Umum

Cara Mengolah Daun Dadap Serep

 

Daun dadap serep memang dikenal dan banyak dimanfaatkan untuk menjadi tanaman hias oleh masyarakat Indonesia. Padahal sebenarnya daun ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk tanaman hias. Pasalnya daun dadap serep mempunyai khasiat yang memukau sebagai kesehatan tubuh. Maka dai itulah banyak obat-obatan tradisional yang memanfaatkan daun ini sebagai pengobatan secara alami. Tentunya bermanfaatnya daun dadap serep ini bagi kesehatan tubuh karena memang kandungan yang begitu memukau mulai dari kandungan alkaloid, eritrina, hipaforina dan masih banyak lagi. Untuk itu memang menjadi penting Anda mengetahui cara mengolah daun tersebut sebagai pengobatan secara alami bagi tubuh.

Kumpulan Cara Mengolah Daun Dadap serep

Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah daun dadap serep  tersebut. Adapun berbagai cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Merebus

Cara pertama yang bisa Anda lakukan apabila ingin mengolah daun dadap serep ini adalah dengan langsung merebusnya.  Untuk merebus daun ini ambilah setidaknya 5 lembar daun. Setelah itu tambahan air sebanyak dua gelas biasa saja. Jangan lup untuk menambahkan 2 sendok madu kedalam rebusan daun tersebut. Anda bisa menikmati ari rebusan dari daun dadap serep ini sekali seharinya pada sore ataupun pagi hari.

  1. Mengunyah

Daun dadap serep ini juga bisa Anda konsumsi langsung dengan mengunyahnya.  Namun memang Anda harus tahan akan rasanya yang pait sehingga kemungkinan besarnya bisa menimbulkan ketidaknyamanan.  Untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, Anda bisa merebus terlebih dahulu daun dadap serep ini sebelum dikunyah secara langsung.

  1. Melumatkannya

Melumatkan daun dadap serep ini adalah cara ketiga yang bisa lakukan untuk mengolah daun tersebut. Langkah yang harus Anda lakukan pertama-tama adalah mengambil daun tersebut. Setelah itu Anda bisa melumatkan atau meremas daun dadap serep ini sampai melunak barulah silahkah tempelkan ke jidat. Biasanya cara yang satu ini akan digunakan ketika daun tersebut dimanfaatkan untuk  mengobati demam.

  1. Membalurkannya

Terakhir, cara yang bisa Anda lakukan dalam mengolah daun dadap serep ini adalah langsung membalurkannya. Biasanya cara ini cocok untuk mengobati gatal, luka kulit hingga koreng.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *