Umum

Mengenal Bagian Daun Dikotil di Lingkungan

 

 

Deskripsi:

Sering mendengar kata daun dikotil? Apakah itu? Jika kamu belum mengetahuinya maka simaklah ulasan berikut ini

Artikel:

Tumbuhan dikotil adalah termasuk ke dalam tumbuhan angiospermae atau tumbuhan biji tertutup. Tumbuhan angiosermae ada dua macam, yang pertama yaitu dikotil, lalu kedua monokotil. Banyak orang masih kesulitan untuk mengenali tumbuhan dikotil dan monokotil tersebut. Maka untuk itu kamu perlu mengetahui ciri spesifiknya

Ciri-ciri Tanaman Dikotil

Untuk mengetahui dan membedakan tanaman dikotil maka kamu harus benar-benar memperhatikan tumbuhannya. Berikut ciri pembedanya.

  1. Bentuk Daun

Ciri pertama kamu bisa memperhatikan bentuk daunnya. Bentuk daun dikotil cenderung menyirip. Artinya terbagi menjadi beberapa bagian ujung daun sehingga bentuknya seperti menjari.

  1. Letak Daun

Letak daun dikotil mudah ditemukan di daging daun atau mesofil. Jaringan ini terletak diantara epidermis bawah dan epidermis atas diantara tulang daun. Berfungsi membangun bagian utama dalam daun dan membantu proses fotosintensis.

  1. Jaringan Pengangkut Daun

Jaringan pengangkut daun terdiri dari jaringan xilem dan floem. Jaringan membangun sistem pengangkut yang terletak dekat atau di pusat ibu tulang daun. Daun dikotil memiliki jaringan pengangkut yang terdapat pada ujung daunnya. Karena daun dikotil mempunyao bentuk daun yang menyirip.

  1. Tulang daun

Tulang daun memiliki struktur yang mirip dengan ibu tulang daun. Tulang daun melintas dari pangkal helaian daun menuju ujung daun. Tulang daun juga mengalami penurunan ukuran serta strukturnya juga sederhana tidak rumit. Mudah untuk diketahui.

  1. Selubung Berkas Pengangkut

Selubung berkas pengangkut pada tumbuhan dikotil disebut denga parenkima pembatas. Selubung ini terdiri atas sel-sel yang memanjang dan sejajar dengan jalur berkas vascular. Memiliki dinding tipis dengan dinding mestofil di dekatnya.

Contoh Tumbuhan Dikotil

Untuk membedakan tumbuhan dikotil, sebelumnya kamu harus membedakan dari bentuk daunnya. Dalam kehidupan sehari-hari kamu bisa menjumpai tumbuhan dikotil. salah satunya adalah singkong. Singkong sering ditanam karena dapat tumbuh dengan mudah pada beberapa tempat atau lahan. Daun singkong juga bentuknya menjari atau meruncing, sehingga tumbuhan singkong masuk ke dalam contoh daun dekotil. Selain singkong ada juga kacang tanah.

Seperti itulah penjelasan mengenai ciri umum daun dikotil. Kini kamu sudah bisa membedakan tanaman dikotil dengan yang lain kan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *