teknologi

Cara Dark mode WhatsApp di Android

Dark mode atau fitur mode gelap yang terdapat pada whatsapp sudah tersedia pada aplikasinya. Sayangnya masih ada beberapa pengguna Whatsapp yang belum dapat menikmati fitur tersebut karena belum melakukan update. Untuk penyebaran fitur yang terdapat pada WhatsApp dilakukan secara bertahap. Sementara pembaruan terbaru yang ada pada WhatsApp yaitu adanya Dark mode versi Android.

WhatsApp telah memiliki pilihan tema antarmuka yang serba gelap untuk versi 2.20.64. Memang sudah sejak lama para pengguna Whatsapp menunggu kehadiran fitur dark mode ini, karena fitur ini tidak hanya memberikan tampilan yang gelap dan menjadikan Smartphone tidak banyak memakan daya. Selain itu antar muka hitam dapat mengurangi ketegangan mata ketika berada di lingkungan yang rendah cahaya.

Cara Mengaktifkan Dark Mode Pada Whatsapp

Anda dapat secara langsung menikmati sensasi dari fitur dark mode pada aplikasi WhatsApp. Untuk itu Anda dapat memperbarui aplikasi chatting dan mengetahui cara dark mode whatsapp di android dengan cara mengunjungi Charis id. Berikut ini langkah yang bisa diikuti untuk mengaktifkan Dark mode pada WhatsApp:

  • Anda harus melakukan pemasangan pembaruan terlebih dahulu dan silahkan aktifkan fitur melalui menu pengaturan atau setting.
  • Kemudian pilih chat dan pilih tema di bagian menu tema
  • Silahkan klik pilihan menu dark
  • Setelah itu tekan tombol Ok supaya bisa mengaktifkannya
  • Hanya menunggu beberapa detik saja aplikasi WhatsApp bisa menampilkan perubahan tampilan warna serba hitam
  • Untuk Anda pengguna Android 10 tidak hanya dapat mengaktifkannya melalui aplikasi saja, namun juga dapat mengaktifkannya melalui mode gelap di bagian menu pengaturan ponsel

Untuk tampilan mode gelap yang terdapat pada WhatsApp memang serupa dengan tema yang ada di Instagram. Untuk mode tersebut memberikan tampilan Whatsapp yang didominasi dengan warna hitam. Namun untuk padu padannya disesuaikan pada ciri khas WhatsApp. Ketika menggunakan mode gelap aktif, maka warna gelap di dominasi secara menyeluruh dari tampilan Whatsapp.

Baik itu dari beranda sampai dengan ruang obrolan. Sedangkan warna gelap tersebut dipadukan warna hijau yang memang menjadi ciri khas dari aplikasi WhatsApp di bagian icon seperti icon chat, balon atau Bubble notifikasi, maupun status ketika mengetik.

Pada bagian ruang obrolan untuk kolom teks pesan dikirimkan berwarna hijau dan untuk kolom teks pesan yang diterima berwarna gelap. Sedangkan pesan teks maupun nama kontak yang ada di bagian beranda berwarna putih.

Perbedaan Fitur Antara Dark Mode Whatsapp Iphone dan Android

Meskipun cara dark mode whatsapp di android dengan Iphone sama, namun keduanya memiliki tampilan yang berbeda. Memang tidak hanya para pengguna iPhone saja yang bisa menikmati pilihan fitur dark mode pada WhatsApp. Akan tetapi para pengguna Android pun juga dapat menggunakannya. Hanya saja keduanya mempunyai seperti berikut ini:

  1. Bagian Tone Warna

Perbedaan antara dak mode pada WhatsApp Android dengan iPhone di antaranya bagian tone warna. Jika dilihat dari keduanya memang mempunyai perbedaan dari bagian tone warna. Untuk tampilan dark mode yang terdapat di Android cenderung terlihat abu-abu gelap. Sedangkan pada versi iOS atau pada iPhone dominan warna hitam pekat.

Pihak dari WhatsApp sendiri memang belum memberikan pernyataan resmi atau klarifikasi mengapa fitur dark mode mengalami perbedaan tampilan pada kedua sistem operasi tersebut. Walaupun warna perbedaan cukup relatif minim, akan tetapi pengguna iPhone jauh lebih diuntungkan karena tampilan yang gelap dan hitam.

Warna inilah yang mempunyai daya tahan baterai lebih lama sesuai dengan teknologi OLED. Bahwa warna hitam berarti mematikan lampu pixel. Dengan hal tersebut maka penggunaan daya baterai semakin limit.

  1. Kenyamanan

Selain memiliki perbedaan warna, keduanya pun juga memiliki perbedaan dari segi kenyamanan. Bagaimana tidak? Saat menggunakan iPhone Anda benar-benar bisa menghemat daya baterai, karena warnanya yang gelap pekat. Selain itu juga memberikan kenyamanan karena tidak secara langsung menatap pixel yang menyala.

Dengan demikian, mata pun merasa lebih nyaman ketika menatap layar handphone. Tentunya hal ini berbeda dengan mode yang terdapat pada ada Android. Hal ini dikarenakan dark mode WhatsApp yang terdapat pada Android berwarna abu-abu gelap. Warna abu-abu tidak berpengaruh terhadap penghematan baterai.

Sedangkan pixel layarnya masih tetap mengeluarkan cahaya. Jika dilihat secara visual untuk warna abu-abu gelap menjadikan mata terasa tidak nyaman. Meskipun demikian, hal ini tidak mengurangi kepuasan pengguna whatsapp untuk tetap menggunakan fitur dark mode.

  1. OS Requirement

Untuk perbedaan yang satu ini bisa memberikan keuntungan bagi pengguna Android. Hal ini dikarenakan WhatsApp dark mode dapat dinikmati pengguna iPhone yang telah melakukan update OS pada iOS 13. Sementara pengguna iOS 13 bisa menggunakan fitur dark mode yang dijadikan sebagai tema utama pada perangkat sekaligus WhatsApp menyesuaikan diri apabila tema diaktifkan.

Berbeda dengan pengguna iPhone 6 ke bawah mereka harus rela menahan keinginan untuk bisa menggunakan fitur dark mode ini. iPhone dibawah 6 tidak bisa menerima dukungan untuk pembaruan OS sampai iOS 13.

Sedangkan bagi pengguna Android tidak diharuskan menggunakan Android pada versi 10 agar dapat menikmati fitur dark mode. Di halaman Google Play Store untuk persyaratan minimal menggunakan WhatsApp yaitu telah terinstal Android versi 4.0 3.

Cara menggunakan dark mode WhatsApp memang menjadi banyak incaran para masyarakat, karena dirasa fitur ini mampu memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya. Selain itu dengan mode gelap WhatsApp para pengguna bisa melihat bagian layar belakang yang dipadukan warna abu-abu gelap secara khusus dengan warna putih tulang.