Umum

MotoGP

Kejuaraan dunia MotoGp atau yang sering dikenal dengan MotoGP ini merupakan kelas utama pada seri balapan Grand Prix Sepeda Motor. Awalnya sejak tahun 1949 kelas utama ini dikenal dengan kelas 500cc atau GP500.  Pada musim 2002 kelas 500cc ini sudah mulai ada perubahan regulasi dan sering disebut dengan tahun transisi. Pada tahun 2002 sampai 2006 untuk pertama kalinya pihak pabrikan mendapatkan izin untuk memperbesar kapasitas mesin 4 tak menjadi 990cc.

Sejarah MotoGP

Sejarah awal MotoGP ini mulai tahun 1946 sampai 2001 kelas paling tinggi dalam dunia balap GP montor ini adalah kelas 500cc. Pabrik montor yang berlaga di kelas utama ini semua berasal dari Jepang yaitu Yamaha, Suzuki, Kawasiki dan Honda.

pxhere.com

Pembalap asal Italia Valentino Rossi yang menggunakan nomor 46 ini pertama kalinya berhasil menjadi juara dunia pertama pada musim 2002. Konsistensi juara Rossi bertahan sampai tiga musim berikutnya. Pada awalm musim 2004 Rossi memutuskan untuk pindah dari Honda menuju Yamaha.

Pada musim 2006 Nicky Hayden berhasil memenangi juara dengan montor Honda. Pada musim selanjutnya kini gilirian Casey stoner yang berhasil menjadi juara dengan montor Ducati. Masih banyak pembalap terkenal lainnya yang tidak kalah memukau penampilannya seperti Marc Marquez, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, dan Marco Melandri.

Memasuki musim 2007 kapasitas silinder maksimal mulai diturunkan menjadi 800cc. pihak FIM juga memperkenalkan peraturan mengenai ban baru yang mengharuskan setiap tim yang berlaga untuk memilih ban yang tepat sebelum balapan dimulai. Mulai musim 2012 MotoGP kini mengembalikan kapasitas mesin maksimal menjadi 1000cc.

pxhere.com

Kesulitan Menjadi Rider MotoGP

Sebagai pecinta balapan tentunya kita merasa senang dan terlihat seru ketika kita meliha para rider MotoGP mulai beraksi di dalam lintasan balap. Kalau melihat bagaimana para rider memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi maka sebagain dari kita ada yang beranggapan kalau mengendarai kendaraain 1000cc ini sangat mudah.

Namun faktanya ternyata tidak seperti yang kita bayangkan. Faktanya tidak mudah dalam mengendalikan motor 1000cc ini dalam kecepatan tinggi pada lintasan lurus, apalagi pada lintasan berbelok-belok. Berikut ini ada beberapa penjelasan mengenai sulitnya menjadi rider MotoGP.

  1. Berat montor ini dua kali lebih berat dari berat pria dewasa

Berat montor ini sekitar 160 kilogram. Maka akan membutuhkan tenaga dan fisik yang prima ketika montor dibawa di luar trek. Para rider biasanya selalu rutin ke gym demi menjaga kebugaran jasmani dan meningkatkan kekuatan otot lengan dan bahu. Hal ini bertujuan agar para rider dapat menjaga keseimbangan ketika mengendarai montornya. Jadi berkendara ini menjadi sebuah pekerjaan yang keras dan harus serius ketika ingin menjadi juaranya.

  1. Para rider akan kehilangan dua liter cairan dalam tubuh selama balapan berlangsung

Cara yang paling efektif ketika anda ingin diet dan tidak harus mengeluarkan uang banyak maka lakukan kegiatan dengan balapan MotoGP minimal selama satu jam. Ternyata para rider ini berkeringat dua kali lebih banyak dari pada berjalan di bawah panasnya matahari. Jadi akan menjadi sangat sulit ketika para rider akan balapan di Malaysia dengan panas 36 derajat. Sehingga ketika balapan para rider dapat mengeluarkan cairan sebanyak 2 liter.

  1. Kulit kanguru dapat membantu kenyamanan

Kulit jok montor menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan para rider ketika berkendara. Jok montor yang terbuat dari kulit kanguru dan menjadi yang paling feksibel sehingga anda dapat berpindah posisi di montor dengan mudah.

pxhere.com
  1. Mengendarai montor tanpa mesin juga sangat penting

Tidak hanya mengendarai montor yang bermesin, para pembalap pun juga harus menjaga kebugarannya ketika tidak dalam perlombaan. Mereka biasanya lebih suka mengendarai sepeda. Bersepeda merupakan olahraga yang sangat efektif untuk menjaga kebugaran jasmani.

  1. Nasi dan pasta menjadi sumber makanan terbaik

Mereka biasanya kesulitan memutuskan makanan apa yang harus mereka makan sebelum menjalani balapan. Mengingat ketika salah makan juga dapat menyebabkan stres dan dapat mengakibatkan perut menjadi kram. Terlebih lagi ketika para rider tertahan di posisi lintasan balap. Maka opsi terbaik yaitu dengan mengkonsumsi nasi atau pasta dengan ikan tuna atau ayam dan dimakan tiga jam sebelum balapan dimulai.

  1. Para rider butuh ingatan yang pendek

Hal yang dimaksud adalah para pembalap harus segera melupakan kejadian ketika mereka mengalami kecelakaan atau terjatuh ketika balapan. Hal ini bertujuan agar mereka segera bangkit dan maksimal pada balapan selanjutnya.  Ketika ingatan tentang kecelakaan masih ada dalam pikiran para rider maka hal ini sangat berbahaya. Pasti ada perasaan ragu-ragu dan tidak bisa bersaing di level tinggi. Jadi ketika anda ingin menjadi seorang rider yang handal maka anda harus selalu fokus dan memiliki motivasi tinggi menatap setiap balapan.

Demikianlah penjelasan mengenai MotoGP yang dapat menambah pengetahuan anda. Selain itu bagi anda yang ingin belajar tentang dunia MotoGP maka silahkan mengikuti kursus mekanik motor balap maka anda akan lebih paham lagi tentang dunia montor balap baik dari level yang rendah sampai yang tertinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *