Kesehatan

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Gejala Kolesterol Jahat

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan adanya penyakit kolesterol yang ada di negeri ini. Kira-kira, ada 1 orang dari 3 orang Indonesia, mengalami penyakit kolesterol dengan berbagai penyebab kolesterol yang bermacam-macam. Apalagi di era modern sekarang ini, banyak orang yang kurang memperhatikan pola makannya, sehingga banyak anak muda juga yang terkena penyakit tersebut. Sungguh mengkhawatirkan jika anak muda saja sudah memiliki penyakit kolesterol yang pada umumnya diderita oleh orang tua lanjut usia. Untuk itulah, sekarang harus lebih memperhatikan lagi pola hidupnya bagaimana. Jangan asal makan tanpa mengetahui akibat yang akan dirasakan ketika sering tidak memperhatikan pola makannya.

Mengenal Kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang sudah cukup umum di kalangan masyarakat, namun akan sangat berbahaya dan menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani. Setiap orang memiliki kolesterol yang ada di dalam tubuhnya. Kolesterol adalah senyawa yang mirip seperti lemak yang hidup secara alami di hampir setiap bagian tubuh manusia seperti usus, hati, otak, jantung, dan otot. Nah, normalnya manusia harus mempunyai kolesterol di bawah 200 miligram per desiliter. Apabila di atas angka tersebut, sudah cukup bahaya dan harus diturunkan dengan segera sebelum menyerang ke organ tubuh Anda lainnya dan memperparah keadaan. Kebanyakan orang yang meninggal akibat kolesterol karena menyepelekannya.

Kolesterol sebenarnya dibagi menjadi dua yaitu kolesterol jahat yang biasa disebut dengan LDL atau low density lipoprotein dan kolesterol jahat atau yang disebut juga dengan HDL, high density lipoprotein. Kolesterol jahat terjadi karena penumpukan HDL yang terlalu banyak pada arteri sehingga proses penyaluran darah dari jantung ke seluruh tubuh jadi terhambat. Jika sudah seperti itu, penderita bisa terkena penyakit jantung dan juga stroke bila kolesterolnya sudah terlalu tinggi. Sementara untuk kolesterol baik, HDL membawa kolesterol ke hati. Kemudian di hati akan dipecah dan dihilangkan dari dalam tubuh. HDL jumlahnya lebih banyak dari LDL. Untuk itulah, Anda harus menjaga HDL tersebut agar bisa mentamengi tubuh Anda dari kolesterol jahat.

Karena setiap manusia memiliki kolesterol yang ada di dalam tubuhnya, jadi semua manusia berpotensi untuk bisa terkena kolesterol tinggi. Tinggal Anda sendiri, mau bagaimana menjaga pola hidup yang benar agar kolesterol yang ada di dalam tubuh tidak naik dan tetap berada di angka normal. Apabila sudah kejadian terkena penyakit kolesterol, yang harus Anda lakukan adalah menurunkannya dengan segera. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan penyakit tersebut. Bisa dengan cara alami, dan Anda bisa menggunakan jasa medis bila cara alami saja tidak juga turun. Karena dengan bantuan medis, kolesterol Anda juga bisa turun dengan cepat, dan nyawa Anda pun terselamatkan.

www.pexels.com

6 Gejala Kolestrol yang Harus Diwaspadai

Akan tetapi, sebelum Anda melakukan penurunan kolesterol, ada baiknya Anda mengetahui bagaimana gejala kolesterol yang timbul. Jika memang gejala-gejala tersebut ada pada diri Anda, segeralah melakukan penanganan agar kolesterol Anda tidak terlampau tinggi. Berikut adalah beberapa gejala penyakit kolesterol yang biasanya muncul pada kebanyakan orang :

  1. Jantung yang Berdebar Dengan Keras

Kenapa jantung berdebar dengan keras setiap saat? Itu dikarenakan  terdapat plak-plak yang menempel pada jantung Anda sehingga jantung Anda pun harus bekerja lebih keras lagi untuk memompa darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh Anda.

  1. Otot-otot Mudah Lelah

Penderita darah tinggi yang juga mengalami kolesterol juga pasti akan mengalami kelemahan pada otot kaki seingga mudah lelah untuk melakukan gerakan. Hal itu dikarenakan arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga otot kaki menjadi lemah.

  1. Mengalami Pegal-Pegal, Kesemutan dan Sakit Kepala

Orang yang mengalami gejala penyakit kolesterol yang tinggi, biasanya memang mengalami sakit kepala, pegal-pegal pada ototnya, sering kesemutan terlalu sering dan juga sangat mudah untuk mengantuk. Kenapa hal itu terjadi? Karena kurangnya oksigen yang masuk diakibatkan plak yang menempel pada pembuluh darah.

  1. Mual Dan Rasa Ingin Muntah

Para penderita kolesterol yang tinggi juga akan menunjukkan gejala mual dan muntah karena sistem pencernaannya yang kurang bagus. Jika orang yang mengalami kolesterol parah bahkan bisa sering pusing dan napsu makan yang menurun.

  1. Sesak Napas

Tidak hanya orang penderita asma, orang yang terkena kolesterol pun akan mengalami sesak napas karena pembuluh darah di paru-paru tertumpuk oleh kolesterol yang cukup banyak, sehingga menyebabkannya terganggu pernapasannya.

  1. Keseimbangan Tubuh Menurun

Karena otot tangan dan kaki yang melemah dan sering lelah dalam bergerak, kesimbangan pun menjadi buruk. Hal itu dikarenakan arteri yang tidak mendapat aliran darah yang cukup untuk memperkuat otot kaki dan tangan untuk bisa bergerak seimbang. Akan tetapi, kondisi ini kebanyakan dijumpai oleh orang lanjut usia yang sudah sangat berumur.

Peratikan gejala-gejala tersebut. Apakah Anda mengalaminya? Ataukah saudara, keluarga dan bahkan sahabat Anda ada yang mengalaminya? Segera lakukan penurunan kolesterol sebelum terlambat dan kondisi tubuh Anda semuanya menurun. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang menyebabkan penyakit kolesterol itu terjadi pada manusia?

www.pexels.com

Faktor Penyebab Kolesterol

Sudah banyak yang melakukan penelitian sejak dulu mengenai penyebab dari penyakit kolesterol. Akan tetapi, meski banyak orang yang sudah tahu tentang penyebab-penyebab tersebut, masih ada saja orang yang begitu tidak peduli dengan hal tersebut. Sampai akhirnya mereka terkena kolesterol, barulah menyadari dan mau merubah pola hidupnya. Berikut ada beberapa faktor penyebab dari penyakit kolesterol yang sering kita temui di berbagai kalangan masyarakat :

  1. Yang pertama bersumber dari apa yang Anda makan. Jika Anda memakan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh atau lemak trans, maka kadar kolesterol Anda meningkat sehingga akan mengganggu kesehatan Anda sendiri. Contohnya saja makanan fast food ataupun junk food.
  2. Kemudian, kolesterol juga dapat terjadi karena obesitas atau berat badannya berlebih. Kebanyakan orang yang mengalami obesitas pasti memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih tinggi dari pada orang yang kurus atau bahkan dengan berat badan ideal. Untuk itulah, harus melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan.
  3. Kolesterol juga terjadi karena faktor usia. Orang yang sudah tua cenderung memiliki kadar LDL yang cukup tinggi sehingga baik fungsi pada bagian tubuh berubah dan metabolisme tubuhnya juga menurun. Biasanya ketika orang tersebut sudah memasuki umur 20 tahun, kadar LDLnya sudah mulai meningkat dan harus berhati-hati akan hal itu.
  4. Kurangnya gerak terutama olahraga juga akan meningkatkan kadar kolesterol Anda. sempatkanlah untuk berolahraga minimal 2 kali seminggu.
  5. Faktor kolesterol akan semakin kuat bila ada riwayat dari keluarga yang menderita kolesterol. Biasanya keluarga yang memiliki riwayat penyakit tersebut, akan menurun kepada anak ataupun cucunya. Maka dari itu, Anda yang sudah tahu keluarganya ada yang menderita kolesterol, harus lebih dijaga lagi pola hidupnya.

Lalu, bagaimana untuk mengindari penyakit tersebut? Ada berbagai alternatif yang bisa Anda lakukan agar kolesterol Anda tetap stabil dan tidak naik. Seperti halnya salah satu produk kesehatan yang berasal dari Nasa. Di produk Nasa, kita juga bisa mendapatkan obat untuk bisa menurunkan kolesterol. Di produk tersebut terbuat dari bahan-bahan alami yang aman, dan pastinya akan membantu Anda menurunkan kadar kolesterol Anda dan mencegahnya untuk naik kembali. Namun, meski Anda sudah menggunakan produk Nasa, akan sangat lebih baik jika Anda menerapkan pola hidup sehat demi menjaga kolesterol Anda agar tidak naik.

www.pexels.com

Panduan Hidup Sehat untuk Menghindari Kolesterol

Pola hidup sehat memang susah-susah gampang. Untuk melakukannya harus dimulai dari diri Anda sendiri untuk bisa merubah pola buruk Anda, untuk menjadi baik. Jika dari Anda tidak mau berusaha untuk mengubah kebiasaan buruk tersebut, mau sampai kapan kolesterol Anda bisa turun? Maka dari itulah, berikut panduan untuk Anda agar bisa mengitur pola hidup lebih bagus lagi :

  1. Yang harus Anda perhatikan adalah makanan yang Anda konsumsi. Obat alami untuk bisa menurunkan kolesterol adalah dengan mengkonsumsi makan makanan yang sehat. Untuk itulah, Anda harus perhatikan lagi makanan yang Anda konsumsi. Makanan yang sehat tidak perlu mahal, asal memiliki kandungan dan gizi yang mencukupi.
  2. Kedua, Anda harus berolahraga dengan teratur. Tadi disebutkan bahwa penyebab kolesterol tinggi adalah kurangnya berolahraga. Untuk itulah, Anda harus mulai berolahraga. Minimal per harinya 15 menit saja cukup dan jika dilakukan setiap hari, Anda akan merasakan perbedaannya.
  3. Kemudian, Anda juga harus menurunkan berat badan Anda. Orang yang obesitas, kemungkinan mendapat kadar kolesterol yang tinggi sangat besar. Untuk itulah, harus menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Jangan menggunakan obat-obatan yang bisa membuat Anda kurus seketika. Menurunkan berat badan pun tidak harus sampai benar-benar kurus. Untuk 5 kilogram berat badan yang diturunkan, bisa menurunkan 8 persen kolesterol Anda.
  4. Hindarilah merokok dan minuman beralkohol. Lebih baik Anda perbanya untuk meminum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan agar lebih sehat. Tahu sendiri bukan, jika rokok dan alkohol adalah dua benda yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk itulah, Anda harus menghindari itu semua.
  5. Lalu, hindarilah stres yang berkepanjangan. Stres akan memunculkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kadar kolesterol Anda. buatlah Anda untuk mengalihkan rasa stres Anda dengan melakukan hal-hal yang cukup menyenangkan.

Lakukanlah itu semua ketika dirasa tubuh Anda menunjukkan tanda-tanda adanya gejala penyakit kolesterol. Jika Anda melakukannya secara rutin, Anda pun akan mendapatkan manfaatnya. Seperti, berkurangnya rasa pusing, mudah lelah, kesemutan dan bahkan pegal-pegal. Bila Anda merasa kolesterol Anda sudah cukup tinggi, cobalah untuk meminta bantuan ke dokter untuk melakukan pengecekan kolesterol Anda, untuk kemudian dilakukan cara-cara medis yang lain.

Apabila dokter telah memberikan obat khusus yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, bukan berarti Anda akan bebas makan apa saja. Justru, dengan melakukan pola hidup yang baik dengan makan-makanan yang bagus untuk menurunkan kolesterol, akan mendukung obat bekerja lebih baik di dalam tubuh Anda, serta memberikan efek yang baik untuk kesembuhan Anda. Jadi, jangan merasa aman jika sudah diberi obat oleh dokter. Pastinya dokter juga telah mewanti-wanti kepada Anda untuk tidak mengkonsumsi makanan ini dan itu. Semua nasihat dari dokter harus dipatuhi agar kesembuhan pun bisa Anda dapatkan.

www.pexels.com

Makanan yang Baik untuk Penderita Kolesterol

Ada buah dan makanan seat lain yang memang ada dan dikhususkan bagi Anda yang memang memiliki penyakit kolesterol. Memang, jika hanya mengkonsumsi makanan itu saja tentu tidak akan enak, namun, pada kenyataannya makanan tersebut sangat membantu untuk kesembuhan dan menurunkan kadar kolesterol Anda. Berikut adalah makanan yang pas untuk Anda konsumsi bagi Anda yang memiliki riwayat kolesterol yang tinggi :

  • Ada minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dan kaya akan asam lemak tak jenuh sehingga sangat bagus bagi Anda para penderita kolesterol. Anda bisa menggunakannya untuk memasak dan menggoreng sesuatu agar tidak terlalu banyak mengandung lemak jenuh pada makanan tersebut.
  • Kemudian ada kedelai yang mengandung isoflavon yang baik untuk menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. makanan yang terbuat dari kedelai tentu saja sangat banyak. Ada tahu dan tempe. Serta susu dari kedelai yang cukup lexat.
  • Kolesterol juga mengganggu pencernaan Anda. untuk itulah, makanan yang mengandung serat tinggi seperti oatmeal dan makanan berserat lainnya memang sangat bagus untuk penderita kolesterol. Oatmeal ataupun gandum sangat bagus untuk sarapan Anda dan sangat bagus untuk menurunkan berat badan karena mudah kenyang.
  • Selanjutnya ada kacang-kacangan yang bagus untuk program diet Anda. Apabila diet Anda berhasil, kolesterol Anda juga bisa turun. Kacang memang mengandung serat larut yang sangat tinggi sehingga bagus untuk Anda yang ingin menurunkan kolesterol dan membakar lemak yang ada di dalam tubuh Anda.
  • Ikan salmon memang harganya mahal, hal itu dikarenakan kandungan omega 3 yang bagus untuk menurunkan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh Anda. akan tetapi, Anda harus memakannya dalam kondisi masak. Selain ikan salmon, ikan tuna, mackarel, dan juga ikan sarden juga bagus untuk dikonsumsi orang penderita kolesterol.
www.pexels.com

Buah untuk Penderita Kolesterol

Selain makan makanan tersebut, Anda memang harus mempunyai makanan pendamping lainnya, yaitu buah. Buah adalah makanan yang kaya akan vitamin dan kandungan baik lainnya yang ada di dalam. Untuk itulah, ada beberapa buah yang bisa direkomendasikan untuk Anda sebagai pendamping makanan selama masa menurunkan kolesterol jahat. Berikut buah-buah yang direkomendasikan bagi penderita kolesterol :

  • Ada alpukat. Alpukat adalah buah yang kaya akan kalori dan lemak baik yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Namun, Anda harus batasi konsumsinya dan jangan makan alpukat dengan tambahan gula ataupun susu.
  • Kemudian ada apel yang mengandung pektin, sejenis serat larut yang bisa membasmi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh Anda.
  • Ada pula jambu biji yang mengandung vitamin dan antioksidan yang melindungi sel jantung dari radikal bebas dan menurunkan kolesterol jahat. Sudah enak, segar dan bermanfaat bagi kesehatan pula.
  • Jeruk yang mengandung banyak vitamin C juga mencegah adanya penumpukan kolesterol yang ada di dalam tubuh dan rasanya pun sangat menyegarkan.

Nah, mana buah kesukaan Anda? Ingatlah, semua makanan termasuk buah tersebut harus dikonsumsi sewajarnya saja. Meski memiliki kandungan yang bagus, tapi jika dikonsumsi terlalu banyak juga akan menyebabkan hal yang buruk lainnya. Ayo, basmilah kolesterol jahat dengan mengikuti tips di atas dengan mengatur pola hidup Anda untuk menjadi sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *