Kesehatan

Cara Mewujudkan Lingkungan Bersih

Lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman merupakan dambaan setiap orang. Meskipun begitu, menciptakan lingkungan bersih tidaklah mudah dan membutuhkan banyak pengorbanan di dalamnya. Banyak alasan yang membuat masyarakat tidak mampu menciptakan lingkungan yang bersih. Banyaknya aktifitas pekerjaan dan kurang pedulinya terhadap lingkungan menjadi salah satu alasan yang kerap kali ditemukan. Jika kita memiliki niat untuk menciptakan lingkungan yang bersih, ada banyak cara yang dapat kita lakukan. Untuk menciptakan lingkungan yang bersih, peran serta semua lapisan masyarakat sangat dibutuhkan. Untuk mengetahui cara apa yang dapat kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih, simak ulasannya di bawah ini.

Langkah Tepat Mewujudkan Lingkungan yang Bersih

Mengelola sampah dengan baik dan dengan cara yang benar merupakan salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih. Rumah tangga merupakan salah satu sumber sampah terbesar yang harus kita cermati dengan baik. Setiap harinya, kita akan menemukan jumlah sampak organik dan sampah organik dari rumah tangga. Jika sampah rumah tangga tersebut tidak dikelola dengan semestinya, ada banyak masalah yang akan timbul. Sampah organik merupakan jenis sampah yang berasal dari makhluk hidup dan alam. Untuk mengelola sampah jenis ini, kita dapat mengolahnya menjadi pupuk kompos. Sedangkan untuk sampak anorganik, kita dapat mengumpulkannya dan menjualnya untuk memperoleh pendapatan tambahan. Selain mengelola sampah, berikut langkah lainnya yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan lingkungan bersih:

pexels.com
  1. Membuat sumur resapan

Di perkotaan yang padat penduduk, air menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi. Ketika musim hujan tiba, air menjadi sumber permasalahan utama karena tanah tidak mampu melakukan peresapan dengan baik. Air tidak hanya menjadi permasalahan di musim hujan tetapi dapat menjadi masalah pula ketika musim kemarau tiba. Keberadaan air yang menipis membuat banyak tumbuhan yang layu. Berdasarkan temuan di website Thegorbalsla, Masalah kekurangan dan kelebihan air dapat diselesaikan dengan membuat sumur resapan.

  1. Menanam pohon

Menciptakan lingkungan yang bersih juga dapat dilakukan dengan cara menanam pepohonan. Dengan menanam pohon, secara tidak langsung kita berperan dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Pepohonan sendiri merupakan sumber udara bersih bagi lingkungan yang berada di sekitarnya. Agar udara di sekitar kita menjadi bersih, pastikan untuk menanam pohon di tempat-tempat yang memiliki udara kotor. Kita dapat menaman beragam jenis pohon tanpa adanya batasan akan jenis pohon tertentu.

Manfaat Mewujudkan Lingkungan Bersih

Lingkungan yang bersih tentunya akan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan lingkungan. Lingkungan yang sedap dipandang menjadi salah satu manfaat yang akan kita rasakan jika lingkungan selalu berada dalam keadaan yang bersih. Pemandangan tidak akan terlihat menarik jika lingkungan dipenuhi dengan sampah dan kotoran. Lingkungan yang bersih tidak hanya dapat membuat pemandangan sedap dipandang melainkan juga dapat menciptakan lingkungan yang sehat. Tidak hanya itu, berikut merupakan manfaat lainnya dari lingkungan yang bersih:

pexels.com
  1. Kualitas udara tetap terjaga

Dengan lingkungan yang bersih, kualitas udara menjadi lebih baik. Jika lingkungan tidak terjaga kebersihannya, udara di sekitar akan berbau tidak sedap. Tidak hanya itu, kita juga akan merasakan sesak napas jika udara penuh dengan polusi. Ada 3 indikator yang dapat kita gunakan untuk menilai lingkungan yang bersih, seperti:

  • Polusi atau jumlah asap yang rendah
  • Sampah yang dikelola dengan baik
  • Sungai dan saluran pembuangan air berada dalam kondisi yang baik
  1. Terhindar dari beragam jenis penyakit

Lingkungan yang bersih dapat menjaga kita dari beragam jenis penyakit. Sampah yang menumpuk merupakan sumber dari beragam masalah. Tidak hanya dapat menciptakan aroma yang tidak sedap, sampah dapat menciptakan penyakit disentri, diare dan sesak napas. Guna menghindari jenis penyakit yang tidak diinginkan, menjaga kebersihan lingkungan merupakan hal wajib yang harus kita lakukan.

  1. Menciptakan rasa puas bagi warga lingkungan

Lingkungan bersih dapat memberikan rasa puas bagi warga yang berada di wilayah tertentu. Warga yang berhasil mempertahankan lingkungannya agar selalu berada dalam keadaan yang bersih akan merasa puas dengan pencapaiannya yang berhasil mereka capai. Rasa puas semakin terasa setelah lingkungan terlihat sedap untuk dipandang.

pexels.com
  1. Menciptakan rasa nyaman

Lingkungan yang bersih dapat membuat kita merasa nyaman untuk tinggal dalam waktu yang lama di lingkungan tersebut. Kita tentunya tidak akan menghabiskan sisa hidup kita di lingkungan yang kotor bukan?

  1. Mencegah banjir

Lingkungan yang bersih dan terhindar dari sampah akan terhindar dari banjir. Seperti yang kita ketahui, sampah merupakan alasan terjadinya banjir di beberapa kota besar. Selama lingkungan terhindar dari sampah, banjir tidak akan kita temui.

  1. Menarik minat orang lain untuk datang berkunjung

Lingkungan yang bersih dapat dijadikan model bagi orang lain. Orang-orang yang merasa nyaman dengan lingkungan yang bersih akan merasa tertarik untuk datang berkunjung. Kita dapat menciptakan hubungan baru dengan orang lain akibat kunjungan yang mereka lakukan.

  1. Kesehatan lingkungan dapat terus terjaga.
  2. Dapat meraih penghargaan kebersihan lingkungan Adipura

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *