design

Tipe dan Harga Gorden Terbaru

Gorden atau hordeng adalah sepotong kain yang biasanya digunakan untuk menutupi, menghalangi, atau mengurangi cahaya yang masuk dari luar jendela. Selain dapat mengurangi cahaya yang masuk, gorden juga dapat digunakan sebagai untuk menutupi pemandangan dalam maupun luar, bisa dikatakan juga gorden dapat digunakan untuk menjaga privasi seseorang. Dilihat dari sejarahnya, gorden ini sendiri berasal dari luar negeri. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan fungsi gorden yang begitu besar, hampir di setiap negara telah menggunakan gorden atau tirai.

Sampai dengan saat ini, sudah banyak tipe maupun model gorden. Anda bisa mencoba mengamati beberapa tipe, model, serta harga gorden tersebut melalui toko gorden secara langsung atau dari internet. Selain karena fungsinya sebagai media untuk menjaga privasi seseorang, gorden juga dipercaya memiliki nilai estetika. Dengan menggunakan gorden di rumah anda ini, rumah anda akan terasa indah. Untuk bisa mendapatkan keindahan tersebut, tentu kita tidak boleh sembarangan memilih tipe gorden. Banyaknya tipe gorden yang ada memiliki ciri dan karakternya yang masing-masing. Setiap tipe tentu memiliki nilai gunanya sendiri-sendiri. Contohnya ada tipe gorden yang hanya cocok digunakan ketika di dapur, lalu ada juga tipe gorden yang bahan gordennya harus halus. Ketika anda mempelajari beberapa tipe model gorden, anda juga akan menemukan istilah vertical blind.

pexels.com

Jenis dan Harga Gorden Jendela

Apabila anda berencana ingin membuat gorden di rumah sendiri, anda perlu mengetahui daftar harga gorden beserta bahan yang tepat. Beberapa bahan gorden tersebut yaitu kain katun, kain chenille, kain gorden brukat, kain dimout, satin, serta kain blackout. Dari beberapa bahan yang telah saya sebut tadi, tentu masing-masing bahan tersebut memiliki keunggulan dan fungsinya masing-masing. Pemilihan bahan gorden yang tepat akan menunjang keindahan ruangan pada rumah anda. Pemilihan bahan gorden tersebut juga perlu mempertimbangkan ketebalan. Ketebalan pada gorden akan memengaruhi ke fleksibelan gorden tersebut. Umumnya juga, bahan gorden yang tipis cocok digunakan di ruang keluarga. Selain karena mudah untuk digerakkan, gorden dengan bahan tipis memiliki nilai estetika.

Tipe Gorden Jendela

Sampai dengan saat ini, ada banyak ragam motif dan warna gorden jendela yang bisa dipilih. Beberapa tipe gorden yang ada juga memiliki daftar harga gorden yang berbeda-beda. Untuk bisa memiliiki ruangan yang indah, tentu anda perlu mengetahui tipe gorden apa yang cocok untuk digunakan. Adapun beberapa tipe gorden tersebut yaitu:

  1. Gorden Tipe Sheer

Tipe gorden ini sangat tepat dipilih bagi kalian yang menginginkan sedikit privasi namun cahaya matahari atau lampu jalan tetap bisa masuk lewat jendela. Walau gorden ini hanya bersifat sebagai pelapis, tipe gorden ini tetap dibutuhkan agar pandangan dari luar ke dalam tetap sopan. Umumnya, gorden Sheer ini memiliki bahan yang tipis, dan biasanya berwarna putih polos. Tipe gorden ini sangat cocok digunakan sebagai pelapis gorden jendela tipe lain dan untuk ruangan apapun.

pexels.com
  1. Gorden Jendela Tipe Rod Pocket

Dibandingkan tipe gorden yang lain, rod pocket adalah tipe gorden yang paling sederhana. Pada bagian lorong atas gorden ini, terdapat lorong hasil keliman yang berfungsi untuk menggantung pada batang jendela yang ramping. Red pocket adalah gorden jendela yang terbuat dari kain yang ringan. Umumnya juga, tipe gorden ini tidak sering dibuka-tutup karena fungsinya sebagai pembatas. Karena sifatnya yang kurang fleksibel, gorde red pocket ini cocok digunakan pada ruangan yang jarang digunakan.

  1. Gorden Jendela Tipe Draperies

Apabila rod pocket adalah tipe gorden yang paling sederhana, lantas tipe gorden yang paling dekoratif adalah tipe gorden draperies. Di beberapa tahun yang lalu, tipe gorden draperies memang sering digunakan untuk membuat ruangan menjadi lebih menarik. Karena perkembangannya, sekarang ini tipe gorden ini memiliki motif dan warna yang sangat cantik. Seringkali draperies tampil lebih simpel dengan permukaan yang bergelombang dan menggantung panjang. Bahan kain yang digunakan pada tipe gorden ini biasanya terbuat dari kain yang lebih berat.

Tipe gorden draperies umumnya juga berupa thermal curtain. Maksud dari thermal curtain ini yaitu gorden jendela yang mengandung bahan akrilik pada setiap lipatannya. Efek yang ditimbulkan oleh bahan akrilik ini mampu membuat ruangan menjadi lebih hangat ketika cuaca dingin, mampu meredam suara, serta mampu menghalangi cahaya masuk. Bisa dikatakan juga, tipe gorden draperies ini membuat energi menjadi lebih efisien.

  1. Gorden Jendela Tipe Cascades

Apabila anda tengah menginginkan tipe gorden jendela yang menjutai di kedua sisi jendela, maka pilihan yang paling tepat yaitu cascades. Selain memiliki variasi motif dan panjang, tipe gorden ini juga biasanya tidak terpisah dari swag. Tipe gorden cascades cocok dipasang di ruang baca atau kamar pribadi milik anda. Detail harga gorden cascades ini dapat anda cek di internet.

  1. Gorden jendela Tipe Valances

Karakteristik yang paling kelihatan pada tipe gorden valances yaitu cantik dengan bentuk berombak. Selain dikenal karena keindahannya, tipe gorden ini juga dinilai memiliki estetika yang fungsional. Tipe gorden ini berfungsi untuk mentupi batang jendela yang kurang indah. Umumnya juga, tipe gorden valances ini sering dikombinasikan bersamaan dengan tipe gorden cascades.

Selain menggunakan valances, anda juga bisa menggunakan penutub batang gorden berupa boks bernama pelmets. Dengan menggunakan pelmets, anda akan membuat ruangan tampak lebih formal. Apabila anda memiliki jendela yang berukuran lebar dan tinggi, sebaiknya gunakan tipe pelmets agar terlihat gagah dan menawan.

pexels.com
  1. Gorden Jendela Tipe Tiers

Apabila tipe gorden valances digunakan untuk menutupi bagian atas jendela, lalu tipe gorde tiers dapat anda gunakan untuk menutupi bagian bawah jendela. Umumnya, tiers dapat menutupi bagian bawah jendela hingga sepertiganya. Tipe gorden tiers akan membentuk kombinasi sempurna apabila disandingkan dengan valances. Apabila kedua tipe gorden ini digunakan, cahaya dari luar akan tetap bisa masuk ke ruangan namun privasi tetap terjaga. Umumnya juga, tipe moder tiers ini digunakan untuk ruangan dapur atau kamar mandi.

  1. Gorden Jendela Tipe Eyelet

Salah satu karakteristik pada tipe gorden jendela ini yaitu terdapat ring-ring besi sebagai tempat menggantung pada bagian batang jendela. Umumnya, gorden jendela eyelet terbuat dari kain gorden atau tirai yang ringan dan tidak terlalu berat.Tipe gorden jendela eyelet cocok dipasang di kamar tidur anak, selain karena mudah untuk digeser, tipe gorden ini juga memiliki desain yang simpel. Apabila anda ingin memasang gorden eyelet di ruang keluarga, anda bisa mencoba memilih bahan gorden yang lebih berat. Pemilihan bahan gorden yang lebih berat cocok untuk ruang keluarga bergaya modern. Untuk daftar harga gorden eyelet ini, anda bisa mencoba menemukannya di internet.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *