Mengenal Apa Itu WhatsApp

Pixabay.com

Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun ikut mengalami perubahan yang cukup signifikan. Semakin bertambahnya tahun, semakin banyak bermunculan alat alat teknologi yang baru. Selain alat teknologi, hair juga beberapa apikasi yang dapat membantu komunikasi dalam kehidupan manusia.

Di zaman sekarang ini, komunikasi tidak serumit dahulu. Komunikasi melalui telepon genggam misalnya, dahulu telepon genggam hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan dan juga mengirimkan pesan singkat. Beberapa telepon genggam memang bisa mengirimkan gambar, namun pastinya akan mengkonsumsi lebih banyak pulsa.

Seiring berkembangnya zaman, hadir pula beberapa aplikasi sosial media yang semakin memudahkan masyarakat untuk saling berkomunikasi, bertukar informasi, maupun berbagi kebahagiaan melalu foto ataupun video. Rasanya pada zaman sekarang ini selalu ada tempatnya sendiri untuk mengekspresikan apa yang and mau. Jika anda ingin berbagi foto-foto yang bagus anda bisa menggunakan aplikasi Instagram sebagai tempat untuk berbagi.

Jika anda sangat menyukai obrolan random, ataupun curhat, atau menulis apa yang anda rasakan saat ini maka twitter bisa menjadi aplikasi yang tepat. Jika anda ingin berkomunikasi langsung baik via chat, panggilan, maupun panggilan video maka WhatsApp bisa menjadi pilihan yang tepat. Saat ini WhatsApp juga telah menjadi aplikasi wajib bagi netzen Indonesia. Ini ditunjukan oleh bertambahnya pengguna di Indonesia setiap tahunnya. Anda bisa berbagi informasi, foto, maupun video lewat aplikasi WhatsApp ini. Artikel kali ini akan membahas lebih jauh tentang apa itu WhatsApp.

Apa Itu WhatsApp

Whatsapp adalah salah satu jenis sosial media yang bisa mempermudah komunikasi, mengirim pesan, juga beberapa hal lainnya kepada antar penggunanya. Whatsapp pertama kali dibuat pada tanggal 24 Februari 2009 oleh Brian Acton dan juga Jan Koum. Keduanya merupakan mantan pegawai dari Yahoo yang bekerjasama dalam mendirikan aplikasi yang satu ini.

Mereka berdua membangun whatsapp dengan modal tabungan sebesar kurang lebih $400.000 yang telah mereka kumpulkan selama bekerja di Yahoo. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang cukup berkembang dengan pesat. Aplikasi ini memiliki banyak pengguna setia yang tersebar ke berbagai macam penjuru dunia. Saat ini sudah lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia yang sudah menggunakan whatsapp.

Sampai tahun 2020 ini, whatsapp sudah memiliki lebih dari 900 juta pengguna di seluruh dunia. Meskipun statusnya telah berubah dari gratis menjadi berbayar, tidak mengurangi banyaknya pengguna yang memakai aplikasi yang satu ini. Perkembangan yang cukup pesat ini juga lah yang membuat Facebook sangat tertarik untuk membeli dan bergabung dengan whatsapp. Facebook membeli whatsapp di angka $19 miliar, angka yang cukup fantastis.

Namun dengan beralih tangannya whatsaap kepada facebook, banyak pengguna yang mengkhawatirkan beberapa fitur yang nantinya memungkinkan untuk berubah. Ada isu juga bahwa whatsapp aka nada iklan dan versi premium yang pastinya akan sangat mengganggu para penggunanya.

Namun hingga saat ini, isu tersebut tidak dapat terbukti kebenarannya. Para pengguna masih bisa menggunakan whatsapp dengan berbagai macam fiturnya hingga detik ini. Memang ditemukan beberapa fitur baru pada aplikasi yang satu ini, namun untungnya fitur terbaru tersebut masih banyak disukai oleh para penggunanya. Aplikasi yang satu ini bisa dibilang sebagai versi pengembangan dari sms maupun telepon.

Hanya saja aplikasi ini tidak menggunakan pulsa dalam pemakaiannya melainkan menggunakan kuota internet. Konsumsi data kuota internetnya sendiri tidak sebesar aplikasi sosial media lainnya. Sehingga membuat aplikasi yang satu ini masih jadi favorit. Berikut adalah beberapa fitur yang bisa anda nikamati di aplikasi whatsapp.

Fungsi dan Fitur WhatsApp

Fungsi utama dari aplikasi ini tentu saja sebagai alat komunikasi dan pengirim pesan kepada teman maupun orang lain. Meski memiliki beberapa fitur unggulan namun ada saja orang yang tetap tidak puas pada fitu-fitur tersebut. Banyak orang mengembangkan aplikasi lain dari whatssapp seperti aplikasi sadap whatsapp untuk berbagai macam kemungkinan.

Berikut adalah fitur-fitur di whatsapp versi original yang dapat anda nikmati. Yang pertama adalah aplikasi yang satu ini mampu mengirimkan beberapa file seperti foto, video, lagu, maupun dokumen-dokumen penting. Dengan begitu memudahkan anda untuk berbagi informasi terhadap lawan obrolan anda. Kemudian ada fitur send location yang bertujuan untuk mengirim lokasi terkini anda saat itu juga. Fitur bertukar lokasi ini memudahkan anda dalam mencari alamat atau menemui teman anda pada lokasi tertentu.

Yang ketiga adalah anda bisa lebih ekspresif dalam melangsungkan obrolan pesan dengan lawan chat anda. Dengan fitur emoji, stiker, dan juga gif akan membuat pesan yang anda kirimkan akan menjadi lebih ekspresif. Fitur menarik ini juga yang membuat whatsapp disukai oleh para penggunanya. Mereka bisa beradu seru menggunakan stiker, emoji, dan gif yang saling mereka kirim,

Seperti itulah penjelasan seputar aplikasi WhatsApp, semoga dapat memberikan informasi tambahan bagi anda yang belum dan sudah menginstall WhatsApp. Bagi yang belum menggunakan WhatsApp semoga artikel kali ini bisa membantu anda untuk mengetahui lebih banyak tentang aplikasi yang satu ini. Namun bagi yang sudah menggunakan, semoga dapat memberikan informasi tambahan mengenai fitur dan fungsi WhatsApp yang mungkin belum anda ketahui.