Umum

Bagian Tubuh Ikan Fugu yang Seharusnya Tidak Anda Konsumsi Karena Mengandung Racun

 

Ikan Fugu menjadi jenis ikan yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai santapan atau hidangan yang cukuplah ekstrem dan populer. Namun sayangnya, tidak semua tubuh Fugu dapat dikonsumsi, karena mengandung racun yang cukup membahayakan kesehatan jika dikonsumsi.

Ada 30 racun yang terdapat di dalam tubuh Fugu, dan apabila dikonsumsi maka dapat meregang nyawa. Hal ini dikarenakan 30 racun tersebut belum ada penawarnya, sehingga sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya di bagian tubuhnya tertentu.

Walaupun Fugu terdaftar sebagai jenis ikan yang beracun, namun Fugu banyak dikonsumsi di negara China dan Jepang. Kedua negara inilah yang mempunyai sajian dengan bahan dasar Fugu. Bahkan sudah ada banyak restoran di Jepang yang menyediakan menu Fugu sebagai menu andalan yang sangat lezat.

Ada beberapa bagian tubuh fugu yang seharusnya tidak Anda konsumsi, karena bisa meregang nyawa manusia yang menyantap nya, diantaranya sebagai berikut:

  • Sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi bagian ginjal ikan Fugu, karena mengandung banyak racun.
  • Ketika akan memasaknya, maka selaput lendir pada bagian Fugu haruslah dibersihkan secara maksimal. Selaput lendir tersebut pun juga harus diangkat, selain beracun, selaput lendirnya pun juga dapat menimbulkan bau amis.
  • Bagian insang Fugu tidak dapat dikonsumsi. Bagian yang boleh dikonsumsi yaitu dengan memotong pada bagian tulang lingual.
  • Bagian mata, jantung dan otak memiliki kandungan racun, sehingga sebaiknya Anda membuang bagian ini ketika ingin mengkonsumsinya.
  • Usus Fugu juga tidak diperkenankan untuk dikonsumsi.

Karena banyaknya racun yang ada di beberapa bagian tubuh Fugu maka hal ini membutuhkan keahlian dalam memasaknya. Tidak boleh sembarangan dalam memasak Fugu. Bahkan beberapa restoran Jepang yang menyediakan menu Fugu pun sudah berlisensi.

Memasak ikan Fugu dibutuhkan pengetahuan yang lebih dan harus berhati-hati. Selain itu, ketika mencuci Fugu pun juga haruslah dilakukan dengan benar, agar racun yang ada di dalam tubuh Fugu tidak menyebar. Karena mengingat dampak buruk dari racun Fugu yang dapat mematikan orang yang mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *