anda.

pexels.com

Dampak Positif Penerapan Hidup Sehat

Penerapan pola hidup sehat memang terlihat mudah untuk dilakukan namun pada kenyataanya sangat sulit untuk dibiasakan. Diperlukan kedisplinan tinggi untuk menerapkan hidup sehat yang agar hasil yang diperoleh juga lebih maksimal. Nah untuk anda yang kini sedang atau telah menerapkan pola hidup yang sehat maka berikut ini bisa anda simak beberapa dampak positif yang dihasilkan dari penerapan pola hidup yang sehat. Diantaranya adalah seperti :

  1. Tidur jadi nyenyak dan tercukupi waktunya. Ada kalanya kita tahu ada beberapa orang yang susah tidur dan saat sudah bisa tidur tidak bisa tidur dengan nyenyak dan tenang. Hal ini mungkin bisa saja diakibatkan oleh keadaan tubuh yang tidak sehat sehingga mempengaruhi pola tidur yang sama sekali tidak baik. Dengan penerapan hidup yang sehat pun akan membiasakan kita untuk tidak bangun kesiangan. Secara tidak langsung tubuh kita yang sehat akan bereaksi untuk bangun ketika kadar waktu tidur kita sudah cukup. Hal ini akan menjadi keadaan yang normal jika tubuh kita sudah menjadi tubuh yang sehat.
  2. Sangat berpengaruh terhadap kinerja otak dan tubuh. Orang yang pola hidupnya sehat akan memiliki tingkat konsentrasi dan kewaspadaan yang tinggi. Hal ini terkait dengan kinerja otak yang bagus. Selain otak, tubuh juga akan bereaksi untuk bekerja dengan optimal jika tubuh sudah terbiasa dengan kebiasaan atau pola hidup yang sehat. Hal ini tentu akan membawa pengaruh baik pada pekerjaan atau aktifitas keseharian kita yang bisa berjalan dengan baik.
  3. Membuat anda jadi lebih hemat. Orang yang memiliki tubuh yang sehat tentu akan jarang terserang penyakit. Hal ini secara tidak langsung akan membuat anda lebih hemat pengeluaran untuk pergi ke rumah sakit.
  4. Terhindar dari penyakit berbahaya yang mematikan. Adanya beragam jenis penyakit yang mematikan saat ini tak luput dari akibat pola hidup yang tidak sehat sama sekali. Beberapa contohnya adalah seperti penyakit kanker, jantung, tumor, dan lain sebagainya. Beberapa penyakit tersebut dapat menyerang dan mengakibatkan peluang kematian lebih besar. Nah dengan memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan memiliki tubuh yang sehat maka anda bisa sangat beruntung karena bisa terhindar dari peluang terserangnya penyakit mematikan tersebut.
  5. Memanjangkan umur. Dengan memiliki tubuh yang sehat maka secara tidak langsung anda telah melakukan usaha untuk memperpanjang jangka waktu umum anda. hal ini karena tubuh yang sehat tidak akan mudah terserang penyakit sehingga daya tahan tubuh juga akan menjadi lebih baik.
  6. Meningkatkan energy. Orang yang gizinya tercukupi tentu akan memiliki energy yang lebih dari orang yang tubuhnya kekurangan gizi. Oleh karenanya orang dengan pola hidup yang sehat akan terlihat lebih kuat dan tidak mudah capek dibandingkan orang dengan pola hidup yang tidak sehat yang mana cenderung sakit-sakitan.

Nah beberapa kelebihan memiliki tubuh yang sehat di atas bisa menjadi acuan bagi kita semua untuk bisa memulai pola hidup sehat mulai dari sekarang. Membiasakan hidup dengan sehat bisa membuat anda lebih beruntung dan sama sekali tidak akan membuat anda rugi. Biasakan hidup sehat sejak dini agar anda tidak menyesal di kemudian hari. Cari tahu info kesehatan selengkapnya di inibagus.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *